eprintid: 25027 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/27 datestamp: 2023-07-10 09:02:54 lastmod: 2023-07-10 09:02:54 status_changed: 2023-07-10 09:02:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nursafitri, Tuti creators_name: Safahi, Luthpi creators_id: luthpi_safahi@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA pada materi ekosistem yang dilakukan pada siswa kelas X IPA 2 yang berjumah 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 34 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem sebanyak 10 butir soal dan kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 23 pernyataan. Instrumen yang digunakan telah melalui proses validasi secara empiris dan dijudgement oleh ahli. Dari 12 butir soal yang divalidasi diperoleh 10 butir soal yang dapat digunakan pada penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa termasuk ke dalam kategori cukup dengan persentase 57,37%. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebesar 73,50 dan nilai terendah sebesar 32. Dari keenam indikator berpikir kritis diperoleh kemampuan menginterpretasi sebesar 58,58%, kemampuan menganalisis 57,84%, pengaturan diri 55,88%, evaluasi 55,24%, inferensi 53,62%, dan eksplanasi 43,99 %. Hasil kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis secara berturut-turut yaitu kompetensi guru sebesar 78,59%, siswa sebesar 61,12%, dan lingkungan sebesar 43,37%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPA pada materi ekosistem tergolong cukup. Dari keenam indikator berpikir kritis, kemampuan menginterpretasi merupakan kemampuan yang paling dikuasai oleh siswa atau memperoleh kategori yang tinggi. Berdasarkan kuesioner ditemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa yaitu aspek guru dengan persentase sebesar 78,59% atau termasuk dalam kategori tinggi dan aspek siswa dengan persentase sebesar 61,12% yang termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan aspek lingkungan memperoleh persentase sebesar 43,37% dengan kategori cukup. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Adiwijaya, H., Suarsini, E., & Lukiati, B. (2016). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(12), 2379—2387-2387. Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Isnarto, Rochmad, & Permanawati, F. I. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. Prisma, 2, 337–342. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/28948/126 60/ Akmala, N. F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Fisika Kelas X SMA Di Bandarlampung. Universitas Lampung. Andriyani, R., Parmin, & Akhlis, I. (2016). Penerapan Genius Learning Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1109–1115. Angraini, G., Sriyati, S., Jurusan, D., Biologi, P., & Indonesia, U. P. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X Di Kota Solok Pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1, 114–124. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); 3rd ed.). Bumi Aksara. Ariyanto, M., & Kristin, F. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 106–115. Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problrm Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(April). Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529 Balqis, N. Z. (2016). Pengaruh Strategi Thinking Empowerment By Questioning (TEQ) Dengan Metode Eksperimen Berbasis Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Universitas Jember. 56 Beyer, B. K. (1995). Chritical Thinking. Phi Delta Kappa Educational Foundation. BNSP. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses. In Badan Standar Nasional Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan. Dewina, S., Suganda, O., & Widiantie, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Menganalisis Dan Keterampilan Berargumentasi Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas X. Quagga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 9(02), 53. https://doi.org/10.25134/quagga.v9i02.748 Faridah, E. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal-Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. Avatara, 8(2). Fisher, A. (2011). Critical Thinking : An Introduction (Second Edi). Cambridge University Press. Fithriyah, I., Sa’dijah, C., & Sisworo. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 580–590. Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (2001). Critical thinking and computer conferencing: A model and tool to assess cognitive presence. American Journal of Distance Education, 15(1), 7–23. Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun. Cakrawala Pendas, 3(2), 57–63. Hasan, A. M., Nusantari, E., Latjompoh, M., & Nurrijal. (2017). Strategi Belajar Mengajar Biologi (1st ed.). UNG Press. Herunata, H., Amayliadevi, R., & Widarti, H. (2020). Analisis keterampilan berpikir kritis pada indikator memberikan penjelasan lebih lanjut materi hidrokarbon. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 5(1), 47–58. https://doi.org/10.17977/um026v5i12020p047 Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah Learning Outcomes and Critical Thinking Skills Madrasah Tsanawiyah Students in Learning Science Through Scientific Working. