TY - THES N2 - Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PhET pada pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi alat-alat optik di SMAN 106 JAKARTA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Non-equivalen Control Group Design. Teknik penggunaan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 40 peserta didik pada masing-masing kelasnya, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrument soal yang digunakan adalah instrument soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hal ini juga didukung dengan hasil analisis pengolahan N-Gain diperoleh bahwa hasil belajar fisika peserta didik yang diajar menggunakan model problem based learning berbantuan media PhET berada pada kategori tinggi sedangkan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh setelah diberikan model problem based learning berbantuan media PhET colorado PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka AV - public ID - repository25086 TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PhET DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMAN 106 JAKARTA Y1 - 2022/08/08/ M1 - bachelor A1 - Nurlita, Andreny Dwi A1 - Hartini, Tri Isti UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25086/ ER -