<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik dengan pendekatan gamifikasi menggunakan Classcraft pada peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.\r\nInstrumen soal berupa 40 butir soal pilihan ganda. Uji validitas menggunakan rumus product moment correlation (Pearson) sehingga diperoleh 22 soal valid dan 18 soal drop. Sedangkan rumus yang digunakan dalam pengujian reliabilitas yaitu Spearman-Brown memperoleh nilai 0,758 dengan tingkat reliabilitas tinggi. Selain itu, instrumen juga diuji daya beda dan taraf kesukaran pada tiap butir soal. Total soal yang digunakan dalam penelitian berjumlah 15 butir soal.\r\nData penelitian dianalisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Pengujian normalitas menggunakan uji Shapiro Wilk diperoleh untuk kelas eksperimen nilai sig. data pretest 0,146 > 0,05 maka data terdistribusi normal; nilai sig. data posttest 0,004 < 0,05 maka data tidak terdistribusi normal; untuk kelas kontrol nilai sig. data pretest 0,150 > 0,05 dan data posttest 0,140 > 0,05 maka kedua data terdistribusi normal. Sedangkan uji Levene digunakan untuk pengujian homogenitas, diperoleh nilai sig. data pretest 0,509 > 0,05 dan data posttestt 0,191 > 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa varian data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah homogen.\r\nUji hipotesis menggunakan uji U Mann-Whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 maka H1 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan gamifikasi menggunakan Classcraft berpengaruh terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada pada materi elastisitas."^^ . "2022-08-08" . . . "Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka"^^ . . . . . . . . . . . . "Nyai"^^ . "Suminten"^^ . "Nyai Suminten"^^ . . "Maurina Nur"^^ . "Faidah"^^ . "Maurina Nur Faidah"^^ . . . . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS (Text)"^^ . . . "Maurina Nur Faidah.pdf"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25093 \n\nPENGARUH PENDEKATAN GAMIFIKASI MENGGUNAKAN CLASSCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS\n\n" . "text/html" . . . "A General Works"@en . . . "L Education"@en . . . "Q Science (General)"@en . . . "QC Physics"@en . .