eprintid: 25080 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/80 datestamp: 2023-07-10 09:05:00 lastmod: 2023-07-10 09:05:00 status_changed: 2023-07-10 09:05:00 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Khoirun Nisa, Titania creators_name: Hartini, Tri Isti title: Hubungan Minat Personal Dengan Hasil Belajar Sisw Melalui Model Probing Prompting Menggunakan Videoscribe ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan minat personal dengan hasil belajar fisika siswa melalui model probing prompting menggunakan videoscribe pada siswa kelas X SMA ANGKASA 2 HALIM PK Pada Semester genap 2020-2021. Metode penelitian menggunakan metode korelasional. Dengan sampel Probability Sampling. Untuk uji normalitas liliefors galat taksiran Lhitung = 0.04 < Ltabel = 0.1281 Maka dapat disimpulkan bahwa data soal yang digunakan memiliki data berdistribusi normal dan Untuk uji homogenitas dengan mengunakan uji Barlett χhitung = 2.6588 < χtabel = 3.84 Maka dapat disimpulkan bahwa data soal yang digunakan memiliki data berdistribusi homogen. Sedangkan pada koefisien korelasi pada minat personal dengan hasil belajar fisika siswa 0.475 dan nilai signifikansi 0.004 < 0.05. Nila thitung = 3.102 > ttabel = 1.69 untuk minat personal dengan hasil belajar fisika siswa untuk Fhitung = 9.622 > Fttabel = 3,28 Minat dan hasil belajar fisika siswa memberikan nilai presentase sebesar 23 % dan 77% ditentukan oleh faktor yang lain Hal ini berarti bahwa minat personal merupakan salah satu terpenting dalam keberhasilan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan rasa keinginan, ketertarikan dalam penggunaan model probing prompting menggunakan videoscibe yang terdapat dalam angket. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958 Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2017). Hubungan Minat Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1, 77–82. Auva Fadhlurohman 1*, Alifa Ayu Pitaloka1, Elang Daffa Setiadji1 , Chaerul Rochman1, dan R. D. A. (2019). Analisis Minat Siswa SMA Bina Muda Cicalengka Terhadap Fisika Bab Potensial Listrik. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22. Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p93-98 Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan BelajarTerhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA SE-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109. https://doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351 Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727 Dewi, S. S., Hariastuti, R. M., & Utami, A. U. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda Soal Olimpiade Matematika (Omi) Tingkat Smp Tahun 2018. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.36526/tr.v3i1.388 Erawati, N. K. (2018). Analisis Tes Penilaian Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Kebidanan. Jurnal Penjakora, 5(2), 111–120. Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095 Febriana, A. E., & Nada, A. Q. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Jurnal Kependidikan Betara, 2(1), 43–50. Hamdi, & Rahim Kurniyawati, C. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. 9(September), 617–624. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/risalah/article/view/12756/12291 Harefa, D. (2020a). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Kooperatif Make a Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography, Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://core.ac.uk/download/pdf/327097093.pdf Harefa, D. (2020b). Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing 47 Dan Problem Solving Pada Siswa Kelas X-MIA SMA Swasta Kampus Telukdalam. Sinasis, 1(1), 103–116. Hasibuan, F. A. C. (2019). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 01 CIPUTAT TANGERANG SELATAN. Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia, 120. Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286 Hikmah, N. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru dan Pengetahuan Awal Siswa terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.17509/jurnal Hudhana, W. D., & Sulaeman, A. (2019). Pengembangan Media Video Scribe dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 9(1), 43. Istiqomah, I., & Ramli, R. (2019). (. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 89. https://doi.org/10.36709/jppg.v4i3.8345 Jaba, I., Palittin, vyalentine D., & Nur, A. S. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. 6(1), 65–73. Komsi, D. N., Hambali, I., & Ramli, M. (2018). Kontribusi pola asuh orang tua demokratis, kontrol diri, konsep diri terhadap motivasi belajar siswa. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(1), 55. https://doi.org/10.33292/petier.v1i1.21 Kusdiwelirawan, A. (2014). Statistika Pendidikan. Uhamka Press. Lasmo, S., Bektiarso, S., & Harijanto, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 6(2), 166–172. