TY - THES TI - PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS ID - repository25067 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25067/ PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka A1 - Julianingsih, Dea A1 - Laksanawati, Wahyu Dian AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan google classroom melalui model discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Desain dengan jenis penelitian One-Grup Pretest- Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA di SMA Negeri 3 Tangerang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 72 peserta didik pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Kemudian data tersebut dianalisis dan diuji menggunakan uji-F. Hasil uji hipotesis didapatkan dan , maka dapat disimpulkan . Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ( ) ditolak dengan kata lain menerima hipotesis alternatif ( ) yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan google classroom pemberian model pembelajaran discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik pada materi momentum dan impuls. M1 - bachelor Y1 - 2021/08/03/ ER -