eprintid: 25039 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/39 datestamp: 2023-07-10 09:03:24 lastmod: 2023-07-10 09:03:24 status_changed: 2023-07-10 09:03:24 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lia, Mahliyah creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL BERBASIS WORDWALL ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrument evaluasi pembelajaran biologi materi sel berbasis wordwall. Penelitian ini dilakukan dari bulan Agustus hingga September 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan instrument difokuskan pada 5 tahap yaitu Analisis, Disain, Perkembangan, Implementasi, Evaluasi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA SMAS Al-Huda Cengkareng dengan responden 64 peserta didik untuk uji coba tahap I. Sedangkah, pada uji tahap II penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 67 responden kelas XI IPA. Instrumen evaluasi yang dikembangkan berupa soal pilihan ganda, teka-teki silang, dan benar-salah berjumlah 40 soal dan disusun berdasarkan indikator pembelajaran materi sel. Hasil penelitian ini yaitu instrument evaluasi yang dikembangkan berdasarkan validasi ahli materi guru 86,4%dengan kriteria sangat layak dan ahli materi dosen mendapatkan presentase sebesar 75,3% dengan kriteria layak, dan ahli media medapatkan presentase sebesar 46% dengan kriteria kurang layak. Sedangkan uji kepraktisan yang dilakukan oleh peserta didik didapat hasil pada uji kepraktisan tahap I mendapatkan presentase sbesar 86,8% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan pada uji kepraktisan tahap II mendapatkan persentase sebesar 91,6% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Pengujian reabilitas dengan menggunakan rumus Guildford di dapatkan nilai r₁₁ sebesar tiap tipe soal sebesar 0,623 yang tergolong (tinggi) pada soal pilihan ganda, 0,380 yang tergolong (rendah) pada soal teka-teki silang dan 0,323 yang tergolong (rendah) pada soal benar-salah. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan instrument evaluasi yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi materi sel peserta didik kelas XI SMA Semester I dengan jumlah 25 butir Soal. date: 2022-12-09 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astuti, M. P. (2022). KOMPETENSI GURU DALAM MEMBUAT INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SDN 117 BENGKULU UTARA SKRIPSI. In הארץ (Issue 8.5.2017). Auliya, A. (2021). Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Wordwall Untuk Mata Pelajaran Ipa Smp Kelas Vii. Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu, 1–134. http://www.nutricion.org/publicaciones/pdf/prejuicios_y_verdades_sobre_grasas.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/formacion/guia.pdf%0Ahttps://www.colesterolfamiliar.org/wp-content/uploads/2015/05/guia.pdf Azizah, N., & Alberida, H. (2021). Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi pada Siswa SMA? Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 388–395. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38073 Febriana, R. dan H. (2019). Biologi Sel Unit Terkecil Penyusun Tubuh Makhluk Hidup. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Frisila, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Wordwall Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SD Kanisius Kadirojo Yogyakarta Kelas IV Materi KPK dan FPB. Hanafi. (2017). KONSEP PENELITIAN R & D DALAM BIDANG PENDIDIKAN. m(1989), 129–150. Ibnu, M., Indriyani, B., Inayatullah, H., & Guntara, Y. (2019). Aplikasi Rasch Model: Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 205–210. Istiyati, J. I. dan S. (2017). Asesmen dan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar. Mardapi, D. (2017). Bab II. 18–72. Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Terang, 4(1), 83–90. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1453 Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembalajaran. In Uwais Inspirasi Indonesia. Rusmayana, T. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ADDIE INTEGRASI PEDATI DI SMK PGRI KARISMA BANGSA SEBAGAI PENGGANTI PRAKTEK KERJA LAPANGAN DIMASA PANDEMI COVID-19. Samsu. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian Kualitatif, 17, 43. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102. Suarga, S. (2019). Hakikat, Tujuan Dan Fungsi Evaluasi Dalam Pengembangan Pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 8(1), 327–338. https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7844 Suarta, G. (2017). Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada Program Penyuluhan. Konsep Evaluasi Perencanaan Dan Terapannya Pada 79 Program Penyuluhan, 1(1), 1–24. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/127fc25f2767da91f4b007ae713ce4d7.pdf Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). 済無No Title No Title No Title. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253. Suri, F. S. dan I. R. A. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) SISTEMATIS BAGI PESERTA DIDIK SMP DI KABUPATEN PRINGSEWU. 6(3). Sutama, Meggy Novitasari , Nur Asih Wulandari, Anam Sutopo, dan S. N. (2020). KELAYAKAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS. 32(2), 1–12. https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12855 Tias, I. W. U. (2017). PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. 1(1), 50–60. Wulandari, E. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-BOOKPADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK SMP KELAS VIII SKRIPSI. Bitkom Research, 63(2), 1–3. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Bandung : PT Remaja Rosdakarya,, 2019), h.119 citation: Lia, Mahliyah dan Safahi, Luthpi (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SEL BERBASIS WORDWALL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25039/1/Mahliyah%20Lia.pdf