eprintid: 25022 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/22 datestamp: 2023-07-10 09:02:46 lastmod: 2023-07-10 09:02:46 status_changed: 2023-07-10 09:02:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lestari, Rizqiana Dwi creators_name: Astuti, Yuni creators_id: yuni.astuti@uhamka.ac.id title: Pengaruh Pemberian Feedback Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Kemampuan berpikir kritis merupakan aktivitas yang sangat penting pada proses pembelajaran yang sepatutnya dilakukan oleh siswa untuk memecahkan suatu masalah. Pemberian feedback (umpan balik) menjadi salah satu upaya dalam menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem koordinasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 7 soal uraian (essay) dengan 6 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung= 0,4001 dengan kategori koefisien reliabilitas cukup. Kemudian uji prasyarat analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dengan ketentuan X2 hitung < X2 tabel sehingga diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 11,2064 < 13,27 dan kelompok kontrol 4,8892 < 9,21 maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher diperoleh fhitung 1,05 < ftabel 2,291, maka dapat dinyatakan kedua data varians kelompok berdistribusi homogen. Hasil uji hipotesis digunakan uji t hingga diperoleh thitung 1,043 < ttabel 1,9984 pada taraf signifikansi α = 5%. maka H0 diterima, dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. 8(5), 45–53. Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. http://eprints.umg.ac.id/3241/ Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damayanti (ed.); Ed. 2). Jakarta: Bumi Aksara. Astuti, A., Waluya, S. B., & Asikin, M. B. (2020). Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 27–34. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i1.3117 Budi M, I., & Ghofar CW, A. (2017). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Metakognitif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi. Bioma Jurnal Ilmiah Biologi, 6(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v6i1.1472 Fadillah, I. A. (2020). Hubungan Rasa Percaya Diri dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Sistem Gerak. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi. org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03. 044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token =C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8 59 Fridanianti, A., Purwati, H., & Murtianto, Y. H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Kelas VII SMP Negeri 2 Pangkah Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Kognitif Impulsif. Aksioma, 9(1), 11–20. Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving junior high schools’ critical thinking skills based on test three different models of learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116. https://doi.org/10.12973/iji.2017.1017a Herman, H., Nasir, M., & Nehru, N. (2020). Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 11 Kota Bima. Oryza Jurnal Pendidikan …, 1337. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/OZ/article/view/383 Isnadini, W., Hairida, & Rahmat, R. (2014). Pemberian Corrective Feedback Disertai Reward Terhadap Efikasi Diri dan Hasil Belajar Kimia di SMA. Multilingual Writers and Writing Centers, 105–120. https://doi.org/10.7330/9780874219647.c004 KEMENDIKBUD RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97. Komalasari, D. (2017). Pengaruh Pemberian Umpan Balik (Feedback) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Study IPS Kelas IV MI Nahdatul Mujahidin N. W. Jempong Ampenan Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Вестник Росздравнадзора, 4, 9–15. 60 Linanti, A. T. (2020). Implementasi Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Metakognitif Peserta Didik SMA pada Materi Sistem Koordinasi Manusia. Nurdini, Y. (2019). Penerapan Assessment For Learning melalui Written Feedback dan Oral Feedback dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Abad ke-21 pada Pembelajaran Plantae. Αγαη, 8(2), 2019. https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178 Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang. Fitrah, 03(2), 333–352. Ratnawulan, Elis., & Rusdiana, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013 (Pengantar). Pustaka Setia Bandung. Safitra. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Indonesian Journal of Economics Education, 1(1), 93. Sari, D. P. (2019). Pengaruh Umpan Balik Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Sikap Ilmiah Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Peserta Didik Kelas XI Di SMAN 3 Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. Sasmita, T. A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 X Koto Singkara pada Mata Pelajaran Biologi. Savage, M. P., & Wehman, T. L. (2014). Assessing the Impact of International 61 Experiental Education on the Critical Thinking Skills and Academic Performance of College Students. International Journal of Arts & Sciences, 7(1): 1-8. Siyoto, S., & Sodik, A. M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.)). Literasi Media Publishing Karanganyar. Sugiyono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarno. (2016). Pengaruh Balikan ( Feedback ) Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan ( Suatu Kajian Teoritis Dan Empirik ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(2), 115–125. Winarti, E. R., & Waluya, B. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207. Windarsih, C. A. (2016). Aplikasi teori umpan balik (feedback) dalam pembelajaran motorik pada usia dini. Tunas Siliwangi, 2(1), 20–29. citation: Lestari, Rizqiana Dwi dan Astuti, Yuni (2021) Pengaruh Pemberian Feedback Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25022/1/Rizqiana%20Dwi%20Lestari.pdf