@phdthesis{repository25066, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Uno Stacko Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pelajaran Fisika}, year = {2021}, month = {January}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25066/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan permainan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika. Berdasarkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Learning berbantuan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampelnya yaitu Random Sampling. Data diperoleh dari instrumen tes berupa 10 soal esai yang telah valid dan reliabel serta memuat indikator kemampuan berpikir kritis. Uji prasyarat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pada uji normalitas diperoleh ??????? ? pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 1,22 dan 0,23 dan ?? ?? ? sebesar 7,81 dengan = 0,05. Maka ??????? ? {\ensuremath{<}} ?? ?? ? berarti data berdistribusi normal. Kemudian hasil uji homogenitas diperoleh ??????? posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 1,93 dengan ?? ?? sebesar 1,96. Hasil pengujian homogenitas menunjukkan ??????? {\ensuremath{<}} ?? ??, maka data yang ada homogen. Pada uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ??????? posttest yaitu 10,70. Sedangkan ?? ?? = 2,42 pada = 0,01 dan ?? ?? = 1,68 pada = 0,05. Maka ? diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sangat signifikan pada penggunaan model Quantum Learning berbantuan UNO Stacko terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pelajaran Fisika.}, author = {Suryandari, Ayu Wuly and Burheni, Feli Cianda Adrin} }