eprintid: 25030 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/30 datestamp: 2023-07-10 09:03:04 lastmod: 2023-07-10 09:03:04 status_changed: 2023-07-10 09:03:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ayuningtias, Widy Aprilia creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: Analisis Tingkat Pengetahuan Bioetika Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Univeristas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Bioetika mencakup etika penggunaan manusia dan organisme lain sebagai obyek penelitian biologi termasuk bidang biomedis, bioteknologi, etika dalam manipulasi genetik, dan pemanfaatan produk-produk hasil bioteknologi di bidang pangan, kesehatan, pertanian, dan lingkungan. Kemajuan bidang penelitian mendorong urgensi akan pengetahuan bioetika yang kohesif. Penelitian-penelitian sebelumnya menghasilkan temuan berupa bioetika belum sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan sehingga pengetahuan bioetika menjadi rendah. Tingkat pengetahuan bioetika mahasiswa pendidikan biologi FKIP UHAMKA menjadi substansi yang dipaparkan secara mendalam pada penelitian ini. Tujuh puluh satu informan menjadi kuantitas sampel yang dihasilkan secara purposive sampling. Kuesioner dan pedoman wawancara dimanfaatkan untuk menjaring data pada penelitian ini. Hasil kuesioner diolah secara kuantitatif dan hasil wawancara diolah secara kualitatif. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah 1) tingkat pengetahuan bioetika mahasiswa semester 8 berada pada kategori baik sebesar 99% dari 7 indikator yaitu bioetika; prinsip-prinsip bioetika; pembelajaran bioetika; bioetika Islami; Ethical Clearance; prinsip-prinsip Ethical Clearance; dan penggunaan Ethical Clearance dan 2) tingkat pengetahuan tersebut dipengaruhi oleh faktor internal seperti pendidikan, pekerjaan, dan umur serta faktor eksternal seperti lingkungan dan sosial budaya. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat pengetahuan bioetika mahasiswa semester 8 yang baik dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal sedari menjadi siswa yang mempelajari mata pelajaran biologi sampai menjadi mahasiswa yang memperdalam keilmuan biologi pada implikasi, praktik dan penelitiannya. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Afandi, D., Burhanuddin Mursa, L., Novitasari, D., Roza Faulina, M., Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, B., Kedokteran Universitas Riau, F., Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Riau, B., & Kesehatan Republik Indonesia, D. (2010). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Kaidah Dasar Bioetika dengan Tingkat Kemampuan Penilaian Moral pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Majalah Kedokteran Indonesia, 1, 60. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Burhan, B. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. CIOMS. (2002). International ethical guidelines for biomedical research involving human subjects. CIOMS. Corebima, D. (1991). Proses dan Hasil Pembelajaran MIPA di SD, SLTP dan SMU: Perkembangan Penalaran Siswa Tidak Dikelola Secara Terencana (Studi Kasus di Malang, Yogyakarta, dan Bandung). Makalah Disajikan Dalam Seminar on Quality Improvement of Mathematics and Science Education in Indonesia, Bandung, 11 Agustus. Hudha, A. M. (2015). Kajian pengetahuan bioetika dan kemampuan pengambilan keputusan etis mahasiswa calon guru biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 1(1), 530–538. http://biology.umm.ac.id/files/file/530-538 Atok Miftahul Huda.pdf Hurlock. (1998). Perkembangan Anak. Erlangga. Jumrodah. (2016). Pandangan Aksiologi terhadap Bioetika dalam Memanfaatkan Hewan Coba (Animal Research) di Laboratorium. MANGIFERA EDU: Jurnal Biologi and Pendidikan Biologi, 1(1), 32–41. Keskin, M. Ö., & Aksakal, E. (2019). Newspapers in Bioethics Education.pdf. Universal Journal of Educational Research, 1333–1340. Lancu, M. (2018). Bioethics and Bioethical Education , Where to ? Austin Biol, 3(1), 3–5. Liliasari. (2001). Model Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru sebagai Kecenderungan Baru pada Era 107 Globalisasi. Jurnal Pengajaran MIPA, 2(1), 55–65–55–65. LIPI. (2017). RESEARCH & PUBLICATION ETHICS.pdf. Manurung, W. P. (2017). Hubungan Pengetahuan Kaidah Dasar Bioetika dan Sikap Penilaian Moral Pada Mahasiswa Pre-Klinik dan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. In Universitas Lampung. Universitas Lampung. Minarno, E. B. (2009). Studi Pembelajaran Bioetika di Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Malang. 5, 25–29. Minarno, E. B. (2010). Bioetika dalam Perspektif Islam sebagai Pengawal Perkembangan Biologi Modern. Ulul Albab, 13(2), 198–208. Mustofa. (2009). Heboh Spare Part Manusia. PADMA Press. Muttaqin, M. Z. H., Amin, M., & Zubaidah, S. (2016). Pengembangan Buku Referensi Bioetika Jurusan Pendidikan IPA Biologi IAIN Mataram. Nasir, M. (1999). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan . Rineka Cipta. Noviati, W., & Ramdhayani, E. (2018). Analisis Tingkat Pengetahuan Bioetika Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas SAMAWA. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III, Madiun, 15 September 2018, September, 24–28. Nursalam. (2003). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika. Rianse, Usman, & Abdi. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Alfabeta. Russell, W. M., & Burch, R. L. (1959). The principles of humane experimental technique. Methuen. Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. CV. Alfabeta. 108 Suriasumantri, J. S. (2013). Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jujun Sumantri. Pustaka Sinar Harapan. Zainuddin, M. (2002). Metodologi Penelitian dan Statistik. Universitas Airlangga citation: Ayuningtias, Widy Aprilia dan Murwitaningsih, Susanti (2021) Analisis Tingkat Pengetahuan Bioetika Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Univeristas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25030/1/Widy%20Aprilia%20Ayuningtias.pdf