%X Kemampuan berpikir kritis merupakan aktivitas yang sangat penting pada proses pembelajaran yang sepatutnya dilakukan oleh siswa untuk memecahkan suatu masalah. Pemberian feedback (umpan balik) menjadi salah satu upaya dalam menunjang kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem koordinasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment sebanyak 7 soal uraian (essay) dengan 6 soal valid dan 1 soal tidak valid. Sedangkan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung= 0,4001 dengan kategori koefisien reliabilitas cukup. Kemudian uji prasyarat analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dengan ketentuan X2 hitung < X2 tabel sehingga diperoleh hasil kelas eksperimen sebesar 11,2064 < 13,27 dan kelompok kontrol 4,8892 < 9,21 maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menggunakan rumus uji Fisher diperoleh fhitung 1,05 < ftabel 2,291, maka dapat dinyatakan kedua data varians kelompok berdistribusi homogen. Hasil uji hipotesis digunakan uji t hingga diperoleh thitung 1,043 < ttabel 1,9984 pada taraf signifikansi α = 5%. maka H0 diterima, dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian feedback terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 95 Jakarta. %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka %A Rizqiana Dwi Lestari %A Yuni Astuti %T Pengaruh Pemberian Feedback Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Koordinasi %L repository25022 %D 2021