eprintid: 25050 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/50 datestamp: 2023-07-10 09:04:16 lastmod: 2023-07-10 09:04:16 status_changed: 2023-07-10 09:04:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggana, Prima creators_name: Elvianasti, Mega creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Analisis Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak DKI Jakarta ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak di DKI Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah penggerak DKI Jakarta pada bulan Maret hingga Juni 2022. Populasi pada penelitian ini adalah 11 Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta yang dijadikan sekolah penggerak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang terpilih pada penelitian ini sesuai dengan kesediaan responden berdasarkan populasi yaitu SMAN 86 Jakarta, SMAN 50 Jakarta, SMAN 109 Jakarta, SMAN 71 Jakarta, SMAN 21 Jakarta. Instrumen yang digunakan adalah wawancara terbuka dan angket dengan indikator penerapan kurikulum merdeka, keterampilan abad 21, kearifan lokal/etnosains, penerapan strategi pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek. Teknik analisis data menggunakan skala guttman dan pendekatan naratif serta berbantuan aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan 96,66% guru telah menerapkan dan memahami kurikulum merdeka, pengintegrasian tema kearifan lokal dihasilkan 62%, keterampilan abad 21 95% guru telah memahami dan mampu meningkatkan keterampilan abad 21, pemahaman bahwa strategi pembelajaran guru pada kurikulum merdeka memiliki hasil 40%, penerapan pembelajaran berbasis proyek sudah 73,33%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru vi terhadap perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menuju kurikulum merdeka sudah memahami dengan baik hanya saja untuk pengintegrasian kearifan lokal kedalam pembelajaran guru masih belum mampu. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adam, K., & Steffi, D. (2015). Metode Analisis Deskriptif. Jurnal Metode Ilmliah, 2(3), 12. Adinugraha, F. (2018). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Ecopreneurship. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 219–233. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2233 Adinugraha, F., Ponto, A. I., & RM Munthe, T. (2020). Potensi Kebudayaan Betawi Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Dalam Pembelajaran Biologi. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 55. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1625 Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 39–43. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2269 Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2021). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230 Annafi, N., & Agustina, S. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PBL ) Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Calon Pendidik yang Berbudaya Development of Learning Model Project Based Learning ( PBL ) Based on Local Wisdom to Prepare Cultured Educator Candid. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 1–10. 103 Ardiansyah, R., Diella, D., & Suhendi, H. Y. (2020). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Abad 21 Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis STEM Bagi Guru IPA. Publikasi Pendidikan, 10(1), 31. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.12172 Azhar. (1967). Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Dari Klasik Ke Modern. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 13(April), 15–38. Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan. (2022). Kebijakan_Kurikulum_Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi. Budi Wiyono, B. (2018). The Influence of School-Based Curriculum on the Learning Process and Studentsr Achievement. 269(CoEMA), 140–146. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.35 Dasar, J. P., & Covid-, P. M. P. (n.d.). O n d a t i a. 6, 62–75. Diliarosta, S., & Firda, A. (2021). Pengetahuan Etnosains Guru Biologi di SMA Negeri Kota Pekanbaru. 4(2), 186–194. Dini, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. 8(1), 143–158. Dr. Vladimir, V. F., Agus, A., Setyono, B., Sunu Astuti, R., Hidayat Sardini, N., Chaerunisyah, A., … Sudiarawan, K. A. (2021). 深度学习的睡眠脑电特征波检测 * 李小俚 1) † 王枫 2) 黄朝阳 3) 斯白露 4). Jurnal Mercatoria, 1(1), 174–200. Retrieved from http://www.abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/376%0Ahtt 104 ps://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html%0Ahttps://embiss.com/index.php/embiss/article/view/68 Ellya Novera, Daharnis, Yeni Erita, A. F. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356. Fasasi, R. A. (2017). Effects of ethnoscience instruction, school location, and parental educational status on learners’ attitude towards science. International Journal of Science Education, 39(5), 548–564. https://doi.org/10.1080/09500693.2017.1296599 Firdaus, F. M., & Badriyah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Budaya Betawi untuk Meningkatkan Logical Intelligence Siswa SD Islam Taman Qur’aniyah Jakarta Selatan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 95. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2727 Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609 Harlenda, M. R. (2016). Sejarah Dan Enkulturasi Musik Gambang Kromong Di Perkampungan Budaya Betawi. Jurnal Seni Musik, 5(1), 22–30. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/11146 Hartoyo, D. R. dan A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. Retrieved from https;//jbasic.org/index.php/basicedu Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 105 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268. Hattarina, S., & Marga, U. P. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. 1, 181–192. Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628 Jeklin, A. (2016). 済無No Title No Title No Title. (July), 1–23. Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 ( Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan ). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161. Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076 Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). OPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU MTs MASSARATUL MUT ’ ALLIMIN BANTE N Pendahuluan meliputi : berpikir kritis dan pemecahan masalah , kreativitas dan inovasi , komunikasi dan. 16(1), 63–72. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Program Sekolah Penggerak (PSP). Faq, 1–23. Khabib Bastari. (2021). 430-Article Text-1628-1-10-20210830. Inovasi Riset 106 Akademik, Vol.1(1), 68–77. Khoiri, A., & Sunarno, W. (2018). Pendekatan Etnosains Dalam Tinjauan Fisafat. SPEKTRA : Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 4(2), 145. https://doi.org/10.32699/spektra.v4i2.55 Kontas, H. (2016). The Effect of Manipulatives on Mathematics Achievement and Attitudes of Secondary School Students. Journal of Education and Learning, 5(3), 10. https://doi.org/10.5539/jel.v5n3p10 Lawe, Y. U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(1), 26. