eprintid: 25052 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/52 datestamp: 2023-07-10 09:04:20 lastmod: 2023-07-10 09:04:20 status_changed: 2023-07-10 09:04:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Dewi, Rani Alvama creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Analisis Persiapan dan Pemahaman Peserta Didik Terkait Penggunaan Laboratorium Biologi Di Masa Pandemi Di SMA Muhammaiyah 23 Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk melihat kesiapan dan pemahaman peserta didik terhadap penggunaan Laboratorium kepada peserta didik XI MIPA 1 SMA MUHAMMADIYAH 23 Jakarta tahun ajaran 2022/23. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantutatif deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu Sampling Claster Random. Pada uji validitas menggunakan Product Moment sebanyak 40 butir soal pilihan ganda dengan 39 butir soal valid dan 1 butir soal drop. Sedangkan uji realibitas menggunkan Cronbach Alfa dengan koefisien 0,90 dengan interprestasi sangat realiabel. Pada butir soal tersebut diperkuat dengan faktor menggunakan angket sebanyak 9 butir dengan hasil valid. Sedangkan uji realibilitas 0,28 dengan interprestasi rendah. Pada hasil tersebut mendapatkan nilai rata-rata 81,5% peserta didik siap dalam menggunakan Laboratorium seperti kesiapan dalam kelengkapan, peraturan serta etika dalam Laboratorium, dan penggunaan serta menyimpanan alat Laboratorium. Sebanyak 83% peserta didik memahami penggunaan Laboratorium. Seperti memahami fungsi alat dan Laboratorium. Memahami nama alat dan simbol Laboratorium. Serta mengetahui ciri-ciri alat Laboratorium. Pada hasil instrument angket mendapatkan 65% hasil dari fakor kesiapan dan pemahaman penggunaaan Laboratorium. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adisendjaja, Y. H. (2014). Keselamatan dan keamanan laboratorium. 1–23. Arikunto. (2014). PROSEDUR PENELITIAN suatu pendekatan praktik (cer 15). Rineka Cipta. Basuki, K. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. In ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Vol. 53, Issue 9). Carin, A. A. (1970). Teaching science through discovery 2nd ed. In 2nd ed. Charles. Cholid Narbuko dan Abu Achmadi. (2016). Metodologi Penelitian, Teori Metodologi Penelitian. 107. Dasar, P. (2007). Manajemen laboratorium. 1–15. Fafilah, N. (2019). pengaruh presespsi siswa tentang ketersediaan pemanfaatan fasilitas laboratorium IPA-BIOLOGI siswa kelas VIII MTs Negeri Kendal 1 Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015. Freedman. (1997). No Title. 353. G.Mayer Siagian BE. (1982). Pedoman Pengelolaan Laboratorium Kimia, Fisika&Biologi SMTP&SMTA. In Purnama MHA. Tedja (Ed.), Pedoman Pengelolaan Laboratorium Kimia, Fisika&Biologi SMTP&SMTA (1982nd ed., p. 100). Angguta Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Juvitasari, P. M., Melati, H. A., & Lestari, I. (2018). Deskripsi Pengetahuan Alat Praktikum Kimia Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa MAN 1 Pontianak. 50 Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1–13. Kertiasih, N. L. P. (2016). Peranan Laboratorium Pendidikan Untuk Menunjang Proses Perkuliahan Keperawatan Gigi Poltekkes Denpasar. In Jurnal Kesehatan Gigi (Vol. 4, Issue 2, pp. 59–66). Moleong, L. J. P. D. M. A. (2000). (2000). Pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa di SMA Pasundan 3 Bandung. Metode Penelitian, 1(2006), 34–45. Ngalim Purwanto, M. (2001). Prinsip-prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman (ed.); ed. cetaka). PT. Remaja Rosda Karya. Rahayu, K. S. (2015). Kesiapan Laboratorium Kimia dalam Mendukung Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMA Negeri Se- Kabupaten Jepara. Skripsi. Rahmiyati, S. (2008). Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium Di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 11(1), 88–100. Rustaman, N., & Riyanto, A. (2003). Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Handout Program Applied Approach Bagi Dosen Baru Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 13–25. Rustaman, N. Y. (2007). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR BIOLOGI. Indonesia- Press. : Jakarta., 2007. Sangi, M. S., & Tanauma, A. (2018). Keselamatan Dan Keamanan Laboratorium IPA. Jurnal MIPA, 7(1), 20. setyosari P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan (edisi keem). PRENADAMEDIA GROUP. Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. 51 Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya / Slameto (Ed. revisi). Rineka Citpta. Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (Ed. 19). ALFABETA,CV. widi, R. K. (2010). Asas metodologi penelitian: Sebuah pengenalan dan penuntun langkah demi langkah pelaksanaan penelitian (Ed.1; Cet.). Graha ilmu citation: Dewi, Rani Alvama dan Safahi, Luthpi (2022) Analisis Persiapan dan Pemahaman Peserta Didik Terkait Penggunaan Laboratorium Biologi Di Masa Pandemi Di SMA Muhammaiyah 23 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25052/1/Rani%20Alvama%20Dewi%20.pdf