%0 Thesis %9 Bachelor %A Ananda, Usni Ttritia %A Burhendi, Feli Cianda Adrin %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2021 %F repository:25082 %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %T Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbasis Web Pada Materi Efek Fotolistrik di SMA %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25082/ %X Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk mengurangi kesulitan dalam menjelaskan karena harus memvisualalisasikan contoh objek-objek yang berukuran kecil yang tidak dapat dilihat oleh kasat mata dan mengurangi kesalahpahaman konsep materi fisika di SMA, khusunya pada materi efek fotlistrik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB pada Materi Efek Fotolistrik di SMA. Pengembangan media pembelajaran dilakukan dengan model tahapan ADDIE. Pada tahap Analyse, dilakukan obervasi awal untuk bahan permasalahan dan latar belakang penulisan skripsi ini. Pada tahap Design, dilakukan dengan tahap proses pembuatan konsep dan pembuatan konten hingga menjadi media pembelajaran Augmented Reality. Pada tahap Development, media yang sudah dibuat diuji kelayakan oleh para ahli media. Pada tahap Implementation, dilakukan dengan uji lapangan oleh 15 peserta didik (skala kecil) dan 40 peserta didik (skala besar). Selanjutnya pada tahap terakhir, yaitu Evaluation media pembelajaran sudah dalam perbaikan tahap akhir. Data yang sudah diperoleh lalu diolah dan didapatkan data kuantitatif dan data kualitatif. Nilai presentase yang diperoleh dari ahli media 75,94%, yang artinya pengembangan media pembelajaran yang dibuat masuk dalam predikat baik. Pada tahap uji lapangan, untuk skala kecil memperoleh nilai presentase 83,24%, yang artinya pengembangan media pembelajaran yang dibuat masuk dalam predikat baik dan untuk skala besar (tahap akhir) memperoleh nilai presentase 85,21%, yang artinya pengembangan media yang dilakukan hingga tahap akhir masuk dalam predikat sangat baik. Peningkatan semua aspek uji lapangan skala kecil ke skala besar sebesar 4,26%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran Augmented Reality berbasis WEB layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika, khususnya pada materi efek fotolistrik