eprintid: 25042 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/42 datestamp: 2023-07-10 09:03:29 lastmod: 2023-07-10 09:03:29 status_changed: 2023-07-10 09:03:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Jannah, Miftachul creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi Siswa SMA Negeri 13 Kota Tangerang hubungannya dengan sikap ilmiah. Jenis penelitian ini bersifat kolerasional dengan populasi penelitian kelas XII MIPA SMA Negeri 13 Kota Tangerang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan hasil belajar atau nilai semester 1 dan angket. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif rata-rata nilai sikap ilmiah siswa SMAN 13 Kota Tangerang yaitu 86,51, varians dari sikap ilmiah sebesar 22,19. Berdasarkan hasil angket tertinggi yaitu 99 dan nilai terendah yaitu 80. Dari tabel distribusi frekuensi sikap ilmiah siswa dengan nilai sangat rendah sebesar 9%, dengan nilai rendah sebesar 40%, nilai sedang sebesar 34%, nilai tinggi sebesar 14% dan sangat tinggi sebesar 3%. Berdasarkan perhitungan analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa SMAN 13 Kota Tangerang yaitu 82,34, varians dari hasil belajar yaitu 4.75. Berdasarkan hasil belajar nilai semester XII MIPA 1, tertinggi yaitu 91 dan nilai terendah yaitu 70. Sedangkan nilai semester XII MIPA 2, nilai tertinggi yaitu 88 dan nilai terendah yaitu 70. Dari tabel distribusi frekuensi hasil belajar siswa SMAN 13 Kota Tangerang untuk kategori sangat rendah, rendah, dan sedang sebesar 54%. Sedangkan siswa yang memiliki hasil belajar tinggi sebesar 17%, dan sangat tinggi sebesar 3%. Pada pengujian korelasi sikap ilmiah dengan hasil belajar didapat nilai sebesar 0,367 atau bernilai tinggi dan positif. Dan koefisien determinasi didapat sebesar 36.8%. Hasil uji signifikansi yang didapat berdasarkan perhitungan uji t (t hitung), didapat nilai sebesar 4.446 dan t tabel dengan derajat koefisien 35 sebesar 1.690. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara sikap ilmiah dengan hasil belajar Biologi siswa SMAN 13 Kota Tangerang. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anwar, Herson (2009). Penilaian Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu. 2(5). Hlm. 103-114 Sudjana, Nana. (2006). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Sugiyono, Prof. Dr. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta Dimyati dan Mujiono. (2009). Belajar dan pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta. Syah, Muhibbin. (2010), Psikologi Pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Djamarah, S.B. (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta. Astuti, R., Sunarno, W., dan Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Ekperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Gunada, I. W., Sahidu, H., dan Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 1(1), 38-46. Irianto, Agus. (2013). Statistik Konsep Dasar Aplikasi dan Penerapannya. Jakarta Mudzakar, Ahmad dan Jiko Sutrisno. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Setia. Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning. Jakarta. 67 Azmi, M., Rahayu, S., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen dan Diskusi Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIPA SMA N 1 Mataram. Salule, B. (2017). Hubungan antara Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Logis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kimia. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Razak, F. & Kamaruddin, R. (2018). Pengaruh Sikap Ilmiah Siswa terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Ruang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Minasatene . Jurnal “Mosharafa”, Volume 7, Nomor 1, Januari 2018 EIssn: 2527-8827. Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Astuti, D, A, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBL) Pada Mata Kuliah Filsafat Sains. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro Vol 4(2): 71-75. Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal inkuiri vol 1(1): 52 – 59. Ameliah, H, I., Munawaroh, M & Muchyidin, A. (2016). Pengaruh Keingintahuan Dan Rasa Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VII MTs Negeri I Kota Cirebon. Jurnal Edu Ma Vol 5(1): 10-21. 68 Bugin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Koomunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Chania, Y., Haviz, M., Sasmita, D. (2016). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8 (1): 77-84 Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta. Damanik, P., D & Bukit, N. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) Dan Direct Instruction (DI). Jurnal Pendidikan Fisikavol 2 (1): 19-35. Ekan, W, N., Partadjaja, R,T & Renda, T, N. (2013). Kontribusi Sikap Ilmiah Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Banyuasri Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Artikel Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Fitria, Susi. Wawancara tanggal 20 maret 2017 tentang sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran IPA Fuziah, Y., Nursal & Ichi S. (2013). Analisis Sikap Ilmiah Mahasiswa Biologi Pada Pelaksanaan Perkuliahan Ekologi Tumbuhan Tahun Akademis 2012/2013. Jurnal Biogenesis Vol 10, No (1): 11-23. Fitriawan, Dona., Gordah, K. E., & Dafrita, E. I. (2016). Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Informatika Vol 5 (1): 1-10. 69 Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Irviyanti, Y. E., Sudarti & Lesmono, D. A. (2015). Pengaruh Model Problem Based Instruction Disertai Modul Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMPN 14 Jember. Artikel ilmiah mahasiswa vol II (1): 1-4. Julita, Harfa, N. (2016). Profil Kemampuan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. KBBI Online. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus Versi Online/Daring (Dalam Jaringan). http://kbbi.web.id. Lestari, Puji. (2014). Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Bengkulu Tengah Pada Pembelajaran Biologi Berpendekatan Inkuiri. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Lestari, Ivayatullailil. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Perpaduan Metode Inqury Dan Resiprocal Teaching Pada Materi Sistem Eksresi Di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi Sarjana Pendidikan Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UN PGRI Kediri. Majid, Abdul & Rochman (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group. 70 Nata, Abuddin. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana. Rohmani, S., Sunarno, W. & Aminah, S, N. (2015). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model POE (Prediction, Observation, And Explanation) Melalui Metode Eksperimen Dan Proyek Ditinjau Dari Kreativitas Dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri vol 4(4):13-15. Rijal, S., Bacthiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika vol 3 (2): 17- 20. Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta Sinambela, L., P. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka cipta Sunarijah. (2015). Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Analisis Pendidikan Dasar dan Menengah Indonesia (JA-DIKDASMEN) Volume 1 (3): 126-136. Suciati, N. N. A,. Arnyana. I. B. P & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif Dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. 71 Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA Volume 4: 3–14. Supriadie, Didi & Darmawan, Deni. (2012). Komunikasi Pembelajaran,. Bandung: PT Remaja Rosdakarya citation: Jannah, Miftachul dan Safahi, Luthpi (2022) HUBUNGAN ANTARA SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25042/1/MIFTACHUL%20JANNAH.pdf