eprintid: 25092 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/92 datestamp: 2023-07-10 09:05:14 lastmod: 2023-07-10 09:05:14 status_changed: 2023-07-10 09:05:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Lina Dinda creators_name: Rahmadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: PENGARUH PENGGUNAAN PHET PADA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 106 JAKARTA ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain “non equivalent control group design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 36 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket deteksi miskonsepsi yang bertolak ukur pada tugas setiap pertemuan sebanyak 25 pernyataan yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan perhitungan didapatkan thitung > ttabel atau 4,99 > 2,030 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Hal ini juga didukung dengan peningkatan hasil tugas setiap pertemuan dan hasil posttest angket miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan PhET pada Model Pembelajarn Blended Learning lebih menurun tingkat miskonsepsi date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] I. Wijaya, A. Indah Juwita, and W. Illahi, “Pengembangan Media E- Learning dengan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom,” J. KomtekInfo, vol. 9, pp. 12–17, 2022. [2] andi prastowo Ika fitriyati, “PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN PHET SIMULATIONS UNTUK IBTIDAIYAH” vol. 6, no. 4, pp. 1041–1052, 2022. [3] Zulvita, A. Halim, and E. Kasli, “Identifikasi dan remediasi miskonsepsi konsep hukum newton dengan menggunakan metode eksperimen di man darussalam,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Fis., vol. 2, no. 1, pp. 128–134, 2017. [4] W. O. S. Gea, “Misikonsepsi Fisika pada Materi Hukum Newton Kelas X di SMA Swasta Imelda Medan TP 2019/2020 dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL).,” 2019. [5] Muthia Hanifah, “Meta Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA Kelas XI,” J. Biol. dan Pembelajarannya, vol. 8, no. 1, pp. 32–39, 2021. [6] B. R. K. Putri, “IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA PEMBELAJARAN,” vol. 8, no. 2, pp. 24–30, 2017. [7] G. Resbiantoro, “MISKONSEPSI MAHASISWA PADA KONSEP DASAR GAYA DAN GERAK UNTUK SEKOLAH DASAR,” vol. 5, no. 2, pp. 80–87, 2017. [8] Y. TIRANI, “ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN 109 KOOPERATIF PADA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR,” pp. 9–25, 2017. [9] R. Amaliyyah, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA,” p. 6, 2021. [10] SITI IIM ILMIAH, “EFEKTIFITAS MANAJEMEN KELAS DALAM PROSES BELAJAR SISWA DI SMP ISTAFAD ISLAMIC SCHOOL KABUPATEN TANGERANG,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019. [11] T. K. Yeti Meliana Siagian, Legi Elfitra, “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 TANJUNGPINANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021,” pp. 1039–1046, 2021. [12] T. Rachman, “perangkat pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning berbasis nature of physics,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951– 952., pp. 10–27, 2018. [13] F. Hasyim, “Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya Measuring Pre-Service Physics Teachers’ Analytical Thinking Ability and Science Process Skills of Stkip Al Hikmah Surabaya,” J. Pendidik. Ipa Veteran, vol. 2, no. 1, pp. 80–89, 2018. 110 [14] S. SUSILAWATI, “Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Project Based Learning (PjBL),” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–27, 2020. [15] Ermawaty I. R., FISIKA DASAR 1, no. August. 2018. [16] K. Khaerunnisak, “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI SIMULASI PHYSIC EDUCATION TECHNOLOGY (PhET),” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, 2018. [17] H. Mahmudi and Y. S. Pramesti, Efektivitas Problem Based Learning Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains pada Topik Perpindahan Panas, no. 1. 2017. [18] Abdurrahman, “Pengaruh Pembelajaran Virtual Simulasi PheT Ditinjau dari Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA N 2 Makassar,” no. 2, 2019. [19] Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran. 2007. [20] Noviati, “penerapan metode problem based learning pada pembelajaran Keamanan Pangan pada siswa kelas X Boga di SMK Negeri 2 Godean,” pp. 80–81, 2019. [21] P. I. Sari, “Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi dan Personal Investigation dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Universitas Batanghari,” vol. 20, no. 3, 111 pp. 778–783, 2020. [22] U. Arifah, “MENUMBUHKAMBANGKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY,” vol. 5, no. 3, pp. 263–272, 2017. [23] I. P. Sari, “pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif Index Card Match terhadap aktivitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok Yogyakarta,” no. 1997, pp. 9–47, 2019. [24] E. R. Kusuma, “Model Pembelajaran Cipro (Citizen Prosedur) Sebagai Alternatif Pengajaran Teks Prosedur Dalam Matapelajaran Bahasa Indonesia,” BASINDO J. Kaji. bahasa, sastra Indones. dan pembelajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 44–47, 2018. [25] W. Abdullah, “MODEL BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN,” vol. 7, 2018. [26] Usman, “Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Usman Kemandirian Belajar ],” vol. 04, pp. 136–150, 2018. [27] M. Sari, “BLENDED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN ABAD ke-21 DI PERGURUAN TINGGI,” 2019. [28] P. Wahyuni, R. Kartolo, and U. M. N. Al-washliyah, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Swasta Istiqlal Deli Tua Tahun Pembelajaran 2021-2022,” 112 vol. 2, pp. 22–33, 2022. [29] S. Utaminingtyas and A. D. Evitasari, “Pendampingan Belajar Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Dimasa Pandemi Untuk Siswa Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2022. [30] A. Rusdiana, M. Sulhan, I. Zaenal, and A. U. Ahmad, “Penerapan Model POE2WE Berbasis Blended Learning Google Classroom Pada Pembelajaran Masa WFH Pandemic Covid-19,” pp. 1–10, 2020. [31] H. Handoko and U. Andalas, Blended Learning : Konsep dan Penerapannya, no. August 2018. 2019. [32] N. J. dan S. Nurliana Nasution, Model Blended Learning. 2019. [33] S. I. Masita, P. B. Donuata, A. A. Ete, and M. E. Rusdin, “Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik,” J. Penelit. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, p. 136, 2020. [34] N. Ngadinem, “Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains,” J. Ilm. WUNY, vol. 1, no. 1, 2019. [35] R. Saputra, S. Susilawati, and N. N. S. P. Verawati, “Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika,” J. Pijar Mipa, vol. 15, no. 2, p. 110, 2020. [36] A. Harso, D. Wolo, and I. Damopolii, “Kontribusi Pengetahuan Awal Dan Motivasi Belajar Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Fisika,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, p. 351, 2021. 113 [37] R. B. Pratama, “Metodologi Penelitian,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 28–55, 2019. [38] N. A. Luciana, “ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI MATERI FOTOSINTESIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG Skripsi,” J. Keperawatan. Univ. Muhammadya Malang, vol. 4, no. 1, pp. 724–732, 2017 citation: Aulia, Lina Dinda dan Rahmadhar, Yulia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN PHET PADA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 106 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25092/1/Lina%20Dinda%20Aulia.pdf