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i2.5016 Lestari, K. A., & Fauziah, N. (2016). Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah Kudus. Empati, 5(4), 717–720. Lutfia, A. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. 2, May, 1–9. Marisi, S., Dede, M. T. P., Damanik, P., Sitorus, V. A., Purba, A. A., Damanik, D. P., Zega, L. J., & Kunci, K. (2021). Penaruh Model Group Investigation ( GI ) Berbantuan Media Audio- Visual Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa/ i Pada Materi Pokok Pengukuran Di mKelas X Semester I SMA Swasta Marisi Medan T . P 2020 / 2021. 3, 38–45. Maryuliana, Much Ibnu Subroto, I., & Farisa Chairul Farisa, S. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan sebagai Pendukung 48 Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12. http://jurnal.unissula.ac.id/online/index.php/EI Mujianto, S. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 2, 2(2), 192–213. Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sisitem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003. Wahana Karya Ilmiah, 3(01), 123–144. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1347 Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196 Nurrita, T. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1321/2/022099 Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705 Pramana, A. A. G. K., & Wilani, N. M. A. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 189. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p17 Pramana, W. J. E. & A. (2020). Analisis Persepsi Guru Dan Siswa Kelas X SMA Dalam Mengimplementasikan Video Materi Daur Ulang Limbah Plastik Mengunakan Sparkol Videoscribe. Jurnal Pendidikan IPA, 1(((), 1–6. Pratiwi, R., Hikmawati, H., & Gunada, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 213. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1207 Pratiwi Rosi , Hikmawati*, I. W. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Prianto, A., & Putri, T. H. (2017). (. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis, Dan Manajemen (JPEKBM), 1(2), 13–38. Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370 49 Restu, I. A., & Arini, W. (2020). Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika Pengembangan LKS Fisika Berbasis Contextual Teaching And Learning Materi Suhu Dan Kalor Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Lubuklinggau. 2(2), 92–106. Riyadi, S., & Mubarok, H. (2016). Sistem Informasi Berbasis SMS Gateway Pemantau Perkembangan Karakter Siswa Menggunakan Skala Likert. Jurnal SPIRIT, 8(2), 17–23. Rodiana, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Pada Mata Pelajaran Kearsipan Jurusan OTKP di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 82–95. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8115 Rosalina, L., & Junaidi, J. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 175–181. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i3.24 Sangi, N., & Kambey, M. (2017). Hubungan Kreativitas Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Kkpi Siswa Smk Negeri 1 Tompasobaru. … Education Journal-E2J, 5(3). http://ejournal.unima.ac.id/index.php/e2j/article/view/1831 Sanur Samudra Ilham Ridha Rasyid Muhammad, B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 4 Makassar Ilham Samudra Sanur , M . Rasyid Ridha , Bustan. 18(1), 85–93. Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43. Surya, S. (2020). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning(CTL)) pada Materi Besaran-Besaran pada Gerak Melingkar di Kelas X.IPA.4 SMAN 2 Batanghari. Journal Education of Batanghari, 2(8), 306–307. Susanti, E. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI.IPA MAN 1 KOTA BENGKULU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Trisna, N., & Ariani, T. (2019). Model Direct Instruction Dengan Teknik Probing Prompting : Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 24–37. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.310 Utami, N. T., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan YouTube Pembelajaran Persamaan Garis Singgung Lingkaran di SMA Menggunakan VideoScribe. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 227. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.4057 Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal 50 Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128 Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). Uji Validitas Dan Reabilitas. 7(1), 17–23. citation: Khoirun Nisa, Titania dan Hartini, Tri Isti (2021) Hubungan Minat Personal Dengan Hasil Belajar Sisw Melalui Model Probing Prompting Menggunakan Videoscribe. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25080/1/TITANIA%20KHOIRUNNISA.pdf