eprintid: 25065 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/65 datestamp: 2023-07-10 09:04:44 lastmod: 2023-07-10 09:04:44 status_changed: 2023-07-10 09:04:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Novianti, Ayu creators_name: Sugianto, Sugianto creators_id: s.arjo@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-4346-510X title: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Berbantu Media Interaktif Articulate Storyline (AS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Selama Pembelajaran Daring ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan berbantu media pembelajaran interaktif Articulate Storyline terhadap hasil belajar Fisika selama pembelajaran daring pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ciampel Karawang pada semester 1 tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain noneequivalent control group design. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 25 peserta didik untuk masing-masing kelas, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen soal essay sebanyak 10 soal yang sudah melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran pada taraf signifikan diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett pada taraf signifikan diperoleh , maka dapat disimpulkan bahwa data yang didapat berasal dari populasi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t pada taraf signifikan dan dengan hasil , maka dan yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berbantu media interaktif Articulate Storyline terhadap hasil belajar Fisika selama pembelajaran daring. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agustina, M., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. 1, 11–19. Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Ayub, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Teknik Open-Ended Problem Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Mataram. 3(2), 109–118. Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017 Batlolona, J. R. (2017). Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis Dengan Menerapkan Media Interaktif Siswa Kelas X SMA Kristen YPKPM Ambon Hasil Belajar Kognitif dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Fisika Pada Konsep Listrik Dinamis dengan Menerapkan . September 2016. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23954.45761 Chiasson, A. (2013). Articulate Storyline Essentials. Darmayanti, N. W. S., Wati, D. P. A. J., Sudirman, I. N., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation 116 (Gi) Berbantuan Lks (Lembar Kerja Siswa) Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sd Kelas V. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 159. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2152 Darnawati, Jamiludin, Batia, L., Irawaty, & Salim. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. 1(1). Dewa, E. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Simulasi PhET Dalam Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020 “Menciptakan Inovasi Pendidikan Melalui Kompetensi Pendidik Menuju Kemandirian Bangsa Di Era 5.0,” 142–154. Edy Syahputra, S. P. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Fauziah, A., Sufianti, V., Safitri, A., & P, A. S. A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Fisika di Masa Covid - 19 pada Siswa Kelas X IPA SMA Bina Machmud. Journal Untirta, 3(1), 404–407. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/sendikfi/article/view/9720 Harahap, R. A. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Metode Know-Want-Learn (KWL) : Dampak Terhadap Hasil Belajar Fluida Dinamis. 06(2), 149–158. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1369 Harefa, D. (2020). Prosiding Seminar Nasional Sains Perbedaan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Problem Posing Dan Problem Solving 117 Pada Siswa Kelas X-Mia Sma Swasta Kampus Telukdalam Kata kunci : 1(1), 103–116. Hasyim, I. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Konsep Mendeskripsikan Pengertian Organisasi Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri Truko 01 UPTD Pendidikan Kecamatan Bringin Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. 3(024). Ibrahim Sijaya, Ahmad Yani, M. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Peranan Media Presentase Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Darussalam. 4, 328–341. Iklas Supriyanto, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4, 558–564. Ilmu, K. (2019). Rumus Pocket Fisika. Joko Enuari Harepa, P. S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Siswa. 2019, 38–45. Kurnia, H., & Widayanti, F. K. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter Kepanduan Hizbul Wathon Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. 10(2), 75–86. Kusdiwelirawan, D. A. (2017). Statistika Pendidikan. Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 118 Bondrang Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. 1–12. Lestari, E. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Mengenal Berbagai Bentuk Energi, Manfaatnya Dalam Kehidupan Sehari-hari Melalui Model Pembelajaran Example Non Example Dikelas I Semester 2 SDN Kertaharja 01 Kecamatan Pagerbarang Kabup. 10(1), 336–346. Limbong, D., & Rahmatsyah, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Di Kelas X Sma Negeri 12 Medan. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 119. https://doi.org/10.31258/jgs.5.2.119-124 Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. 2. Luh, N., & Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor melalui penggunaan jurnal belajar bagi mahasiswa PGSD. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, 192–200. Mahfoud, O., Moummi, A., & Moummi, N. (2015). The air solar collectors: Introduction of chicanes to favour the heat transfer and temperature in the air stream dynamics. MATEC Web of Conferences, 28(1), 13–29. https://doi.org/10.1051/matecconf/20152805003 Nur Akly, A. H. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1), 1–13. Nur Halimah, Ketut Suma, P. S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran 119 Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(1), 35–46. https://doi.org/10.24114/inpafi.v3i1.8015 Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media MLearning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380–2391. Pantas, H., & Surbakti, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. 4(1), 33–42. Pramana, I. N. D., Putra, N. P. S. W., BG, K. W. P., & Nugraha, K. Y. (n.d.). Evaluasi Pendidikan. In Jakarta Rineka CIpta. Priankalia Arwanda, Sony Irianto, A. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad. 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331 Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108 Santosa, D. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 1 BUAY MADANG TIMUR. 3. Saragih, V. C. B., & Bunawan, W. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa 120 Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268 Sari, P. I., Dewi, K., & Ayuningsih, F. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Diskusi dan Personal Investigation dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di Universitas Batanghari. 20(3), 778–783. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1060 Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4772 Sijaya, I., Yani, A., & Ma’ruf. (2016). Peranan Media Presentase Interaktif Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Peserta Didik Kelas X SMA Islam Darussalam Pannyangkalang Kab. Gowa. 4, 328–341. Sinaga, C. A., & Sirait, M. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika ( INPAFI ). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/view/9122/8268 Sinaga, R. C., & Sani, R. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Rangkaian Arus Searah. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 5(2). 121 https://doi.org/10.24114/inpafi.v5i2.9113 Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Sugiyono. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Sugiyono. (2019c). Statistika untuk Penelitian. Suhaemi, S., Werdhiana, I. K., & Hatibe, H. . A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas Xi Sma Negeri 5 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(1), 1. https://doi.org/10.22487/j25805924.2015.v3.i1.4334 Sukriswati. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Lembaga Pemerintah Pusat Melalui Model Cooperative Tipe Make A Match Kelas IV SDN 2 Gerduren Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. 7(1), 16–22. Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2), 179–188. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155 Sumarni. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. 3(2), 184–194. Syaiful Nur Rohman. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Pembelajaran Olah Vokal Di Prodi Seni 122 Pertunjukan Universitas Tanjungpura Pontianak, 28(2), 1–43. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi. org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03. 044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token =C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8 Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072 Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. citation: Novianti, Ayu dan Sugianto, Sugianto (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dengan Berbantu Media Interaktif Articulate Storyline (AS) Terhadap Hasil Belajar Fisika Selama Pembelajaran Daring. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25065/1/Ayu%20Novianti.pdf