eprintid: 25067 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/67 datestamp: 2023-07-10 09:04:47 lastmod: 2023-07-10 09:04:47 status_changed: 2023-07-10 09:04:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Julianingsih, Dea creators_name: Laksanawati, Wahyu Dian creators_id: dianlaksanawati@uhamka.ac.id title: PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan google classroom melalui model discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Grup Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 72 peserta didik pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian data tersebut dianalisis dan diuji menggunakan uji-F. Hasil uji hipotesis didapatkan dan , maka dapat disimpulkan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan google classroom pemberian model pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi momentum dan impuls. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: [1] V. Gitiyarko, “Upaya dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menangani Pandemi COVID-19,” kompaspedia.kompas.id, 2020. [2] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020. Indonesia, 2020, pp. 1–8. [3] R. Wahyuningtyas and B. S. Sulasmono, “Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 23–27, 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.77. [4] M. A. Hamid, R. Ramadhani, M. Juliana, M. Safitri, M. M. Jamaludin, and J. Simarmata, Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2020. [5] W. Hartanto, “Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, pp. 1–18, 2016. [6] N. Suryani, A. Setiawan, and A. Putria, MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DAN PENGEMBANGANNYA. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2018. [7] Sevima, “5 Aplikasi E-Learning GRATIS Terbaik,” https://sevima.com/, Oct. 03, 2019. [8] G. K. Putri and Y. A. S. Dewi, “Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom,” Al-Fikrah, vol. 2, no. 1, pp. 60–79, 2019. [9] N. Maharani and K. S. Kartini, “Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 167–173, 2019, doi: 10.33369/pendipa.3.3.167- 173. [10] “Capaian Nilai Ujian Nasional Indonesia.” 107 [11] “Capaian Nilai Ujian Nasional DKI Jakarta,” DKI Jkarta. [12] E. Sujarwanto, A. Hidayat, and Wartono, “KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PADA MODELING INSTRUCTION PADA SISWA SMA KELAS XI,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 3, no. 1, pp. 65–78, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii%0AKEMAMPUAN. [13] G. B. Samudra, I. W. Suastra, and K. Suma, “Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA Di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika,” e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha Progr. Stud. IPA, vol. 4, no. 1, 2014, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii%0AKEMAMPUAN. [14] W. Oktaviani, Gunawan, and Sutrio, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2017. [15] P. I. Sari, Gunawan, and A. Harjono, “Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 176–182, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i4.310. [16] N. Nisrina, Gunawan, and A. Harjono, “Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 66–72, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i2.291. [17] L. Burais, M. Ikhsan, and M. Duskri, “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning,” J. Didakt. Mat., vol. 3, no. 1, pp. 77–86, 2016, doi: 10.24815/jdm.v3i1.4639. [18] G. Rosarina, A. Sudin, and A. Sujana, “Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan 108 Wujud Benda,” J. Pena Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 371–380, 2016, doi: 10.17509/jpi.v1i1.3043. [19] M. Kadri and M. Rahmawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor,” J. Ikat. Alumni Fis., vol. 1, no. 1, pp. 29–33, 2015, doi: 10.24114/jiaf.v1i1.2692. [20] D. R.W, Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga, 1998. [21] D. R.W, Teori-Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima, 2003. [22] L. S. Astuti, “Penguasaan Konsep IPA Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa,” Form. J. Ilm. Pendidik. MIPA, vol. 7, no. 1, pp. 40– 48, 2017. [23] N. M. Y. Suranti, G. Gunawan, and H. Sahidu, “Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 73–79, 2017, doi: 10.29303/jpft.v2i2.292. [24] I. N. Sugiana, A. Harjono, H. Sahidu, and G. Gunawan, “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 61–65, 2016, doi: 10.29303/jpft.v2i2.290. [25] R. Budiharti and Surantoro, STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA. Semarang: UNS Press, 2018. [26] I. Kaniawati, “Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA,” Pembelajaran Sains, vol. 1, no. 1, pp. 24–26, 2017. [27] L. Fadholi, A. Harijanto, and A. D. Lesmono, “Analisis Video Kejadian Fisika Dengan Software Tracker Sebagai Rancangan Bahan Ajar 109 Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Kelas X,” J. Pembelajaran Fis., vol. 7, no. 3, pp. 263–270, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/8598/5856. [28] A. D. Sutrisno, “MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) DAN PEMAHAMAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY ( TSTS ) dengan bantuan Certainty of Response Index,” J. Pengajaran MIPA, vol. 20, no. 1, pp. 38–42, 2015, doi: 10.18269/jpmipa.v20i1.494. [29] W. K. Pertiwi, “Begini Cara Menggunakan Google Classroom untuk Belajar dari Rumah,” https://tekno.kompas.com/, Jul. 14, 2020. [30] M. H. Rahman, Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini : Teori dan Implementasi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2019. [31] A. Nugrahaeni, I. W. Redhana, and I. M. A. Kartawan, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 1, no. 1, p. 23, 2017, doi: 10.23887/jpk.v1i1.12808. [32] J. Suprihatiningrum, Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Yogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2017. [33] Z. K. Prasetyo, Kapikta Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2001. [34] F. Kristin, “Analisis model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD,” J. Pendidik. Dasar PerKhasa, vol. 2, no. 1, pp. 90–98, 2016. [35] D. Darmawan and D. Wahyudin, MODEL PEMBELAJARAN DI SEKOLAH. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA, 2018. [36] S. Damayanti and M. T. Apriyanto, “PENGARUH MODEL 110 PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 02, no. 02, pp. 2315–244, 2017, doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00. [37] Sugiarto, T. Hendratono, and D. Sudibyo, METODOLOGI PENELITIAN HOSPITALITI & PARIWISATA. Tangerang: Matana Publishing Utama, 2015. [38] F. Hikmawati, METODOLOGI PENELITIAN. Depok: Rajawali Pers, 2017. [39] A. Kusdiwelirawan, STATISTIKA PENDIDIKAN. UHAMKA PRESS, 2017. [40] A. Ramdani, A. W. Jufri, J. Jamaluddin, and D. Setiadi, “Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 119–124, 2020, doi: 10.29303/jppipa.v6i1.388. [41] A. Tersiana, METODE PENELITIAN. Yogyakarta, 2018 citation: Julianingsih, Dea dan Laksanawati, Wahyu Dian (2021) PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25067/1/DEA%20JULIANINGSIH.pdf