eprintid: 25086 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/86 datestamp: 2023-07-10 09:05:07 lastmod: 2023-07-10 09:05:07 status_changed: 2023-07-10 09:05:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurlita, Andreny Dwi creators_name: Hartini, Tri Isti title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN 106 JAKARTA ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik di SMAN 106 JAKARTA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non-equivalen Control Group Design. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 40 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrument soal yang digunakan adalah instrument soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hal ini juga didukung dengan hasil analisis pengolahan N-Gain diperoleh bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET berada pada kategori tinggi sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah diberikan model problem based learning berbantuan media PhET colorado date: 2022-08-08 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] T. A. P. Dewi and A. Sadjiarto, “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1909–1917, Jun. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1094. [2] A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” BIODIK, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, Jun. 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759. [3] E. Lestariyanti, “Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan Dan Tantangan,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 3, no. 1, p. 89=96, 2020. [4] M. Muhajirin, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 1 Parangloe Kabupaten Gowa,” Pros. Semin. Nas. Fis. PPs Univ. …, pp. 1–6, 2019. [5] A. Asiyah, A. Topano, and A. Walid, “Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 717–727, Apr. 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.263. [6] I. Susanto, “PENGARUH MODEL PBL BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SISWA KELAS XI SEMESTER I SMA MUHAMMADIYAH 18 SUNGGAL T.P. 2019/2020,” J. Penelit. Fis., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2019. [7] B. Kurnia Vilmala, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi,” vol. 3, no. 1, pp. 61–77, 2019. 128 [8] J. Nasution, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Metematika Siswa Kelas VII,” 2020. [9] Yuberti, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. 2014. [10] A. Gita, P. Putra, S. Bektiarso, ) Rif’ati, and D. Handayani, “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (KELAS X SMA NEGERI 3 JEMBER) 1).” [11] M. Ropii and M. Fahrurrozi, Evaluasi Hasil Belajar. Evaluasi Hasil Belajar. 2019. [12] A. Muafiah, “ANALISIS MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DARING MAHASISWA PADA MASA PANDEMIK COVID-19,” 2020, [Online]. Available: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd. [13] N. Sudjana, Evaluasi proses dan hasil pembelajaran, no. April. 2010. [14] A. Syafi’i, T. Marfiyanto, and S. K. Rodiyah, “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 115, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.114. [15] “Hakikat Fisika Hakikat Fisika Hakikat Fisika e-Modul e-Modul.” [16] W. Wahyudi, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Listrik Statis Danlistrik Dinamis Siswa Kelas X Rpl 1 Smk N I Dlanggu.Kab. Mojokerto Tapel 2018/2019,” J. Educ. Action Res., vol. 5, no. 1, pp. 57–66, 2021, doi: 10.23887/jear.v5i1.31997. [17] S. Lismidarni and Yohandri, ““Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Tracker dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Kinematika Gerak,” J. 129 Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 97–102, 2021. [18] F. G. Becker et al., “PHYSICS For Scientist and Engineers,” Syria Stud., vol. 7, no. 1, pp. 37–72, 2015. [19] P. Khoerunnisa, & Syifa, and M. Aqwal, “ANALISIS MODEL-MODEL PEMBELAJARAN,” 2020. [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia. [20] Hamzah B.Uno, Model Pembelajaran. 2007. [21] A. Damayanthi, “Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik,” J. Sos. J. Penelit. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 21, no. 3, pp. 53–56, 2020. [22] S. R. Zahara, “Relativitas, Vol. 1, No. 1, Oktober 2018,” vol. 1, no. 1, pp. 29–34, 2018. [23] N. Rerung, I. L. . Sinon, and S. W. Widyaningsih, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, pp. 47–55, 2017, doi: 10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597. [24] A. Farisi, A. Hamid, and P. Fisika, “| 283 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor,” pp. 283–287, 2017. [25] H. Munandar, S. Sutrio, and M. Taufik, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 5 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 4, no. 1, p. 111, 2018, doi: 10.29303/jpft.v4i1.526. [26] R. Saputra, S. Susilawati, and N. N. S. P. Verawati, “Pengaruh Penggunaan 130 Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika,” J. Pijar Mipa, vol. 15, no. 2, pp. 110–115, Mar. 2020, doi: 10.29303/jpm.v15i2.1459. [27] S. D. N. Kepahiang, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Simulasi Phet ( Physics Education and Technology ) Dalam Muatan Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar,” no. 2, pp. 1–95, 2019. [28] B. Al Furqan, Y. Darvina, and dan Silvi Yulia Sari, “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI TERMODINAMIKA DAN GELOMBANG MEKANIK KELAS XI MAN 2 PADANG,” 2019. citation: Nurlita, Andreny Dwi dan Hartini, Tri Isti (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN 106 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25086/1/Andreny%20Dwi%20Nurlita.pdf