TY - THES N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi pendahuluan dengan melakukan pengamatan secara langsung dan wawancara dengan pendidik dan peserta didik SMA Muhammadiyah 3 Jakarta oleh peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh faktor internal dalam diri peserta didik (self regulated learning) yang diiringi penggunan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah Non-probability sampling dengan metode quota sampling. Pada pengujian validitas 34 butir kuisioner self regulated learning (SRL) sebanyak 31 butir valid dan 3 butir drop. Pada pengujian reabilitas dengan kategori reabilitas sangat tinggi. Pada pengujian validitas soal tes hasil belajar fisika menggunakan 33 soal pilihan ganda dengan 25 soal valid dan 8 soal drop. Pada saat uji reabilitas menggunakan microfost excel = 0,443, maka dapat dilihat dari hasil uji reabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa instrument tersebut reliable. Dari perhitungan uji kesukaran yang dilakukan 21 soal masuk ke dalam kategori mudah, 4 soal masuk kategori sedang, dan 0 soal masuk kategori sukar. Pada uji daya pembeda soal 5 soal masuk kategori kurang, 15 soal masuk dalam kategori cukup baik, 5 soal masuk dalam kategori baik. Setelah itu dilakukannya pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dari sebelumnya dan sesudah diberi perlakuan. Selanjutnya pada uji normalitas diperoleh signifikansi hitung 1,00 (tidak normal) pada kuisioner SRL, 0,143 (normal) pada pretest dan 0,1082 (normal) pada posttest. Uji homogenitas dapat disimpulkan data bersifat homogen karena = 3.76 < = 35.172 dengan taraf signifikansi 0.05. Pada uji hipotesis menggunakan uji gain, dapat dilihat adanya peningkatan yang signifikan dari penelitian ini. Maka dari ini bahwa diterima dan ditolak. ID - repository25070 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25070/ A1 - Hanifatinisa, Hanifatinisa A1 - Ramadhar, Yulia Y1 - 2021/08/03/ M1 - bachelor TI - PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 3 JAKARTA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka ER -