TY - THES UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25024/ AV - public TI - Pengaruh Pemberian Feedback (umpan balik) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Kelas XI Pada Materi Sistem Ekskresi ID - repository25024 Y1 - 2021/07/31/ M1 - bachelor N2 - Kemampuan berpikir analisis merupakan salah satu bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi, yang sepatutnya dimiliki oleh siswa sesuai dengan acuan pada kurikulum saat ini. Pemberian feedback (umpan balik) menjadi salah satu upaya dalam menunjang kemampuan berpikir analisis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir analisis pada materi sistem ekskresi pada siswa kelas XI SMA Negeri 95 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 6 soal uraian (essay) yang secara keseluruhan dalam kategori valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung= 0,72 dengan kategori koefisien reliabilitas yang tinggi. Kemudian uji prasyarat analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dengan ketentuan X2hitung < X20,99(2) sehingga diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 4,2 < 9,2 dan kelompok kontrol 4,55 < 9,2 maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher diperoleh fhitung 1,45 < ftabel 2,38, maka dapat dinyatakan kedua data varians kelompok berdistribusi homogen. Hasil uji hipotesis digunakan uji t hingga diperoleh thitung 2,13 > ttabel 2,00 pada taraf signifikansi ? = 5%. maka H0 ditolak, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir analisis siswa kelas XI SMA Negeri 95 Jakarta. A1 - Febrianti, Siti Aulia A1 - Astuti, Yuni PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka ER -