%0 Thesis %9 Bachelor %A Nursabrina, Fakhira %A Laksanawati, Wahyu Dian %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2022 %F repository:25089 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STEM TIPE INDEX CARD MATCH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25089/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran STEM tipe Index Card Match terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi alat-alat optik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA 5 di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan yaitu Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil dari Pretest, Posttest, dan aktivitas belajar peserta didik yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis, yaitu: (1) merumuskan masalah; (2) memberikan argument; (3) melakukan deduksi; (4) melakukan induksi; (5) melakukan evaluasi. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan ujit. Hasil uji hipotesis didapatkan dan . Karena , maka terdapat pengaruh pada model pembelajaran STEM Tipe Index Card Match, Dan juga aktivitas peserta didik mengalami peningkatan selama tiga kali pertemuan. Dapat dikatakan demikian karena setelah melalui proses perhitungan pada pertemuan ke-1 diperoleh presentase pada setiap aspek adalah 45%, 34%, 39%, 39%. Pada pertemuan ke-2 diperoleh presentase sebesar 60%, 57%, 51%, 56%, pada pertemuan ke-3 diperoleh presentase sebesar 71%, 72%, 75%, 78%. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa aktivitas peserta didik meningkat. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan mengimplementasikan pembelajaran STEM tipe Index Card Match pada materi Alat- Alat Optik.