TY - THES M1 - bachelor ID - repository25035 A1 - Elsa, Elsa A1 - Akbar, Budhi PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka N2 - Kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting pada abad ke-21. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah menjadi salah satu fakta pendidikan di Indonesia. Berpikir komputasional merupakan cara berpikir dalam pemecahan masalah yang harus dibangun siswa dalam era digital. Hubungan natara kemampuan berpikir komputasional dengan kemampuan kognitif dan non-kognitif telah diungkap dalam penelitian lain. Sehingga, penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hubungan kemampuan berpikir komputasional dan sikap sosial siswa sesuai keadaan hasil dari pembelajaran kolaboratif di kelas Biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2022 di salah satu SMA negeri wilayah Jakarta Timur. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru Biologi, tes kemampuan berpikir komputasional, dan angket sikap sosial. Tes kemampuan berpikir komputasional dan angket sikap sosial diberikan kepada 71 siswa kelas X sebagai sampel yang dipilih melalui cluster random sampling dari 180 siswa kelas X yang dijadikan populasi penelitian. Hasil dari uji Pearson Correlation mengungkapkan ada hubungan signifikan antara kemampuan berpikir komputasional dan sikap sosial pada kategori sedang (r= 0,461) dan nilai koefisien determinasi sebesar 21,2%. Hubungan tersebut memiliki arti, semakin baik kemampuan berpikir komputasional maka semakin baik pula sikap sosial yang dimilikinya Y1 - 2022/08/09/ AV - public TI - HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN SIKAP SOSIAL SISWA UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25035/ ER -