eprintid: 25024 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/24 datestamp: 2023-07-10 09:02:49 lastmod: 2023-07-10 09:02:49 status_changed: 2023-07-10 09:02:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Febrianti, Siti Aulia creators_name: Astuti, Yuni creators_id: yuni.astuti@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pemberian Feedback (umpan balik) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Kemampuan berpikir analisis merupakan salah satu bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang sepatutnya dimiliki oleh siswa sesuai dengan acuan pada kurikulum saat ini. Pemberian feedback (umpan balik) menjadi salah satu upaya dalam menunjang kemampuan berpikir analisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir analisis pada materi sistem ekskresi pada siswa kelas XI SMA Negeri 95 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 6 soal uraian (essay) yang secara keseluruhan dalam kategori valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung= 0,72 dengan kategori koefisien reliabilitas yang tinggi. Kemudian uji prasyarat analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(2) sehingga diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 4,2 < 9,2 dan kelompok kontrol 4,55 < 9,2 maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher diperoleh fhitung 1,45 < ftabel 2,38, maka dapat dinyatakan kedua data varians kelompok berdistribusi homogen. Hasil uji hipotesis digunakan uji t hingga diperoleh thitung 2,13 > ttabel 2,00 pada taraf signifikansi α = 5%. maka H0 ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI SMA Negeri 95 Jakarta. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Annisa, N., Dwiastuti, S., & Fatmawati, U. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Unnes Journal of Biology Education, 5(2), 163–170. Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); Kedua). Bumi aksara. Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., & Lukiati, B. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Analitis Mahasiswa Calon Guru Ipa Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p66-70 Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. B. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3117 Astuti, M., Kartono, & Rachmani, N. (2019). Peran Direct Corrective Feedback dalam Pembelajaran Means-ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Universitas Negeri Semarang, 1988. Bikmaz, F. H., Çelebi, Ö., Ata, A., Özer, E., Soyak, Ö., & Reçber, H. (2010). Scaffolding Strategies Applied by Student Teachers to Teach Mathematics. Educational Research Association The International Journal of Research in Teacher Education The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1), 25–36. Hamid, M. A., Nyeneng, I. D. P., & Rosidin, U. (2013). Perbandingan Penggunaan Feedback Pada Lembar Jawaban Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pembelajaraan Fisika, 1(5), 79–87. Hasyim, F. (2018). Mengukur Kemampuan Berpikir Analitis Dan Keterampilan 64 Proses Sains Mahasiswa Calon Guru Fisika Stkip Al Hikmah Surabaya Measuring Pre-Service Physics Teachers’ Analytical Thinking Ability and Science Process Skills of Stkip Al Hikmah Surabaya. Jurnal Pendidikan Ipa Veteran, 2(1), 80–89. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva Henderson, M., Ajjawi, R., Boud, D., & Molloy, E. (2010). The Impact Of Feedback in Higher Education (Improving Assessment Outcomes for Learners). In M. Henderson, R. Ajjawi, D. Boud, & E. Molloy (Eds.), Palgrave macmillan (Vol. 3, Issue 1). Springer Nature Switzerland AG. https://doi.org/10.1007 Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1283 Ilma, R., Hamdani, A. S., & Lailiyah, S. (2017). Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 2(1), 1–14. Irawati, T. N., & Mahmudah, M. (2018). Pengembangan Instrument Kemampuan Berpikir Analisis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Kadikma, 9(2), 1–11. Isrokatun, I., Hanifah, N., Maulana, M., & Anggita, D. (2019). Scaffolding dalam Situation-Based Learning (Julia (ed.); Kesatu). UPI Sumedang Press. Marini. (2014). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Dengan Gaya Belajar Tipe Investigatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 1–10. Nilah, N., & Roza, L. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Analitis Dan Evaluasi Dalam Pembelajaran Fisika Pada Topik Usaha Dan Energi. IX, 75–82. https://doi.org/10.21009/03.snf2020.02.pf.12 Nisa, H., & Dahlan, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir. 65 Manajerial, 3(5), 157–166. Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2029 Rahmawati, R. D. (2016). “Pengembangan Soal-Soal Taksonomi Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) Pada Bidang Aljabar.” Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rasagama, I., Zein, H., Setiawan, A., & Liliasari, L. (2013). Efektivitas Model Belajar “Demonstrasi Interaktif Berbasis Inkuiri” Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitik Dan Kreatif Mahasiswa Teknik Konversi Energi Politeknik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 20(1), 92–101. Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013 (Pengantar). Pustaka Setia. Sartono, N., Rusdi, & Handayan, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Sman 27 Jakarta Pada Materi Sistem Imun. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 10(1), 58–64. Setiawati, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Analisis Transaksi Dalam Menyusun Jurnal Dengan Model Problem Based Learning Melalui Pengamatan BT / BK. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.24176 Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (22nd ed.). ALFABETA, cv. Sundayana, R. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. ALFABETA, cv. 66 Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSFERJPB), 9(2), 37–44. Wasiran, Y. (2017). Pengaruh Corrective Feedback Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Self-Eficacy Siswa Setelah Mengontrol Kemampuan Awal Matematika. Wahana Didaktika, 15(1), 137–155. Winarti. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Analisis dan Evaluasi Mahasiswa dalam Mengerjakan Soal Konsep Kalor. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 19–24. Windarsih, C. A. (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik ( Feedback ) Dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 2(1), 20–29. Wungouw, H. I. S., & V.Doda, D. (2012). Peran Umpan Balik Bagi Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 1(3), 151–158. Zulva, R. (2016). Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 05(April), 61–69. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.106 citation: Febrianti, Siti Aulia dan Astuti, Yuni (2021) Pengaruh Pemberian Feedback (umpan balik) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25024/1/Siti%20Aulia%20Febrianti.pdf