eprintid: 25051 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/51 datestamp: 2023-07-10 09:04:18 lastmod: 2023-07-10 09:04:18 status_changed: 2023-07-10 09:04:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amira, Qidsy creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Hubungan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan indikator keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMAN 15 Kota Bekasi pada tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 6 kelas dengan total sebanyak 396 siswa, pada bulan September hingga November 2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah sebanyak 30 butir soal, serta angket sejumlah 24 butir pernyataan pada materi ekosistem. Kemampuan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata keterampilan proses sains yaitu 62,10 dan nilai rata-rata sikap ilmiah yaitu 85,93. Hasil penelitian menunjukkan kedua variabel memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.85 > 0.005 maka tidak terdapat hubungan keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah. date: 2022-01-28 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Almuslim, J. P., Studi, P., Biologi, P., & Almuslim, U. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETERAMPILAN PADA SUB MATERI SCHIZOPHYTA DAN THALLOPHYTA. V(1), 1–10. Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian. PT Rineka Cipta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Rineka Cipta. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57 Guswita, S. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Bagi Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN INTAN LAMPUNG. Hamadi, A. A. L. (2018). Pemahaman Guru Terhadap Keterampilan Proses Sains (Kps) Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Ipa Smp Di Salatiga. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 42. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.935 68 Liliasari, & Tanwil, M. (2014). Keterampilan- Katerampilan Sains dan Implementasi dalam Pembelajaran IPA. Universitas Negeri Makassar. Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains ( KPS ) Siswa SMA di Kota Bandung. 1(1), 39–43. Malasari, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Yp Unila Bandar Lampung Skripsi. file:///C:/Users/User/Downloads/fvm939e.pdf Mariana, I. M. A., & Praginda, W. (2009). Hakikat IPA dan Pendidikan IPA (1st ed.). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). Mukhopadhyay, S. (2018). Botswana primary schools teachers ’ perception of inclusion of learners with special educational needs. January 2014. https://doi.org/10.1111/j.1471-3802.2012.01269.x Murni, M. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa dan Rancangan Pembelajaran Untuk Melatihkannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 118. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4460 Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324 Novianti, R. (2019). 3010-Article Text-7817-2-10-20190121. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20. 69 Purwanto, M. N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya. Putra, D. S., Lumbantoruan, A., Samosir, S. C., Fisika, J. P., & Jambi, U. (2019). KETERTARIKAN MEMPERBANYAK WAKTU BELAJAR FISIKA DAN KETERTARIKAN BERKARIR DI BIDANG FISIKA. 8(2), 91–100. Rahayu, A. H., & Anggraeni, P. (2017). Analisis Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Sumedang. 5(2), 22–33. Ruswanti. (2021). Jenis-Jenis Ekosistem: Ekosistem Air, Ekosistem Darat, dan Ekosistem Buatan Beserta Penjelasannya. Haria Haluan. https://www.harianhaluan.com/pendidikan/pr-101267117/jenis-jenis-ekosistem-ekosistem-air-ekosistem-darat-dan-ekosistem-buatan-beserta-penjelasannya Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa Dengan Konsep Hakikat Sains Dalam Pelaksanaan Percobaan Pada Pembelajaran Ipa Di Sdn Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13, 70–80. Solichin, M. (2017). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. 2, 192–213. Sudargo, F., & Asiah S, S. (2010). Kemampuan Pedagogik Calon Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA, 15, 4–12. 70 Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. PT Bumi Aksara. Tursinawati. (2013). Analisis Kemunculan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pionir, 1(1), 67–84. Ulfa, S. W. (2018). Jurnal Biolokus Jurnal Biolokus. 1(1), 1–10. https://doi.org/2621-3702 YUSANDARU, G. (2021). HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Manonjaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020. Alfabeta. http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3439 citation: Amira, Qidsy dan Safahi, Luthpi (2022) Hubungan Keterampilan Proses Sains (KPS) Dengan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25051/1/QIDSY%20AMIRA.pdf