eprintid: 25091 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/91 datestamp: 2023-07-10 09:05:13 lastmod: 2023-07-10 09:05:13 status_changed: 2023-07-10 09:05:13 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Munawaroh, Jihan creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM INTENSITAS CAHAYA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK SMA KELAS XI ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam melakukan kegiatan praktikum yang lebih efektif dan efisien khususnya pada praktikum intensitas cahaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat praktikum intensitas cahaya berbasis internet of things (iot). Pada penelitian ini, pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan tahap studi literature dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, dilakukan tahap pembuatan alat praktikum dan pembuatan aplikasi. Tahap ini, diawali desain alat, merancang alat praktikum, dan mendesain aplikasi menggunakan mit app inventor. Pada tahap pengembangan, media yang sudah diuji kelayakannya melalui ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, media diuji coba kelompok skala kecil 64 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata – rata uji ahli materi 77,14% berkategori baik, uji ahli media 76% berkategori baik, uji skala kecil 80,8% berkategori baik, dan uji skala besar 81,05% berkategori baik. Dapat disimpulkan bahwa alat praktikum intensitas cahaya berbasis internet of things (iot) ini layak digunakan dalam kegiatan praktikum intensitas cahaya. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akbar, A. A. (2021). Pengembangan Kontrol Elektronis Berbasis Internet of Things (IoT). 3. Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 10. Budi, K. S. (2017). Pengembangan Sistem Akusisi Data Kelembaban dan Suhu Dengan Menggunakan Sensor DHT11 dan Arduino Berbasis IoT. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Islamic Education Journal, 36. Damanik, J. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Pengaturan Intensitas Cahaya Berbasis Arduino Uno Pada Ruang Baca Perpustakaan Universitas Pembangunan Panca Budi. Medan: Universitas Pembangunan Panca Budi. Gunawan, B. (2020). Analisis Yuridis Pendidikan Jarak Jauh Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Dalam Undang - Undang Dasar NKRI 1945 Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal HAM, 388. Ikhbal, M. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika. Information Management For Educators And Professionals, 16. 66 Iwan Fachrozi, M. J. (2020). Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang. Kadir, A. (2018). Wireless Programming untuk Arduino. Yogyakarta: ANDI. Kadir, A. (2019). Arduino & Johnny-Five, Dasar Pemrograman Arduino Menggunakan JavaScript Robotics Programming Framework. Yogyakarta: ANDI. Khotijah, S. (2020). Rancang Bangun Edukasi Hardware Komputer Berbasis Android Menggunakan App Inventor Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Informatika SIMANTIK, 16-21. Lasfeto, D. B., & Setyorini, T. (2019). Wireless Sensor Network Dan Internet Of Things Aplikasi Dalam Sistem Monitoring Ternak Sapi. Yogyakarta: TEKNOSAIN. Manik, S. (2020). Perancangan Alat Ukur Intensitas Cahaya Berbasis Arduino Leonardo Menggunakan Sensor LDR. Jurnal Natural, 3. Musril, M. I. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Inforation Management For Educators And Professionals, 16. Pribadi, B. A. (2014). Desain Dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, Implementasi Model ADDIE. Jakarta: Kencana. Purwanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21. Malang: Kota Tua. 67 Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute. Suoth, V. A. (2018). Rancang Bangun Alat Pendeteksi Intensitas Cahaya Berbasis Sensor Light Dependent Resistance (LDR). Jurnal MIPA UNSRAT, 48. Suryani, N. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA. Sutarti, T. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: DEEPUBLISH. Wibowo, T. H. (2020). Membangun Integrated Device Electronic Ternak Ayam Boiler Dengan Fuzzy Berbasis Internet Of Things (IoT). Ponorogo: Universitas Muhammadiayah Ponorogo. Widayanti. (2018). Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah. Wijaya, R. A. (2019). Rancang Bangun Alat Monitoring Suhu dan Kelembaban Pada Alat Baby Incubator Berbasis Internet of Things. Jurnal Teknologi, 55-56. Wulandari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 22. citation: Munawaroh, Jihan dan Hidayat, Mirza Nur (2022) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM INTENSITAS CAHAYA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) UNTUK SMA KELAS XI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25091/1/Jihan%20Munawaroh.pdf