eprintid: 25066 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/66 datestamp: 2023-07-10 09:04:45 lastmod: 2023-07-10 09:04:45 status_changed: 2023-07-10 09:04:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suryandari, Ayu Wuly creators_name: Burheni, Feli Cianda Adrin title: Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Uno Stacko Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Fisika ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan permainan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika. Berdasarkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampelnya yaitu Random Sampling. Data diperoleh dari instrumen tes berupa 10 soal esai yang telah valid dan reliabel serta memuat indikator kemampuan berpikir kritis. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas diperoleh ������� � pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 1,22 dan 0,23 dan �� �� � sebesar 7,81 dengan = 0,05. Maka ������� � < �� �� � berarti data berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogenitas diperoleh ������� posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 1,93 dengan �� �� sebesar 1,96. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan ������� < �� ��, maka data yang ada homogen. Pada uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ������� posttest yaitu 10,70. Sedangkan �� �� = 2,42 pada = 0,01 dan �� �� = 1,68 pada = 0,05. Maka � diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sangat signifikan pada penggunaan model Quantum Learning berbantuan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika. date: 2021-01-29 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afriyanti, I. N., Suherman, A., & Utami, I. S. (2019). Penerarapan Lembar Kerja Berbasis Model Tandur Pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. GRAVITY: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 49–63. Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. Agustina, P., Bahri, Syaiful, B., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa Dan Usaha Guru BK Untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(1), 96–102. Alfiyah, A. H., & Ekohariadi. (2020). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Problem Solving Siswa Berbantu Media Pembelajaran. Jurnal ITEDU, 5(1), 236–246. Amir, A., Salmanu, S. I. ., & Arini, I. (2019). Penerapan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Kartika XIII-1 Ambon. BIOPENDIX (Jurnal Biologi, Pendidikan, dan Terapan), 6(1), 1–6. Anggoro, B. S., Handoko, A., & Andriyani, I. (2018). Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Siswa dan Penguasaan Konsep Biologi Kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 01–14. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2295 Aprilia, T., & Sahidu, H. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Self-Efficacy Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 138–144. Ardiamto, Ertikanto, C., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Aneka Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 28–38. Arismunandar, H. W. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal JAFFRAY, 16(2), 175–196. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302 Arviani, E., Arif, M., & Ningsih, P. R. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning dengan Konsep TANDUR Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Jurnal Ilmiah Edutic, 6(1), 45–51. Budiarti, M. (2020). Pembelajaran Maharah Kalam dengan Model Quantum Learning dalam Rangka Menghadapi Era Desruptif 4.0 Dikalangan Milenial. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 43–56. Dewi, P. R. C., Suastra, I. W., & Suswandi, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 21– 29. https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226 Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Ermawati, I. R., Burhendi, F. C. A., Harahap, N., & Sugianta, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Learning di Tinjau dari Metakognitif Fisika Siswa Di SMAN 48 Jakarta. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 24. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2600 Giancoli, D. C. (2014). FISIKA (Ketujuh). Erlangga. Guntur, M., Aliyyatunnisa, A., & Kartono, K. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif, Kritis, dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic- Contructive Controversy (AC). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 385–392. Hajrin, Sadia, I. W., & Gunandi, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X IPA SMA Negeri. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Ii 2018, 9(1), 63–74. Harefa, D. (2020). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Model Pembelajaran Time Token. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(2), 35– 40. https://doi.org/10.51673/jips.v1i2.365 Herawaty, D. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Rflesia2, 2(1), 46–62. https://publikasi.polije.ac.id/index.php/j-dinamika/article/view/527 Indah, A. D., & Fauzan, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh Menggunakan Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(3), 124–129. Indrayani, A. A., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1), 1–11. Janawi. (2013). Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran. Ombak. Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model JUCAMA di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92–104. Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. Journal of Physics Education, 2(1), 14–20. Kusdiwelirawan, A. (2017). Statistika Pendidikan. UHAMKA Press. Kusuma, E. D., Gunarhadi, & Riyadi. (2018). Keefektifan Model Quantum Learning Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 54–64. Lestari, D., & Purwandari. (2018). Pengembangan permainan Uno Staco sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi kalor kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan. Seminar Nasional Quantum #25, 145–149. Lestari, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 231–239. Lokaria, E., & Nopiyanti, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Model Quantum Learning Siswa SMPN O Mangunharjo. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(1), 106–116. Majdi, M. K., & Subali, B. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. Unnes Physics Education Journal, 7(1), 81–90. Ngalimun, Fauzani, M., & Salabi, A. (2018). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 2 Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.745 Novianti, N., Hertanti, E., & Al Farizi, T. (2019). Pengaruh Media Simulasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Konsep Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 247–252. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1168 Nurdiana, I. M., Harijanto, A., & Budi P, S. H. (2019). Efektifitas Pembelajaran Suhu Dan Kalor Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(1), 47–52. Nurwahyuningsih, Harjono, A., & Rahayu, S. (2019). Pemecahan Masalah Usaha Dan Energi Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 253–261. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78 Pebriana, E., Sari, B. M., & Abdurrahman, Y. (2019). Modifikasi Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 407–416. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.109 Pratiwi, N. P. I., & Putra, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Konsepp Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10. Pravita, E. A. E., & Lutfi, A. (2019). Pengembangan Permainan Strat Adventure Berbasis Komputer Sebagai Media Pembelajaran Struktur Atom Untuk Siswa SMA. UNESA Journal of Chemical Information and Modeling, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Purwanto, S. (2019). Unsur Pembelajaran Edutainment Dalam Quantum Learning. Al Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(2), 21–29. Rahmani, A. M., & Muslihah, N. N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitiann Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA di SDIT PERSIS 99 Rancabango). BALE AKSARA, 1(2). Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1999 Ridho, S., Ruwiyatun, R., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pokok Bahasan Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 10–15. Sadia, I. K. (2019). Implementasi Penerapan Model Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 9(2), 200–209. Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24. Saputro, T., & Latifah, S. (2018). Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X MA Nurul Islam Gunung Sari Ulubelu Tanggamus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(2), 29–37. Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 275– 282. https://doi.org/10.1109/ciced.2018.8592188 Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2219 UNO® StackoTM Game. (n.d.). https://service.mattel.com/us/productDetail.aspx?prodno=43535&siteid=27 Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. Zukha, L. N., Abidin, Z., & Alifiani. (2019). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Integral Kelas XI SMA Negeri 7 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. JP3, 14(7), 8–14. citation: Suryandari, Ayu Wuly dan Burheni, Feli Cianda Adrin (2021) Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Uno Stacko Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Fisika. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25066/1/Ayu%20Wuly%20Suryandari.pdf