eprintid: 25074 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/74 datestamp: 2023-07-10 09:04:56 lastmod: 2023-07-10 09:04:56 status_changed: 2023-07-10 09:04:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nugroho, Oki Setiawan creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengembangan Aplikasi Modul Prktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Multimedia Interaktif ispublished: pub subjects: C subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilakukan karena modul praktikum yang sudah ada kurang membuat mahasiswa menjadi mandiri dan susah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul praktikum fisika dasar I dalam bentuk aplikasi Android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan kegiatan analisis masalah dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain, desain awal mulai dibuat dan kemudian divalidasi ahli materi dan ahli media. Pada tahap implementasi, desain media pembelajaran diujicobakan pada uji skala kecil dengan jumlah 10 responden dan uji skala besar dengan jumlah 60 responden yang berasal dari FKIP UHAMKA. Tahap evaluasi dilakukan dengan menganalisis data validasi ahli, uji skala kecil, dan uji skala besar. Data yang diperoleh melalui metode observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data validasi dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata nilai rata-rata ahli materi 80.48% (baik), ahli media 87.87% (sangat baik), uji skala kecil 88.34% (sangat baik), dan uji skala besar 86.2% (sangat baik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Modul Praktikum Fisika Dasar I layak digunakan dalam proses pembelajaran. date: 2021-01-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, M. (2010). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Pustaka Cendekia Utama. Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. PT REMAJA ROSDAKARYA. Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605 Asyhar, R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press. Atmawarni. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran Yang Inovatif Di Sekolah. Perspektif, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.31289/perspektif.v1i1.78 Cahyono, A. (2019). Tip dan Trik Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. Pustaka Media Guru. Daryanto. (2012). Media Pembelajaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Dini, F., Nesri, P., Kristanto, Y. D., & Sanata, U. (2020). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBANTUAN TEKNOLOGI UNTUK MENGEMBANGKAN KECAKAPAN ABAD 21 SISWA. 9(3), 480–492. Efendi, A., Sumarni, S., & Efendi, A. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH 87 MEKANIKA TANAH. Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Raja Grafindo Persada. Fiya, A., Sukestiyarno, Y. L., & Nur, A. (2019). Modul Daring Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Seminar Nasional Pascasarjana, 910–913. Giancoli, D. C. (2005). Physics: Principles with applications (6th ed.). Pearson Education. Haryono, N. D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalpangguang Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. (2017). Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(2), 97. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i2.242 Ibrahim, N. (2014). Perencanaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Penerbit Mitra Abadi. Ismayani, A. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. PT Elex Media Komputindo. Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480 88 Kadaruddin. (2015). Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Deepublish. Khamidah, N., Aprilia, N., Studi, P., Biologi, P., Dahlan, U. A., Iii, K., & Soepomo, J. P. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013 / 2014. Jupemasi-Pbio, 1(1), 5–8. Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Penerbit Ghalia Indonesia. Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT REMAJA ROSDAKARYA. Marbun, H. F., Nehru, & Syakowi, A. (2017). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terstruktur Pada Matakuliah Elektronika Dasar. EduFisika, 02(02), 17–32. file:///C:/Users/Annisa Hasna B.A/Downloads/3897-Article Text-10609-1-10-20180525.pdf Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Petunjuk Praktikum Ipa Bermuatan Perubahan Konseptual Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Pada Mahasiswa Pgsd. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 348–358. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2917 Mulya, E. P., Putra, A., & Nurhayati. (2017). Pembuatan E-Modul Berbasis Inkuiri Terstruktur pada Materi Gerak dan Gaya untuk Pembelajaran IPA Kelas VII SMP/MTs. Pillar of Physics Education, 9(April), 169–176. Musfiqon. (2016). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Prestasi 89 Pustaka. Muzakkir, M., Halim, A., & Syukri, M. (2015). Pengaruh Pelaksanaan Praktikum Inkuiri Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(1), 125–134. Ngurah, G., Nugraha, S., Tegeh, I. M., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Multimedia INteraktif Matematika Berorientasi Kearifan Lokal Kelas 3 Sekolah dasar negeri 1 Paket Agung. Jurnal Edutech, 7(1), 12–22. Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Raja Grafindo Persada. Pombo, L., Smith, M., Abelha, M., Caixinha, H., & Costa, N. (2012). Evaluating an Online E-module for Portuguese Primary Teachers: Trainees’ Perceptions. Technology, Pedagogy and Education, 21(1), 21–36. https://doi.org/10.1080/1475939X.2011.589156 Prasetya, S. P. (2014). Media Pembelajaran GEOGRAFI. Penerbit Ombak. Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Pribadi, B. A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT REMAJA ROSDAKARYA. 90 Putra, R. P. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM FISIKA DASAR I BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6. UIN Raden Intan Lampung. Raharjo, S. (2019). THUNKABLE SECRET Panduan Lengkap Membuat Aplikasi Android dalam Hitungan Menit. Novo Media. Ratthabhumi, I., Jirayut, L., & Phiphatphong, D. (2019). Instruction Media Using the THUNKABLE Program. Attawit Commercial Technology College. Rianti, R. (2019). Purwarupa kendali sistem beban listrik menggunakan metode speech recognition. Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru. Raja Grafindo Persada. Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. ALFABETA. Sanaky, H. A. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara. Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan ,” 94–96, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/432/1/ARTIKEL Bintari Kartika Sari.pdf 91 Sezer, B., Karaoglan Yilmaz, F. G., & Yilmaz, R. (2013). Integrating Technology into Classroom: The Learner-Centered Instructional Design. Online Submission, 4(4), 134–144. Sudjiono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Suharsimi, A. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT REMAJA ROSDAKARYA. Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 16. Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan (T. T. Tutik (ed.)). KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Yehle, K. S., & Chang, K. (2012). The integration of an online module on student learning. Computers, Informatics, Nursing : CIN, 30(11), 598–603. https://doi.org/10.1097/nxn.0b013e31825e1ed6 Yong., C. Y., Chew., K. M., Mahmood., N. H., & Ariffin., I. (2012). Gender As A Moderator Between Level of MATLAB Knowledge and MATLAB Features Understanding. International Journal of Education and Learning, 1(2), 1–10 citation: Nugroho, Oki Setiawan dan Kusdiwelirawan, Acep dan Hidayat, Mirza Nur (2021) Pengembangan Aplikasi Modul Prktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Multimedia Interaktif. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25074/1/Oki%20Setiawan%20Nugroho.pdf