eprintid: 25046 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/46 datestamp: 2023-07-10 09:04:09 lastmod: 2023-07-10 09:04:09 status_changed: 2023-07-10 09:04:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pratiwi, Niluh Sonia creators_name: Ritonga, Rosi Feirina title: META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis dan sintesis artikel ilmiah tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif observasional. Sempel dari penelitian ini yaitu artikel publikasi ilmiah. Berdasarkan meta-analisis yang dilakukan didapatkan hasil yaitu: pertama, Summary effect size pengaruh model PBL terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi yaitu 12,315 dalam kategori berpengaruh tinggi. Artikel yang dianalisis memiliki effect size yang bervariasi yaitu effect size tertinggi pada kode artikel 14S sedangkan pada kode 13S memiliki nilai effect size yang terkecil. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggraini, W. N., Purwanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 55. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2864 Aprianiwati, R., Susanti, T., Nuraida, N., Negeri, S., Jambi, M., Kemiri, J. R., Pudak, R., Ulu, K., Islam Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U., Lintas Jambi -Muara Bulian, J. K., Sei Duren, S., & Luar Kota, J. (2020). Instrumen Asesmen Bagi Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Biologi Berbasis Pbl (Problem Based Learning). Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi (Agustus), 10(2), 25–32. Astuti, T. A., Nurhayati, N., Ristanto, R. H., & Rusdi, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Biologi Pada Aspek Kognitif: Sebuah Meta-Analisis. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 67–74. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i2.473 Asyhari, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Metakognitif. Journal Of Biology Education, 1(2), 165. https://doi.org/10.21043/jobe.v1i2.4111 Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. S. (2018). Peran PBL dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 114. https://doi.org/10.35580/sainsmat7273642018 Diana, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Metode Scafolding Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Directed Learning Peserta Didik Biologi Kelas X Sma. 388–406. Elvianasti1, M., Festiyed2, Asrizal3, Desnita4, & Ritonga, R. F. (2022). Jurnal Kependidikan: Effect Size of Blended Learning Model in Improving Students’ Science Competence, 8(1), 162–169. Hayat, M. S. (2018). Hakikat Sains dan Inkuiri. 2008, 1–21. https://doi.org/10.31227/osf.io/3zy85 Herlina, M., Syahfitri, J., Oktariani, Y., & Bengkulu, U. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Biologi. 0417(1), 46–53. Ilhamdi, M. L., Santoso, D., & Astuti, S. P. (2020). Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Mata Pelajaran Lintas Minat. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 135. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1699 83 Jargalsaikhan, B. E., Ganbaatar, N., Urtnasan, M., Uranbileg, N., Begzsuren, D., Patil, K. R., Mahajan, U. B., Unger, B. S., Goyal, S. N., Belemkar, S., Surana, S. J., Ojha, S., Patil, C. R., Mansouri, M. T., Hemmati, A. A., Naghizadeh, B., Mard, S. A., Rezaie, A., Ghorbanzadeh, B., … Yuanita, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Molecules, 5(1), 31–38. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPPP/article/download/83/65%0A http://www.embase.com/search/results?subaction=viewrecord&from=export&id=L6035 46864%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1155/2015/420723%0Ahttp://link.springer.com/10.1007 /978-3-319-76 Lestari, D. A., Ariyanto, J., & Harlita, H. (2020). Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Problem-Based Learning Dan Numbered Heads Together Berbasis Student Created Case Studies. Edusains, 12(1), 9–19. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12291 Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 299– 306. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5728 Mansyur, & Iskandar, A. (2017). Meta Analisis Karya Ilmiah Mahasiswa Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Jurnal Scientific Pinisi, 3(April), 72–79. Mardiyanti, H. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIPA-2. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.29303/jcar.v2i1.395 Meilasari, S., M, D., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. Meylani, V., Kuswarini, P., & Nurhidayah. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Dibantu Fishbone Diagram Terhadap Keterampilan Proses Sains Biologi Peserta Didik di SMA Negeri 1 Karangnunggal. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 3(2), 11–18. Mulyani, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Pernapasan Melalui Model Problem Based Learning Bagi Peserta Didik Kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, 29(2), 143–150. https://doi.org/10.32585/jp.v29i2.750 Nugroho, L. A., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran 84 Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Ekologi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/117900 Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921 Retnawati, H., Apino, E., Kartianom, Djidu, H., & Anazifa, R. D. (2018). Pengantar Meta Analisis.pdf. Pengantar Analisis Meta, 208. Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114–121. Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-Penelitian Di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 14(Effect Size), 17. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/9419 Simatupang, H., & Ionita, F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1), 245. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.680 Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927 Supiadi & Julung. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183. Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60–64. http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/8183 Wardianti, Y., Fitriani, L., & Astuti, W. E. (2019). Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa antara Model Problem Based Learning dengan Model Inquiry Learning. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 33–39. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.674 Yuliana, Z. Z. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekskresi Manusia Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Jangka Buya. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.47647/jsh.v3i1.240 citation: Pratiwi, Niluh Sonia dan Ritonga, Rosi Feirina (2022) META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25046/1/NILUH%20SONIA%20PRATIWI.pdf