eprintid: 25062 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/62 datestamp: 2023-07-10 09:04:41 lastmod: 2023-07-10 09:04:41 status_changed: 2023-07-10 09:04:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pangestu, Anggi Dina creators_name: Hidayat, Mirza Nur creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Pemberian Reward Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA At Taqwa ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QC divisions: 84203 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan lapangan berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti kepada penididik dan peserta didik di SMA AT-Taqwa Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemberian reward yang diiringi penggunan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik di SMA AT-Taqwa Bekasi Metode penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah non random sampling. Pada uji validitas menggunakan soal fisika sebanyak 34 soal pilihan ganda dengan 20 soal valid dan 14 soal drop. Pada saat uji reabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach memperoleh , maka dilihat dari hasil uji reabilitas tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen tersebut reliable. Dari perhitungan uji kesukaran yang dilakukan diketahui soal yang termasuk dalam taraf mudah sebanyak 12 soal, soal yang termasuk dalam taraf sedang sebanyak 8 soal, dan taraf sukar sebanyak 0 soal. Pada uji daya pembeda diketahui bahwa terdapat 2 soal yang masuk dalam taraf kurang, 1 soal taraf cukup baik, 7 soal taraf baik, dan 10 soal taraf sangat baik. Setelah dilakukannya pretest dan posttest disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Selanjutnya pada uji normalitas dengan menggunakan uji normalitas Kolmogrov-smirnov diperoleh signifikansi hitung sejumlah 0,051 pada pretest dan 0,143 pada posttest, maka pengujian dari kedua test dikatakan nomal. Uji homogenitas yang dilakukan dengan menggunakan uji levene dapat disimpulkan bahwa data yang didapat homogen karna signifikansi hitung > taraf signifikansinya (0,05). Pada uji hipotesis yang menggunakan uji gain dapat dilihat adanya peningkatan yang signifikan dari penelitian pengaruh pemberian reward dengan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA At-Taqwa Bekasi, maka dari itu diterima dan ditolak karena hasil dari thitung lebih kecil dari pada ttabel. date: 2021-08-03 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aji, S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. SEJ (Science Education Journal), 1(1), 36. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.830 Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019 Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i2.694 Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569 Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12– 21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156 Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584 Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Nasih, N. R. (2019). Persepsi Mahasiswa pada Penuntun Praktikum Fisika Dasar II Berbasis Mobile Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 516–523. Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1901 62 Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838 FIRMANSYAH, D. (2013). DANI FIRMANSYAH syah_dani@ymail.com DOSEN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP – UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG ABSTRAK. JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA, 6(2), 34–44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996 Istiningsih, G., L.A, E. M., & Prihalina, E. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, II(2), 94–103. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/2637/2788 Jamhari, I., Susilaningsih, S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan Buku Suplemen 3D Augmented Reality Sebagai Bahan Belajar Tematik Tema Lingkungan Tentang Perkembangbiakan Hewan Untuk Siswa Kelas Iii Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 76–81. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p076 Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Uptd Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat. 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzq75 Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92 Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499 Lovisia, E. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 1–10. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.17 Mabruri, R. A. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa 63 Kelas Iv Sd Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 05(32), 3064–3072. Mahendra, H. H. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FLASH BOOK SEJARAH PERADABAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD. Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 31–42. https://jurnal.uns.ac.id/jdc Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(1), 1–10. Nahar, N. I. (2016). PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 64–74. https://doi.org/10.1111/j.1365-2141.1992.tb08137.x Nugraha, M. G., Kirana, K. H., Utari, S., Kurniasih, N., Nurdini, N., & Sholihat, F. N. (2017). Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.21009/1.03203 Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Physics: Conference Series, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099 Parlina, N. D. (2017). Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas Melalui Perputaran Piutang Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 159. https://doi.org/10.33603/jibm.v1i2.867 Pifa Arita Lakap, Rusijono, K. P. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1). Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian : Questionnaire Empathy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9, 74–78. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X Priyantono, R. P. (2019). PENGARUH REWARD DAN 64 PUNISHMENTTERHADAP KINERJA KARYAWAN PT MATSUZAWA PELITA FURNITURE INDONESIA. 8, 168–180. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23557.57-63 Putra, D. S., Lumbantoruan, A., & Samosir, S. C. (2019). Deskripsi Sikap Siswa: Adopsi Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu Belajar Fisika dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 91. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3339 Rahman, A. A., & Agustina, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Lks Dalam Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Masyarakat Indonesia Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Gandapura. VI(2), 65–68. Ramadhan, H. R., Mulyawan, M., Hidayani, I., & Mahdi, I. (2019). Metode Discovery Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Khulafaurrasyidin. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 143. https://doi.org/10.30868/ei.v8i01.357 Rido Kurniawan, F. S. (2020). PENGARUH LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPATU MEREK FLADEO DI BASKO GRAND MALL PADANG Rido. 1–11. Rizky Meuthia Karina, Alfiati Syafrina, S. H. (2017). HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA PADA KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168 Sesunan, Y. S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN PADA THE LUXTON HOTEL BANDUNG. 1(1), 48–57. Setiawan, W. (2018). Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al-Murabbi, 4(2), 184–201. Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan 65 Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 07. JUSTEK| Jurnal Sains & Teknologi, 1(1), 76–81. Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Kabupaten Bogor. Edutecno, 18(106), 1–12. https://doi.org/10.31227/osf.io/eqczf Tambunan, N., & Kristin, A. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic , Auditory , Visual , dan Intellectual ( SAVI ) terhadap Pemahaman Konsep Matematika. 0812, 231–238. Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. Wahyono. (2020). Peningkatan Kejujuran dan Hasil Belajar Fisika Kompetensi Getaran Gelombang dan Bunyi dengan Metode Discovery Learning. Jurnal Kinerja Kependidikan, 2, 590–600. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 Roshid, M. Zaiful. 2018. Reward & Punishment dalam Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara. Ayu, Cheni C.M. 2018. Discovery Learning Gerak Berirama. Gresik: Caremedia Communication. Susana, Afria. 2019. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar. Nugroho, Untung. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Purwodadi: CV. Sarnu Untung. Sani, Fathnur. 2018. Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish. Ifrannuddin. 2019. Cara Sistematis Berlatih Meneliti Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Simatupang: Rayyana Komunikasindo. 66 Nuryadi, Tutut, dkk. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media. citation: Pangestu, Anggi Dina dan Hidayat, Mirza Nur (2021) Pengaruh Pemberian Reward Pada Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA At Taqwa. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25062/1/ANGGI%20DINA.pdf