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 118–127. Irwanto, Saputro, A. D., Rohaeti, E., & Prodjosantoso, A. K. (2018). Promoting critical thinking and Problem Solving Skills of Preservice Elementary Teachers through Process-Oriented Guided-Inquiry Learning (POGIL). International Journal of Instruction, 11(4), 777–794. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11449a Jihad, A., & Haris, A. (2008). No Title (1st ed.). Multi Presindo. 57 Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762 Lieung, K. W. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 073–082. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i2.1465 Listiyarin, A. B. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Kudus dan SMA Negeri 1 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang. Luzyawati, L. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Materi Alat Indera Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 9–21. Mahanal, S., Tendrita, M., Ramadhan, F., Ismirawati, N., & Zubaidah, S. (2019). The Analysis of Students’ Critical Thinking Skills on Biology Subject. Anatolian Journal of Education, 2(2). https://doi.org/10.29333/aje.2017.223a Moore, D. T. (2007). Critical Thinking and Intelligence Analysis. NDIC Press Editorial Board. Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21 Critical Thinking Profile Of Students Of Biological Teacher Candidate As Efforts To Prepare 21 St Century Generation. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96. Nurhardini, R. (2017). Pengaruh Self dan Peer Assessment pada Materi Ekosistem Terhadap Berpikir Aplikatif dan Kritis Siswa SMA The Effect of Self and Peer Assessment on Ecosystem Material on The Applicative and Critical Thinking of State Senior High School Student. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 69–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v5i1.13553 Nurhasanah, P. B. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 10 Bekasi. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490 Pantiwati, Y. (2016). Hakekat Asesmen Autentik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773 Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648 58 Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM, 10(2), 40–49. Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (T. Surjaman (ed.); 1st–165th ed.). Remaja Rosdakarya. Rahayu, S. (2016). Mengembangkan Literasi Sains Anak Indonesia Melalui Pembelajaran Berorientasi Nature of Science ( Nos ). Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Universitas Negeri Malang (UM). Rahmawaty, S., & Arsyad, M. (2020). Kemampuan Menarik Kesimpulan Peserta Didik yang Menggunakan LKPD Pertanyaan Pengarah Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 11 Makassar. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 33–36. Rakhmawati, S., Muspiroh, N., Azmi, N., Pd, S. I., Tadris, J., Biologi, I., Bypass, J. P., & Cirebon, S. (2016). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X Di Sma Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains Dan Pendidikan Sains, 5(2), 156–164. www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/sceducatia Ramandha, M. E. P., Andayani, Y., & Hadisaputra, S. (2018). An analysis of critical thinking skills among students studying chemistry using guided inquiry models. AIP Conference Proceedings, 2021(October 2018), 1–5. https://doi.org/10.1063/1.5062826 Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia. Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish. Saputri, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Programme For International Student Assesment (PISA). Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang. Sari, H., Yeni, L. F., Wahyuni, E. S., Mapping, M., & Mapping, M. (2016). Efektivitas model pembelajaran kooperatif disertai mind mapping terhadap hasil belajar materi ekosistem kelas x. 1–15. Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403 Sugiyono. (2015). Metode Penelitan Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). In Bandung: Alfabeta. Alfabeta. Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1899 59 Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21(2000), 223–231. Tamara, T. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Think-Pair-Share dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal Of Economics Education, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.17509/jurnal Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i1.874 Tumanggor, M. (2020). Berfikir Kritis, (Cara jitu menghadapi tantangan pembelajaran abad 21) (1st ed.). Gracias Logis Kreatif. Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswakelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 2(1), 33–38 citation: Nursafitri, Tuti dan Safahi, Luthpi (2021) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25027/1/Tuti%20Nursafitri.pdf