eprintid: 25057 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/57 datestamp: 2023-07-10 09:04:31 lastmod: 2023-07-10 09:04:31 status_changed: 2023-07-10 09:04:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Siti creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian berikut bertujuan mengetahui (1) Pemanfaatan LKPD dalam mata pelajaran biologi kelas X dan (2) seberapa besar efektivitas pemanfaatan LKPD. Metode penelitian yaitu quasi eksperimen berdesign One group pre-test post-test design. Populasi penelitian berikut merupakan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 23 Jakarta tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 174 siswa. Teknik sampel penelitian yakni Purposive Sampling berupa kelas eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian yakni kelas X IPA 1 merupakan kelas kontrol serta kelas X IPA 2 merupakan kelas eksperimen. Instrumen berbentuk soal pilihan ganda (PG) mengenai ekosistem yang berjumlah 25 soal. Uji coba instrument diberikan di kelas XI IPA 1 pada 30 siswa, dengan subjek siswa yang sudah mempelajari mengenai ekosistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas LKPD berpengaruh terhadap pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 23 Jakarta. Terlihat pada uji hipotesis dengan nilai signifikansi sebesar 0,047 < α (0,05) maka H0 ditolak atau terdapat perbedaan pada nilai pre test dan post test date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alisman. (2014). Analisis Efektifitas dan Efisiensi Manajemen keuangan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik Indonesia, 1(2), 48–54. Almuntasheri, S., Gillies, R. M., & Wright T. (2016). The Effectiveness of a Guided Inquiry-based, Teachers’ Professional Development Programme on Saudi Students’ Understanding of Density. Science Education International, 27(1), 16–39. Amalia, E., & Ibrahim, I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Fiqih dengan Mengunakan Metode Demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Penggage-Muba. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(1), 98–107. https://doi.org/10.19109/jip.v3i1.1380 Arifin. (2011). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Alfabeta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT.Rineka Cipta. Arikunto, Suharismi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Asdaniar, Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Peta Konsep Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMPN 1 Awangpone. Jurnal Bionature, 17(2), 102– 81 106. https://ojs.unm.ac.id/bionature/article/view/2839 Baroh. (2010). Efektivitas Metode Simulasi Pada Materi Peluang Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Semarang. Jurnal UIN Sunan Ampel Surabaya, 3(1), 14–25. Barthlow, M. . (2011). The Effectivenes of Process Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conceptions in Secondary Chemistry. Liberty University. BNSP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Departemen Pendidikan Nasional. Creswell, J. . (2008). Educational Research : Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Singapore: Pearson Merrill Prentice Hall. Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga. Darmojo, H., & Kaligis, J. R. E. (1993). Pendidikan IPA 2. Jakarta:Depdikbud. Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gavamedia. Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara. Ekawati, T. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Mts Aulia Cendekia Palembang. UIN Raden Fatah Palembang. Falahudin, I., Wigati, I., & Pujiastuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran 82 Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan Di Smp Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi, 2(2), 92. FitzGerald, L. (2021). The twin purposes of Guided Inquiry: Guiding student inquiry and evidencebased practice. IASL Annual Conference Proceedings, October, 1–18. https://doi.org/10.29173/iasl7721 Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Jurnal Sainsmat, V(1), 42–57. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Hotmauli, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Weblog Pada Materi Pteridophyta Untuk Peserta Didik Kelas X Sma. Sifonoforos. Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Pustaka Belajar. Husein, U. (2013). Metodologi Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT. Gramedia Pustaka. Ida, F., Rustiyarso, & Okianna. (2013). Analisis Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pemebelajaran, 2(10), 1–9. Kaniawati. (2010). Peningkatan profesionalisme guru melalui lesson studyi. 83 Jatinagor. http://cissl.scils.rutgers.edu/guided inquiry/introduction.html Komalasari, K. (2013). Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2007). Guided Inquiry:Learning in 21st Century School. Greenwood Publishing Group. Kusdiastuti, M., Harjono, A., Gunawan, & Nisya, M. (2019). Respon Guru dan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Dipadu Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 1–9. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78 Lee, T. J., Kamarudin, N., Talib, O., & Hassan, A. (2017). How Does Inquiry-Based Instruction Affect Learning in a Secondary School Science Class?. In Empowering 21st Century Learners Through Holistic and Enterprising Learning. Springer. Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Padang: Akademia. Lijan, P. S. (2008). Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Mahardika, C., & Siswoyo, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Komponen Ekosistem (KOKOSIS) untuk Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 39–50. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.184 84 Masruri. (2014). Analisis Efektivitas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) (Studi Kasus Pada Kecamatan Bunyu Kabupaten Bulungan tahun 2010). Journal of Governance and Public Policy, 1(1), 53–76. https://repository.unja.ac.id/634/ Mooed, A. (2015). Science investigation: Student views about learning, motivation and assessment. Springer. Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8. Nurfausiah, & Suhardiman. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(1), 34–42. Nurhasnawati. (2011). Media Pembelajaran. Pusaka Riau. Oemar, H. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Olibie, E. I., & Ezeoba, K. O. (2014). Ability and Location Differences in the Effects of Guided Inquiry on Nigerian Students’ Achievement in Social Studies Curriculum. Journal of Education and Human Development, 3(4), 335–344. https://doi.org/10.15640/jehd.v3n4a30 Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. 85 Pratiwi, C. O., Sujana, A., & Jayadinata, A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Viii.1. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 100–104. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.100-104 Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Remaja Rosdakarya. Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Diva Press. Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. Rustaman. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Salwan, S., & Rahmatan, H. (2018). Pengaruh Lkpd Berbasis Discovery Learningterhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 25–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9812 Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta. Strom, R. (2012). Using guided inquiry to improve process skills and content knowledge in primary science. Suarja, Z. A. (2014). Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran Materi Virus untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal-Bio Natural, 1(1), 33–54. Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsito. 86 Sudjana, D. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Falah Produktion. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Alfabet. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Ke-17). Alfabeta. Suid, A., Yusuf, N., & Urhayati. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Gerak Dan Gaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 16 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 73–83. Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Rineka Cipta. Sutikno, Y. A. . (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e (Lc 5e) Dalam Meningkatkan Minat Dan Penguasaan Konsep Asam-Basa Arrhenius. Universitas Lampung. Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group. Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. 87 Triwibowo, C., & Pusphandani, M. E. (2015). Pengantar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika. Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Staff.Uny.Ac.Id/System/Files/Pengabdian/Endang.../Kualitas-Lks.Pdf. Windiastuti, E. P., Suyono, S., & Kuntjoro, S. (2018). Development Of The Guided Inquiry Student Worksheet For Biology Grade 11th Senior High School. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 7(2), 1513–1518. https://doi.org/10.26740/jpps.v7n2.p1513-1518 Yuberti, & Saregar, A. (2017). Pengantar Metode Saregarlogi PenelitianPendidikan Matematika dan Sains. Bandar Lampung: AURA citation: Lestari, Siti dan Murwitaningsih, Susanti (2022) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 23 JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25057/1/Siti%20Lestari.pdf