%X Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan dorongan belajar siswa masih rendah dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap pembelajaran biologi di masa new normal. Metode penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dan sampel yang digunakan adalah 36 siswa kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen) dan 33 siswa kelas X MIPA 2 (kelas kontrol). Hipotesa penelitian ini yaitu pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap pembelajaran biologi. Teknik pengambilan data adalah pretest, posttest, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes awal (pretest) kelas eksperimen sebesar 86,85 dan kelas kontrol sebesar 69,19 sedangkan hasil tes akhir (posttest) kelas eksperimen sebesar 87,69 dan kelas kontrol sebesar 78,99. Hasil penelitian didukung oleh uji hipotesis t’ yang memperoleh thitung -3,16 < ttabel 1,99 (kelas eksperimen) dan thitung -3,16 < ttabel 2,00 (kelas kontrol). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran blended learning terhadap pembelajaran biologi dalam materi plantae. Terdapat juga hasil respon siswa 86,34 siswa setuju dan 13,66 siswa tidak setuju terhadap blended learning. %A Salsabila Salsabila %A Rosi Feirina Ritonga %L repository25055 %D 2022 %T PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MASA NEW NORMAL %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka