eprintid: 25083 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/83 datestamp: 2023-07-10 09:05:04 lastmod: 2023-07-10 09:05:04 status_changed: 2023-07-10 09:05:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Agustina, Wardah creators_name: Ermawaty, Imas Ratna creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Online Learning Menggunakan Buku Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang pada materi Elastisitas dengan jumlah sampel pada penelitian sebanyak 41 siswa yang berasal dari kelas XI MIA 4. Metode penelitian pre experiment dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Data penelitian hasil belajar siswa didapatkan menggunakan instrument test pilihan ganda yaitu pretest-postest, yang kemudian di analisis menggunakan Uji T. Hasil analisis data penelitian menghasilkan bahwa thitung = 24,7 > ttabel (0,05) = 2,021 dan ttabel (0,01) = 2,704 sehingga disimpulkan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika siswa dalam pretest dan posttest setelah sebelum diberikan treatment pembelajaran online learning dengan setelah diberikan treatment pembelajaran online learning menggunakan buku digital pada materi Elatisitas. Untuk hasil rata – rata pada peningkatan hasil belajar siswa pada pretest 42,31 dan posttest 91,95 dimana terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa pada saat pretest dan posttest. Maka, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 2 Tangerang dalam pembelajaran Fisika, sehingga disarankan kepada pihak sekolah bahwa untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai sumber belajar Fisika dalam proses pembelajaran online learning untuk memberikan pembelajaran yang optimal. Sehingga berdasarkan penelitian serta analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran online learning menggunakan buku digital dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa dalam materi Elastisitas, dilihat hasil belajar siswa dalam posttest lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dalam pretest. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.Kusdiwelirawan. 2014. Statistika Pendidikan. Jakarta:UHAMKA PRESS. Ebook Andra Tersiana.Metode Penelitian Bahasan, P., & Harmonis, G. (2016). 1 , 2 , 2. 4(3), 74–94. Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, A. H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 113. https://doi.org/10.21009/1.02215 Campalagian, S. M. A. N. (n.d.). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. 5, 301–316. Ekantini, A., Sunan, U., Yogyakarta, K., & Hayati, N. (2020). Metode Pembelajaran Daring. E-Learning Yang Efektif. Bali: Jurusan Ilmu Pendidikan …, 5(2), 187–194. Gulo, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar Di Kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Wahana Inovasi, 6(1), 1–14. http://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/1.-Murnilah-Gulo.pdf Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2), 119. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.358 Harefa, D. (2020). Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Peningkatan Hasil Belajar, 8(1), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619 Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 55–60. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/SIT42/348 56 Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. 25(2), 262–270. Muhammad, M., Rahadian, D., & Safitri, E. R. (2017). Penggunaan Digital Book Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Membaca Pada Pelajaran Bahasa Arab. Pedagogia, 15(2), 169. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i2.8094 Nurchaili. (2016). LIBRIA: Volume 8, Nomor 2: Desember 2016 197. Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital, 8, 197–209. Prasetya, D. D. (2015). Digital Book-Based Learning Readiness. Jurnal Teknologi Elektro Dan Kejuruan, 24(2), 60–64. prof. ir. Tian Belawati, M.ed., P. D. (2020). Buku pembelajaran online 179. Putrawansyah, F., Zulkardi, & Sardianto, M. S. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48. Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Model Flipped-Blended Learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108 Roshonah, F., & Dwitami, T. (1809). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19 Pendahuluan Virus Disease 2019 ). Pada 30 Januari 2020 , WHO telah menetapkan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor Pembelajaran. 10, 91–102. Ruddamayanti, R. (2019). Pemanfaatan Buku Digital Dalam Meningkatkan Minat Baca. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembaang., 2, 364–370. Salmina, M., & Adyansyah, F. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Metematika Semester Genap Kelas IX SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 37. 57 Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699. Setyorini. (2020). Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurukulum 13 ? Jiemar, 01(Juni), 95–102. Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 Widyartono, D. (2013). Tes Tertulis Kurikulum 2013 Berbasis Daring Dan Luring. Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Malang, October. William, & Hita. (2019). Mengukur Tingkat Pemahaman Pelatihan PowerPoint. JSM STMIK Mikroskil, 20(1), 71–80. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 citation: Agustina, Wardah dan Ermawaty, Imas Ratna (2021) Pengaruh Online Learning Menggunakan Buku Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25083/1/Wardah%20Agustina.pdf