<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas X\r\nIPA pada materi ekosistem yang dilakukan pada siswa kelas X IPA 2 yang\r\nberjumah 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian\r\ndeskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random\r\nsampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPA 2 yang berjumlah 34 orang\r\nsiswa.\r\nInstrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa pada materi\r\nekosistem sebanyak 10 butir soal dan kuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi\r\nkemampuan berpikir kritis siswa sebanyak 23 pernyataan. Instrumen yang\r\ndigunakan telah melalui proses validasi secara empiris dan dijudgement oleh ahli.\r\nDari 12 butir soal yang divalidasi diperoleh 10 butir soal yang dapat digunakan pada\r\npenelitian ini.\r\nTeknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa statistik deskriptif\r\ndengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan\r\nbahwa kemampuan berpikir kritis siswa termasuk ke dalam kategori cukup dengan\r\npersentase 57,37%. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebesar 73,50 dan nilai\r\nterendah sebesar 32. Dari keenam indikator berpikir kritis diperoleh kemampuan\r\nmenginterpretasi sebesar 58,58%, kemampuan menganalisis 57,84%, pengaturan\r\ndiri 55,88%, evaluasi 55,24%, inferensi 53,62%, dan eksplanasi 43,99 %. Hasil\r\nkuesioner faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis secara\r\nberturut-turut yaitu kompetensi guru sebesar 78,59%, siswa sebesar 61,12%, dan\r\nlingkungan sebesar 43,37%.\r\nBerdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis\r\nsiswa kelas X IPA pada materi ekosistem tergolong cukup. Dari keenam indikator\r\nberpikir kritis, kemampuan menginterpretasi merupakan kemampuan yang paling\r\ndikuasai oleh siswa atau memperoleh kategori yang tinggi. Berdasarkan kuesioner\r\nditemukan bahwa faktor yang paling mempengaruhi kemampuan berpikir kritis\r\nsiswa yaitu aspek guru dengan persentase sebesar 78,59% atau termasuk dalam\r\nkategori tinggi dan aspek siswa dengan persentase sebesar 61,12% yang termasuk\r\ndalam kategori tinggi. Sedangkan aspek lingkungan memperoleh persentase sebesar\r\n43,37% dengan kategori cukup."^^ . "2021-08-11" . . . "Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka"^^ . . . "Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka"^^ . . . . . . . . . . . . "Luthpi"^^ . "Safahi"^^ . "Luthpi Safahi"^^ . . "Tuti"^^ . "Nursafitri"^^ . "Tuti Nursafitri"^^ . . . . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem (Text)"^^ . . . "Tuti Nursafitri.pdf"^^ . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #25027 \n\nAnalisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Ekosistem\n\n" . "text/html" . . . "L Education"@en . . . "Q Science (General)"@en . . . "QH301 Biology"@en . .