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13803 Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185–1196. Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN Ningsih, A. A. W. (2022). Dialektika Pendidik Dan Perubahan Kurikulum Di Masa Pandemi. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 21(2), 367–384. Ningtyas, M. (20014). Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 32–41. Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 2, 160. 107 Nuralita, A. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran berbasis Etnosains dalam Pembelajaran Tematik SD. 8, 1–8. Nurdyansah, F. T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Obtiaiyah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 929–930. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/1610 Nursyifa, A. (2018). Kajian Cultural Lag Dalam Kehidupan Masyarakat Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1. https://doi.org/10.32493/jpkn.v5i1.y2018.p1-24 Oksari, A. A., Susanty, D., Wardhani, G., & ... (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Biologi Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Studi Guru Dan …, 5(1), 78–85. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/1556 Pahlevy, A. R., Dewi, N. K., & Alimah, S. (2022). Analysis o f Teachers ’ Perceptions on the Values of Local Wisdom in the Implementation of Biology Learning. Journal of Innovative Science Education, 11(37), 243–248. Paramita, S. (2018). Pergeseran Makna Budaya Ondel-Ondel Pada. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 133–138. Pardomuan M J N Pardomuan. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067 Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas 108 Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 0(0), 228–236. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1069 Pengetahuan, D. A. N. (2017). Otang Kurniaman , Eddy Noviana Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau PENDAHULUAN Kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah bagi pihak-pihak yang terkait , baik secara langsung maupun t. 6, 389–396. Program Sekolah Penggerak 2021. (2021). Provinsi, D. I., & Jakarta, D. K. I. (2021). GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan (Vol XII no 2 Juli 2021) eissn: 25806416 pISSN: 23016671. XII(2), 49–62. Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426 Rahayu, E. Y., Nurjati, N., & Khabib, S. (2022). Kesiapan Profesionalisme Guru Bahasa Inggris SMK Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. “Menuju Indonesia Bangkit Dan Tangguh Melalui Riset Dan Pengabdian Berbasis Teknologi” Kesiapan, (April), 1473–1484. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. 109 Ramdiah, S., Mayasari, R., Husamah, & Fauzi, A. (2018). The effect of TPS and PBL learning models to the analytical ability of students in biology classroom. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 19(2). Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). Rifai, S. S., Uswatun, D. A., & Nurasiah, I. (2019). Model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik di kelas tinggi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 127. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.874 Saffina, A. D., Muzaki, F. F., & Simatupang, M. Z. (2020). Perubahan Kurikulum di Awal Era Reformasi (2004-2006) dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(1), 52–62. https://doi.org/10.31540/sindang.v2i1.621 Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.741 SE-IKM-Secara-Mandiri-Cap.pdf. (n.d.). Setiawan, A. R. (2019). Penggunaan Naḍom Mabādī ‘Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. (Ip2b Iii), 158–164. https://doi.org/10.31227/osf.io/mucwp Sosietas, M. R. (2020). Pengembangan Pembelajaran Sosiologi Berbasis Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Ciptagelar. Sosietas, 10(1), 825–833. 110 Studi, P., Ilmu, T., Alam, P., & Setiawan, A. R. (2019). Thabiea : Journal of Natural Science Teaching Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 02(02), 83–94. Retrieved from http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Thabiea Suhartono, O. (2021). Kebijakan merdeka belajar dalam pelaksanaan pendidikan di masa pandemi covid-19. Ar-Rosikhun, 1(1), 8–19. Retrieved from https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/alrosikhuun/index%0AP Sulasdi, W. N. (2015). Multidisiplin, Interdisiplin, dan Transdisiplin. 2, 2020. Retrieved from https://www.uruqulnadhif.com/2015/05/multidisiplin-interdisiplin-dan.html Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). Analysis Kemampuan Kognitif dan Berfikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Berpendekatan STEM [The Analysis of Cognitive and Creative Thinking Skill Through The Use of STEM Project Based Learning Model]. Jurnal Pembelajaran Kimia OJS, 4(1), 18–30. Retrieved from http://dx.doi.org/10.17977/um026v4i12019p018 Suprapto, N. S. (2019). ISSN 2615-3939 IAIN Kudus http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357 Taufiqurrahman, T., & Junaidi, J. (2021). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project- 111 Based Learning) untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 02(02). Vendiktama, P. R., Irawati, M. H., & Suarsini, E. (2017). Pengembangan modul biologi bermuatan konsep 6m dan etika lingkungan berbasis model project-based learning (PjBL) untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 178–183. VOINEA, L. (2018). Formative Assessment As Assessment for Learning Development. Revista de Pedagogie - Journal of Pedagogy, LXVI(1), 7–23. https://doi.org/10.26755/revped/2018.1/7 Wayan Rati, N., Kusmaryatni, N., Rediani, N., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 60–71. Wrahatnolo, T., & Munoto. (2018). 21St Centuries Skill Implication on Educational System. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 296(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/296/1/012036 Zamili, U. (2020). PENDAHULUAN Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia . Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut juga menyebabkan terjadinya perkembangan dalam k. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 6, 311–318. Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, (October), 1–19. 112 Zubaidah, S., & Arsih, F. (2021). Indonesian culture as a means to study science. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043173 citation: Anggana, Prima dan Elvianasti, Mega (2022) Analisis Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak DKI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25050/1/Prima%20Anggana.pdf