eprintid: 25047 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/47 datestamp: 2023-07-10 09:04:11 lastmod: 2023-07-10 09:04:11 status_changed: 2023-07-10 09:04:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Novia Heza creators_name: Elvianasti, Mega creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Kurikulum merdeka memiliki 7 tema utama penguatan profil pelajar pancasila, salah satunya yakni kearifan lokal. Tema kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran dengan suatu pendekatan yakni etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook bermuatan etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan pada pengembangan media dinyatakan sangat valid oleh ahli media dan materi dengan presentase 91,30%. Sedangkan uji kelayakan yang dilakukan oleh responden dinyatakan sangat valid pula dengan besar presentase sebesar 87,63%. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akmal, A. U. (2020). Analisis Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SekolahDasarKota Padang dan Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4, 68–77. Aza Nuralita. (2020). Analisis penerapan model Pembelajaran berbasis etnosains dalam pembelajaran tematik SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(1), 1–8. Azizah, S. N. (2021). Kajian Etnosains Pada Potensi Penggunaan Saliva untuk Penyembuhan Luka Ringan di Lampung. Al-Hayat: Journal of Biology and Applied Biology, 4, 43–54. Fiteriani, I. (2021). Media Poster dengan Pendekatan Etnosains: Pengembangan Bahan Ajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4, 540–554. Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79. https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608 Mukti, I. N. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 137–149. Ningsih, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Dengan Pendekatan Etnosains Pada Pembelajaran IPA. 1–76. Pertiwi, U. D. (2019). UPAYA MENINGKATKAN LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOSAINS. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 02, 120–124. Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426 Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2017). ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT UKUR DAN PENGUKURAN DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK. Momentum: Physisc Education Journal, 1, 91–102. Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK PADA MATERI GERAK BENDA DI SMP. 6, 326–332. Rikizaputra. (2021). Pengetahuan Etnosains Guru Biologi di SMA Negeri Kota Pekanbaru. Journal of Natural Science and Integration, 4, 186–194. 88 Safrina, A., & Suryanti. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Energi Kalor Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09(7), 2752–2765. Sakhowati, Khotimah, K., & Putra, I. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOKDI SMA PGRI 1 KELAS XI IPA 1 MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE. EDUSCOPE, 06, 46–52. Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 103–114. citation: Lestari, Novia Heza dan Elvianasti, Mega (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25047/1/Novia%20Heza%20Lestari.pdf