@phdthesis{repository25092, month = {August}, year = {2022}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN PHET PADA MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MISKONSEPSI PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAN 106 JAKARTA}, author = {Aulia, Lina Dinda and Rahmadhar, Yulia}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian menggunakan desain "non equivalent control group design". Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 36 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket deteksi miskonsepsi yang bertolak ukur pada tugas setiap pertemuan sebanyak 25 pernyataan yang sudah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji- t. Berdasarkan perhitungan didapatkan thitung {\ensuremath{>}} ttabel atau 4,99 {\ensuremath{>}} 2,030 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Penggunaan PhET pada Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Miskonsepsi Pembelajaran Fisika di SMAN 106 Jakarta. Hal ini juga didukung dengan peningkatan hasil tugas setiap pertemuan dan hasil posttest angket miskonsepsi peserta didik dengan menggunakan PhET pada Model Pembelajarn Blended Learning lebih menurun tingkat miskonsepsi}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25092/} }