eprintid: 25082 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/82 datestamp: 2023-07-10 09:05:02 lastmod: 2023-07-10 09:05:02 status_changed: 2023-07-10 09:05:02 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ananda, Usni Ttritia creators_name: Burhendi, Feli Cianda Adrin title: Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Web Pada Materi Efek Fotolistrik di SMA ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengurangi kesulitan dalam menjelaskan karena harus memvisualalisasikan contoh objek-objek yang berukuran kecil yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata dan mengurangi kesalahpahaman konsep materi fisika di SMA, khusunya pada materi efek fotlistrik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB pada Materi Efek Fotolistrik di SMA. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan model tahapan ADDIE. Pada tahap Analyse, dilakukan obervasi awal untuk bahan permasalahan dan latar belakang penulisan skripsi ini. Pada tahap Design, dilakukan dengan tahap proses pembuatan konsep dan pembuatan konten hingga menjadi media pembelajaran Augmented Reality. Pada tahap Development, media yang sudah dibuat diuji kelayakan oleh para ahli media. Pada tahap Implementation, dilakukan dengan uji lapangan oleh 15 peserta didik (skala kecil) dan 40 peserta didik (skala besar). Selanjutnya pada tahap terakhir, yaitu Evaluation media pembelajaran sudah dalam perbaikan tahap akhir. Data yang sudah diperoleh lalu diolah dan didapatkan data kuantitatif dan data kualitatif. Nilai presentase yang diperoleh dari ahli media 75,94%, yang artinya pengembangan media pembelajaran yang dibuat masuk dalam predikat baik. Pada tahap uji lapangan, untuk skala kecil memperoleh nilai presentase 83,24%, yang artinya pengembangan media pembelajaran yang dibuat masuk dalam predikat baik dan untuk skala besar (tahap akhir) memperoleh nilai presentase 85,21%, yang artinya pengembangan media yang dilakukan hingga tahap akhir masuk dalam predikat sangat baik. Peningkatan semua aspek uji lapangan skala kecil ke skala besar sebesar 4,26%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya pada materi efek fotolistrik date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] U. Hasanah, Ludiana, Immawati, and L. PH, “Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19,” J. Keperawatan Jiwa, vol. 8, no. 3, pp. 299–306, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/5941. [2] D. Of, P. Learning, M. Using, and A. Based, “AUGMENTED REALITY IN STATIC ELECTRICAL MATERIALS FOR HIGH SCHOOL,” vol. 4, no. 1, 2020. [3] S. Haryati, “Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan,” Res. Dev. Sebagai Salah Satu Model Penelit. Dalam Bid. Pendidik., vol. 37, no. 1, pp. 11–26, 2012. [4] E. Y. Hanida, T. Iriani, and R. Arthur, “Peningkatan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif,” J. PenSil FT UNJ, vol. 04, no. 02, pp. 92–103, 2015, doi: https://doi.org/10.21009/jpensil.v4i2.9879. [5] B. Saputro, Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi, vol. 53, no. 9. 2017. [6] D. Junaedi, “Desain Pembelajaran Model ADDIE,” pp. 1–14, 2019. [7] M. A. Smaldino and M. Assure, “MODEL-MODEL PENGEMBANGAN,” 2005. [8] M. Yaumi, “9.pdf,” in Media dan Teknologi Pembelajaran, S. F. S. Sirate, Ed. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018. [9] A. Azhari, “Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab Siswa Madrasah,” J. Ilm. Didakt., vol. 16, no. 1, p. 43, 2015, doi: 10.22373/jid.v16i1.586. [10] M. Fadhli, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv 41 Sekolah Dasar,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–29, 2015, doi: 10.24269/dpp.v3i1.157. [11] L. Hakim, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Augmented Reality,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 1, pp. 59–72, 2018, doi: 10.24252/lp.2018v21n1i6. [12] W. Nandyansah, N. Suprapto, and U. N. Surabaya, “IPF : Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Wisnu Nandyansah , Nadi Suprapto IPF : Inovasi Pendidikan Fisika ISSN : 2302-4496 Wisnu Nandyansah , Nadi Suprapto,” vol. 8, no. 2, pp. 756–760, 2019. [13] R. Febrianti, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Kompetensi Dasar Memahami Rangkaian Multiplexer, Decoder, Flip-Flop Dan Counter Kelas X Smk Negeri 2 Surabaya,” It-Edu, vol. 1, no. 01, pp. 48–56, 2016. [14] W. M. Putri, F. Bakri, and A. H. Permana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Alat Optik,” vol. V, pp. SNF2016-RND-83-SNF2016-RND-88, 2016, doi: 10.21009/0305010218. [15] Z. Qumillaila, Baiq Hana Susanti, “Pengembangan Augmented Reality Versi Android Developing Android Augmented Reality As a Learning Media of.” [16] D. S. P. Suharyanto, Karyono, “20.pdf,” in Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XII, Jakarta: Pusat Perbukuan, 2009, pp. 225–226. [17] B. Arthur, “21.pdf,” in Konsep Fisika Modern, Jakarta: Erlangga, 1992, pp. 54–55. [18] L. Kamelia, “Semar,” Noviembre 2018, vol. IX, no. 1, p. 1, 2019, [Online]. Available: https://www.gob.mx/semar/que-hacemos. [19] E. Rusnandi, H. Sujadi, E. Fibriyany, and N. Fauzyah, “Implementasi 42 Augmented Reality ( AR ) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar,” Infotech J., pp. 24–31, 2016. [20] K. S. Kartini and I. N. T. A. Putra, “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 4, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.23887/jpk.v4i1.24981. [21] D. A. Kusdiweliwaran, “22.pdf,” in Statistika Pendidikan, Ketiga., Jakarta: UHAMKA PRESS, 2017, p. 8. [22] E. S. 1 Rahma Tisa Nurpratiwi1, Sigid Sriwanto2, “Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung,” J. Mater. Process. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 1– 8, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j .powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0 Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j .matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o. citation: Ananda, Usni Ttritia dan Burhendi, Feli Cianda Adrin (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Web Pada Materi Efek Fotolistrik di SMA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25082/1/Usni%20Tritia%20Ananda.pdf