eprintid: 25071 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/71 datestamp: 2023-07-10 09:04:52 lastmod: 2023-07-10 09:04:52 status_changed: 2023-07-10 09:04:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Helen, Helen creators_name: Kusdiwelirawan, Acep creators_id: acep_galing@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Menggunakan jenis soal Open-Ended Test. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 88 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Design dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik Simple Random Sampling dengan istilah teknik acak sehingga setiap individu memiliki kesempatan yang sama. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 peserta didik pada kelas eksperimen setelah data berdistribusi normal dan homogen berdasarkan uji normalitas Liliefors Galat Taksiran dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Barlett, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan normalitas yang didapat , hasil perhitungan homogenitas yang diperoleh , dan hasil hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan a = 0.05 memperoleh dan pada taraf signifikan a = 0.01 memperoleh . Maka Ho ditolak yang berarti terdapat Pengaruh yang sangat signifikan penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] “UU RI No.20 Tahub 2003,” no. 1, 2003. [2] Kemendikbud, “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013,” 2014. [3] M. P. Nurdyansyah and M. P. . Eni F.F, Inovasi Model Pembelajaran. 2016. [4] A. Istyowati, S. Kusairi, and S. K. Handayanto, “Analisis Pembelajaran dan Kesulitan Siswa SMA Kelas XI terhadap Penguasaan Konsep Fisika,” no. April, pp. 237–243, 2017. [5] M. M. Adilah and Suliyanah, “Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif,” vol. 09, no. 02, pp. 111–116, 2020. [6] M. Afandi, E. Chamalah, and O. P. Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, vol. 392, no. 2. 2013. [7] Husamah, Y. P, A. R, and P. S, Belajar dan Pembelajaran. 2016. [8] S. P. Astuti, “Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika,” vol. 5, no. 1, pp. 68–75, 2015. [9] A. Pane and M. D. Dasopang, “Belajar dan Pembelajaran,” J. Kaji. ilmu-ilmu Keislam., vol. 03, no. 2, 2017. [10] Y. Yulianti and I. Lestari, “Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar,” vol. 5, no. 1, pp. 32–39, 2019. [11] E. Mahananingtyas, “Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui 100 penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD,” Pros. Semin. Nas. HDPGSDI Wil. IV, pp. 192–200, 2017. [12] D. Harefa, T. Telaumbanua, M. Sarumaha, and K. Ndururu, “Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ),” vol. 3, no. 1, pp. 1–18, 2020, doi: 10.35724/musjpe.v3i1.2875. [13] D. S. Putra and O. H. Wiza, “Analisis Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika di SMA Ferdy Ferry Putra Kota Jambi,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 3, pp. 299–311, 2019, doi: 10.15294/upej.v8i3.35631. [14] D. Hanna, Sutarto, and A. Harijanto, “Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika di SMA,” vol. 5 Nomor 1, pp. 23–29, 2013. [15] Abbas and M. Y. Hidayat, “Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Fisika Pada Peserta Didik,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, pp. 45–49, 2018. [16] T. W. H. Manurung and E. Surya, “Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al Hidayah Medan,” pp. 1–15, 2017. [17] T. Y. E. Siswono, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah,” no. ISSN 1410-1866, pp. 1–15. [18] N. Maryani, N. Marlina, and R. Amelia, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Open Ended Materi Trigonometri,” vol. 3, no. 1, pp. 21–27, 2019. [19] I. Wiliandani, S. Putri, S. Hussen, and R. Adawiyah, “Kemampuan Berpikir 101 Kreatif Dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan di SMPN 11 Jember ( Creative Thinking Skill in Solving Simillarity Problem at Junior High School 11 of Jember ),” vol. IV No.3, pp. 59–62, 2017. [20] R. D. Putra, Y. Rinanto, S. Dwiastuti, and I. Irfa, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016,” vol. 13, no. 1, pp. 330–334, 2016. [21] S. Eftafiyana, S. A. Nurjanah, M. Armania, A. I. Sugandi, and N. Fitriani, “Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar siswa smp yang menggunakan pendekatan creative problem solving,” vol. 2, no. 2, pp. 85–92, 2018. [22] Helmiati, Model Pembelajaran. 2012. [23] A. Suryani, “Keefektifan Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Peserta Didik MTs Miftakhul Khoirot,” vol. 2, no. 2, 2013. [24] Anita, M. Anggo, and L. Arapu, “Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii Smp Negeri 9 Kendari Dalam Pembelajaran Matematika,” Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, pp. 27–40, 2015. [25] R. Wardani, Sanjaya, and Desi, “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Palembang,” vol. 4, p. 1, 2017. [26] Sugono, S. H. Nur, and A. G. Arip, “Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Scienstific Approach Terhadap 102 Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kreativitas Dalam Memecahkan Masalah,” vol. 6, no. 2, pp. 99–109, 2018. [27] A. Busyairi and P. Sinaga, “Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif,” vol. 20 Nomor, pp. 133–143, 2015. [28] G. M. Muhammad et al., “Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” vol. 7, no. September, 2018. [29] A. S. Wardani and N. Izzati, “Menumbuh Kembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Media Gonggong,” J. Kiprah, vol. 5, no. 2, pp. 50–60, 2017. [30] Y. D. Pratiwi, A. D. Lesmono, and S. Astutik, “Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Dan Keterampilan Kreativitas Ilmiah Siswa,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 01, no. 1, pp. 9–16, 2018. [31] E. Y. S. Asmawati, U. Rosidin, and Abdurrahman, “Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Fis. Univ. Muhamadiyah Metro, vol. 6, no. 2, p. 130, 2018, [Online]. Available: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/1318. [32] S. Swestyani, M. Masyuri, and B. A. Prayitno, “Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan 103 Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pemanasan Global,” J. Pembelajaran Biol., vol. 6, no. 2, pp. 36–41, 2014. [33] D. A. Kusdiwelirawan, “Statistika Pendidikan.” p. 89, 2014. [34] M. Oktavia, A. T. Prasasty, and Isroyati, “Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test,” J. Unindra, no. November, pp. 596–601, 2019, doi: 10.30998/simponi.v0i0.439. [35] R. Rahmawati and Melisa, “Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedia Power Point terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMPN 4 BIREUEN,” J. Biol. Indones., vol. V, no. 1, pp. 1–6, 2016. citation: Helen, Helen dan Kusdiwelirawan, Acep (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS)Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25071/1/HELEN.pdf