eprintid: 25087 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/87 datestamp: 2023-07-10 09:05:09 lastmod: 2023-07-10 09:05:09 status_changed: 2023-07-10 09:05:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nikmah, Aslihatun creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI MOMENTUM IMPULS ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa Web (HTML5) berbasis Articulate Storyline 3 untuk mempermudah proses belajar peserta didik; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran pembelajaran berupa Web (HTML5) berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika. Metode Penelitian yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yang memiliki lima langkah dalam tahapan penelitiannya diantaranya analysis, design, development, implementation dan evaluasion. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 4 guru fisika, 2 kelas X MIPA di SMAN 6 Kab. Tangerang dan SMAN 106 Jakarta. Urgensi Penelitian dalam penelitian kami kali ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Web (HTML5) berbasis Articulate Storyline 3 dikembangkan guna mempermudah proses pembelajaran fisika. Luaran Penelitian kami adalah laporan skripsi, produk dan artikel ilmiah yang terpublikasi di jurnal nasional terindeks SINTA. date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A Lee, W. W. & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based Instructional Design. California: Pfeiffer. Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman Dyah, R. P. (2016). Pengaruh Karakter Generasi Z dan Peran Pendidik dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Eryka Mayang Pamungkas (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android berbatuan Articulate Storyline 3 pada materi metabolisme kelas XII. Skripsi. Program Pendidikan Biologi. Universitas Sanata Dharma. Indonesia, P. (2003). Undang-Undang Nmor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta Sekretariat Negara. Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 119 tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan pendidikan jarak jauh jenjang pendidikan dasar dan menengah. Pasal 15 ayat (2). Samsu. (2017). Metode penelitian: teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA). Sekretariat Negara. Indrastyawati, C., Paidi, & Siswono. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Indera Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(7), hlm 50-56. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara. 68 Istiqomah. (2011). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan EYD pada Siswa SMA. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Jannah, I. M. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks untuk Kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Learning. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Indonesian Journal of Business Intelligence, 2(2), hlm 65- 70. Yuberti, Dyah Kusuma Wardhani, dan Sri Latifah (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ). Latifah, Sri, and WWdayanti Asyhari, Ardian irwandani, Muzannur. “Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio ’ 13 : Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 06, no. 2 (2017). Mahnun, Oleh Nunu. “Media Pembelajaran ( Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran )” 37, no. 1 (2012). Mallu, Satriawaty. “Implementasi Articulate Storyline Dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital Pada STMIK Profesional Makassar” (2020). Schramm, D. N., & Wagoner, R. V. (1977). Element production in the universe. Annual Review of Nuclear Science, 1977, 27.1:37-74. Ratih Wulandari, Herawati Susilo, Dedi Kuswandi. “Penggunaan Multimedia Interaktif Bermuatan Game Edukasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan 2, no. 8 (2017). Istiqomah, S. B. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (Mencari Pasangan) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Geografi (Pokok Bahasan Ketenagakerjaan pada Siswa Kelas VIII-B Semester II SMP Negeri 16 Surakarta Tahun. 69 Pratiwi, A. (2019). Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS SMP Al-Furqon Tahun 2019/2020. SOLIDARITY: Journal of Social Studies, 1(1), 47-59. Yaumi, M. (2018). Media dan teknologi pembelajaran. Prenada Media. Sriyanti, I. (2009). M-learning: Alternatif media pembelajaran di LPTK. Kim, S., Kim, H., & Han, S. (2013). A development of learning widget on m-learning and e-learning environments. Behaviour & information technology, 32(2), 190-202. Maitimu, D. K., & Suryanto, A. (2018). Pengaruh media tanam dan konsentrasi AB-MIX pada tanaman kubis bunga (Brassica oleraceae var botrytis L.) sistem hidroponik substrat. Jurnal Produksi Tanaman, 6(4), 516-523. Ismail, A., Darmawan, D., & Tetep, T. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Dasar. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2). Saefudin, A., Saluky, S., & Misri, M. A. (2016). The Use Effects Of Interactive Multimedia Edutainment On The Achievement Improvements In Mathematics. Information Technology Engineering Journals, 1(1), 1-15. Pujawan, I. N., & Smart, A. U. (2012). Factors affecting schedule instability in manufacturing companies. International Journal of Production Research, 50(8), 2252-2266. Putri, I. P., & Sibuea, A. M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2). Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 pada mata pelajaran biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26. Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. citation: Nikmah, Aslihatun dan Hidayat, Mirza Nur (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI MOMENTUM IMPULS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25087/1/Aslihatun%20Nikmah.pdf