eprintid: 25070 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/70 datestamp: 2023-07-10 09:04:50 lastmod: 2023-07-10 09:04:50 status_changed: 2023-07-10 09:04:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hanifatinisa, Hanifatinisa creators_name: Ramadhar, Yulia creators_id: yuliarahmadhar@uhamka.ac.id title: PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi pendahuluan dengan melakukan pengamatan secara langsung dan wawancara dengan pendidik dan peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Jakarta oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor internal dalam diri peserta didik (self regulated learning) yang diiringi penggunan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah Non-probability sampling dengan metode quota sampling. Pada pengujian validitas 34 butir kuisioner self regulated learning (SRL) sebanyak 31 butir valid dan 3 butir drop. Pada pengujian reabilitas dengan kategori reabilitas sangat tinggi. Pada pengujian validitas soal tes hasil belajar fisika menggunakan 33 soal pilihan ganda dengan 25 soal valid dan 8 soal drop. Pada saat uji reabilitas menggunakan microfost excel = 0,443, maka dapat dilihat dari hasil uji reabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa instrument tersebut reliable. Dari perhitungan uji kesukaran yang dilakukan 21 soal masuk ke dalam kategori mudah, 4 soal masuk kategori sedang, dan 0 soal masuk kategori sukar. Pada uji daya pembeda soal 5 soal masuk kategori kurang, 15 soal masuk dalam kategori cukup baik, 5 soal masuk dalam kategori baik. Setelah itu dilakukannya pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari sebelumnya dan sesudah diberi perlakuan. Selanjutnya pada uji normalitas diperoleh signifikansi hitung 1,00 (tidak normal) pada kuisioner SRL, 0,143 (normal) pada pretest dan 0,1082 (normal) pada posttest. Uji homogenitas dapat disimpulkan data bersifat homogen karena = 3.76 < = 35.172 dengan taraf signifikansi 0.05. Pada uji hipotesis menggunakan uji gain, dapat dilihat adanya peningkatan yang signifikan dari penelitian ini. Maka dari ini bahwa diterima dan ditolak. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] S. Hadi and Novaliyosi, “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study),” Pros. Semin. Nas. Call Pap. Progr. Stud. Magister Pendidik. Mat. Univ. Siliwangi, pp. 562–569, 2019. [2] D. Dimyati and D. Mudjiono, Belajar & Pembelajaran, 7th ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2016. [3] A. Susanto, Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 4th ed. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2016. [4] R. K. R. Omon Abdurakhman, “Teori Belajar dan Pembelajaran,” p. 33, 2015. [5] V. L. P. Sutrisno and B. T. Siswanto, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 6, no. 1, p. 111, 2016, doi: 10.21831/jpv.v6i1.8118. [6] W. - and L. Widayanti, “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013,” J. Fis. Indones., vol. 17, no. 49, pp. 32–35, 2014, doi: 10.22146/jfi.24410. [7] E. Y. Suwasti, “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelangsungan Hidup Melalui Kelompok Pekerjaan Rumah Dengan Treatment Direct Instruction Di Kelas 9d SMP N 2 Ungaran Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Profesi Kegur., vol. 2, no. 1, pp. 42–54, 2016. [8] L. Missa, R. N. K. Mellu, and D. Langtang, “Pengembangan Alat Evaluasi Fisika Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Oenino,” pp. 164–169, 2020, doi: 10.22146/jfi.v24i3.57639. [9] D. Aditiyawarman, “IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI GERAK LURUS,” J. Inform., vol. 8, no. September, pp. 277–289, 2020. [10] A. D. Putri Dwi Yunita, Parlindungan Sinaga, “IMPLEMENTASI STRATEGI WIRITING TO LEARN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI,” Pendidik. Fis. UIN Alauddin, vol. 8, no. 2, pp. 133–139, 2020. [11] T. Tayeb, “Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran,” J. Pendidik. Dasar 71 Islam, vol. 4, no. 02, pp. 48–55, 2017. [12] B. Sartono, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Materi Fluida Pada Siswa Kelas Xi Mipa 3 Sma Negeri 1 Ngemplak Boyolali Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019,” Pros. SNFA (Seminar Nas. Fis. dan Apl., vol. 3, p. 52, 2019, doi: 10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28510. [13] G. Istiningsih, E. M. L.A, and E. Prihalina, “P engembangan model pembelajaran ‘promister’ untuk meningkatkan hasil belajar wayang pandhawa pada siswa sekolah dasar,” J. umj, vol. II, pp. 94–103, 2018. [14] A. Abdullah, “Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, no. 2, pp. 45–62, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v1i2.45. [15] E. S. Amyani, I. Ansori, and S. Irawati, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 2, no. 1, pp. 15–20, 2018, doi: 10.33369/diklabio.2.1.15-20. [16] N. Y. Ana, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 18, no. 2, p. 56, 2019, doi: 10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000. [17] D. Eniyati, “PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TENTANG FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA- B SMAN 5 KOTA BOGOR Dwikari,” Pendidikan, vol. 3, no. 8, pp. 119–140, 2018, doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201. [18] Salmi, “Penerapan Model Pembelajaran DIscovery Learning Dalam Meningkatkan HAsil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang,” J. Profit, vol. 6, no. 1, pp. 1–16, 2019. [19] G. Rosarina, A. Sudin, and A. Sujana, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 371–380, 2016, doi: 10.17509/jpi.v1i1.3043. [20] H. Hidayat and P. G. Handayani, “Self Regulated Learning (Study for Students Regular and Training),” J. Penelit. Bimbing. dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 50–59, 2018, doi: 10.30870/jpbk.v3i1.3196. 72 [21] S. M. Astutik, “Pengaruh Self Regulated Learning dan Ketersediaan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran,” J. Pendidik. Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, Nomor 1, Juli 2016, Hal. 50 -57, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2016. [22] A. Mukhid, “STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING (Perspektif Teoritik),” J. Educ. Psychol., vol. 82, no. 1, pp. 33–40, 2018. [23] Y. Kurnia, “ARTIKEL KEMAMPUAN SELF REGULATED LEARNING ( SRL ) SISWA SMP MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL ( SPLDV ) DITNJAU DARI GENDER TAHUN AJARAN 2016 / 2017,” Univ. Nusant. PGRI Kediri, pp. 1–9, 2017. [24] R. H. Hamonangan and S. Widyarto, “Pengaruh Self Regulated Learning Dan Self Control Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 5–10, 2019, [Online]. Available: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index. [25] T. Kristiyani, SELF-REGULATED LEARNING, 1st ed. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press i, 2016. [26] Prof. Dr. Emzir M.Pd, Metodologi Penelitian Pendidikan, 9th ed. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA, 2015. [27] A. Q. Sari, Y. L. Sukestiyarno, and A. Agoestanto, “Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear,” Unnes J. Math., vol. 6, no. 2, pp. 168–177, 2017, doi: 10.15294/ujm.v6i2.11887. [28] R. Amaliah, “Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Bantimurung,” J. Din., vol. 8, no. 1, pp. 11–17, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.umm.ac.id citation: Hanifatinisa, Hanifatinisa dan Ramadhar, Yulia (2021) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25070/1/Hani%20Fatinisa.pdf