%X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis dan sintesis artikel ilmiah tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif observasional. Sempel dari penelitian ini yaitu artikel publikasi ilmiah. Berdasarkan meta-analisis yang dilakukan didapatkan hasil yaitu: pertama, Summary effect size pengaruh model PBL terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi yaitu 12,315 dalam kategori berpengaruh tinggi. Artikel yang dianalisis memiliki effect size yang bervariasi yaitu effect size tertinggi pada kode artikel 14S sedangkan pada kode 13S memiliki nilai effect size yang terkecil. %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %A Niluh Sonia Pratiwi %A Rosi Feirina Ritonga %T META-ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI %L repository25046 %D 2022