@phdthesis{repository25037, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {EFEKTIVITAS PEMBERIAN TUGAS PROYEK POSTER DIGITAL TERHADAP KREATIVITAS PADA PTM-T BIOLOGI SISWA KELAS X}, year = {2022}, month = {August}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25037/}, abstract = {Pembelajaran berbasis proyek adalah pembelajaran yang melibatkan siswa dalam menyelidiki masalah-masalah menarik yang mengarah pada produk otentik. Pembelajaran berbasis proyek mengacu pada kerangka konstruktivis yang membuat proses belajar dan mengajar aktif dan bermakna melalui inkuiri dan membangun pengetahuan melalui pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian tugas proyek poster digital dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran Biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan design penelitian pre-eksperimental design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA N 97 Jakarta berjumlah 30 siswa yang ditentukan menggunakan teknik random. Data diperoleh dengan menggunakan Lembar Penilaian Keterampilan dengan bentuk penugasan pembuatan proyek poster digital. Pada uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan menggunakan One-Semple Kolmoorov-Smirnov Test diperoleh nilai sig. pre test=0,186 dan nilai sig. post test = 0,10, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Levene statistic diperoleh nilai sig.=0,15, maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian berasal dari populasi yang homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji t dan diperoleh nilai sig. (2-tailed)=0,000, maka dengan demikian Ha diterima yang menyatakan bahwa pemberian tugas proyek poster digital efektif dalam meningkatkan kreativitas pada PTM-T Biologi siswa kelas X. Kendala dalam penelitian ini adalah terbatasnya alokasi waktu kegiatan pembelajaran selama PTMT karena kondisi pandemi Covid-19. Solusi yang dapat diberikan yaitu agar pendidik dapat memaksimalkan alokasi waktu yang tersedia dengan efisien, memaksimalkan pemanfaatan media digital, serta melakukan eksplorasi berbagai jenis media digital yang lebih variatif untuk menstimulus siswa agar lebih aktif, kreatif, dan inovatif pada kegiatan pembelajaran.}, author = {Aisyah, Kenanga El and Amirullah, Gufron} }