eprintid: 25040 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/40 datestamp: 2023-07-10 09:03:26 lastmod: 2023-07-10 09:03:26 status_changed: 2023-07-10 09:03:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Damaiana, Meisya Aqila creators_name: Elvianasti, Mega creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Sejalan dengan perkembangan zaman, pembelajaran berbasis etnosains sebagai salah satu isu terkini penelitian pada beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia. Hal ini didukung dengan adanya keputusan Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran yang terdapat muatan lokal. Dengan ini pembelajaran yang diterapkan sekolah seharusnya memanfaatkan kearifan lokal dalam pembelajarannya. Hal ini di dukung oleh observasi yang dilakukan peneliti, bahwasannya di beberapa daerah jakarta perguruan silat sudah tidak beroperasi. Hal ini akan mempengaruhi peserta didik akan ketidaktahuannya terhadap kearifan lokalnya, yaitu silat beksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Developmental Research) ang dilakukan mengacu pada prosedural pengembangan model 4D. Hasil penelitian yang akan dikemukakan yaitu Proses pengembangan media pembelajaran, yang terdiri dari empat langkah, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dessiminate). Adapun pada tahap Dessiminate belum dilakukan karena kendala akan keterbatasan waktu peneliti untuk melakukan uji coba media. dan Kevalidan/kelayakan media pembelajaran yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian para ahli dengan nilai rata-rata 3,5 dengan kategori " sangat valid" maka media yang digunakan layak untuk diujicobakan. Simpulan yang dapat dirumuskan berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli materi dengan persentase kelayakan sebesar 2,9%, ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 3,57%, dan etnosains dengan persentase kelayakan 3,75%. Sesuai dengan tabel kriteria kelayakan media, maka dapat disimpulkan bahwa media augmented reality bermuatan etnosains dinyatakan mungkin layak digunakan untuk pembelajaran pada materi sistem gerak. date: 2022-08-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adinugraha, F., Ponto, A. I., & RM Munthe, T. (2020). Potensi Kebudayaan Betawi Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal Dan Budaya Dalam Pembelajaran Biologi. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(2), 55. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i2.1625 Agustina, D., Mardianti, A., & Fahmi Farid Aziz, R. (2020). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Jenis - Jenis Tanaman Herbal Berbasis Android. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 4(1), 218–221. http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/160/151 Anggraini, P., Tlogomas, J. R., & Kusniarti, M. T. (2017). Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools. Journal of Education and Practice, 8(5), 23–29. www.iiste.org Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Augmented Reality dalam Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA, 2019, 662–668. Attas, S. G. (2019). Structure, function, and inheritance system of the. Litera, 18, 118–135. Fadilah, I., Sari, R. I., Ramadhani, V., Basuki, F. R., & Fitaloka, O. (2019). Ethnoscience Study of the Application and Delivery Procession of Adat Melayu Jambi as Science Learning Resources. Scientiae Educatia, 8(2), 141. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i2.4428 Far-Far, G. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–5. Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuanayogya. ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660 Fitriani Eka, S., Muhsinah, A., & Dedi, K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA menggunakan Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Siswa Kelas III SDN 015 Tarakan. Widyagogik, 6(1), 57–72. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/download/4562/3172 Hadi, K., & Dazrullisa. (2018). Pengembangan bahan ajar biologi berbasis kearifan lokal. Prosiding Seminar Nasional Biotik 2018, 822–828. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/4337 66 Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com Hastuti, P. W., Setianingsih, W., & Widodo, E. (2019). Integrating Inquiry Based Learning and Ethnoscience to Enhance Students’ Scientific Skills and Science Literacy. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012059 Herpich, F., Nunes, F. B., Petri, G., & Tarouco, L. M. R. (2019). How Mobile Augmented Reality Is Applied in Education? A Systematic Literature Review. Creative Education, 10(07), 1589–1627. https://doi.org/10.4236/ce.2019.107115 Miharja, D., Mulyana, M., & Izzan, A. (2019). Islam, Ethnicity and Cultural Politics of Identity: The religiousity of Betawi Muslim in Jakarta. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 4(2), 132–143. https://doi.org/10.15575/jw.v4i2.4718 Modul, P., Kimia, P., Dengan, E., Budaya, M., & Pekalongan, B. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains Dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. USEJ: Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418–1423. https://doi.org/10.15294/usej.v5i3.13174 Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01), 1–6. Purnama, Y. (2018). Mitos Silat Beksi Betawi. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 10(2), 383. https://doi.org/10.30959/patanjala.v10i2.371 Puspasari, A., Susilowati, I., Kurniawati, L., Utami, R. R., Gunawan, I., & Sayekti, I. C. (2019). Implementasi Etnosains dalam Pembelajaran IPA di SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari Surakarta. SEJ (Science Education Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.21070/sej.v3i1.2426 Putra, H. S. A. (2021). Ethnoscience A Bridge to Back to Nature. E3S Web of Conferences, 249, 1–9. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202124901002 Qumillaila, Q., Susanti, B., & Zulfiani, Z. (2015). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia Developing Android Augmented Reality As a Learning Media of. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 57–69. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 6313–6319. 67 Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524 Rochmah, E., Labudasari, E., & Amalia, N. (2019). Pengembangan Media Berbasis Teknologi Augmented Reality Bermuatan Wawasan Kebangsaan Pada Tokoh Kepahlawanan. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 10. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11489 Siswo. (2019). Ethnoscience Study of Corn Field As a Thematic Science Learning Resource. 1–6. Suswandari, S. (2017). Local History of Jakarta and MulticulturalAttitude (Historical Local Study of Betawi Ethnic). JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 2(1), 93. https://doi.org/10.26737/jetl.v2i1.142 Triyono, A., Muhaqiqin, M., & Satria, M. N. D. (2021). Aplikasi Pembelajaran Biologi Tentang Tanaman Berbasis Augmented Reality Untuk Kelas XI. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), 2(1), 39–53. citation: Damaiana, Meisya Aqila dan Elvianasti, Mega (2022) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERMUATAN ETNOSAINS PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25040/1/Meisya%20Aqila%20Damaiana.pdf