eprintid: 25021 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/21 datestamp: 2023-07-10 09:02:44 lastmod: 2023-07-10 09:02:44 status_changed: 2023-07-10 09:02:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nuraini, Rizki creators_name: Astuti, Yuni creators_id: yuni.astuti@uhamka.ac.id title: Analisis Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 pada Materi Biologi Kelas XI Semester Genap ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar siswa selama covid 19 Pandemi pada Materi Biologi Kelas XI Semester Genap dan Faktor Apa Penyebabnya siswa mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Oktober 2020 sampai dengan Juli 2021 di kelas XI semester II tahun ajaran 2020/2021. Si Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampling jenuh dimana seluruh siswa kelas XI MIPA 18 Bekasi dibagi ke dalam kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 berjumlah 107 siswa sebagai Responden. Instrumen yang digunakan berupa soal-soal tes sebanyak 40 item dengan opsi pilihan ganda dan kuesioner untuk menentukan faktor-faktor Kesulitan belajar siswa terdiri dari 18 soal. Selanjutnya, datanya adalah dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Kesulitan yang dialami siswa terdapat pada materi tentang kekebalan tubuh sistem dan sistem reproduksi dengan persentase 59,58% dan 59,35%, masing-masing.Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar dalam belajar biologi Materi untuk kelas XI, kategori tertinggi adalah sikap terhadap pembelajaran, yaitu 73.9%. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Amma, T., Setiyanto, A., & Fauzi, M. (2021). Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik. Edification Journal, 3(2), 135– 151. https://doi.org/10.37092/ej.v3i2.261 Ammy, P. M., & Wahyuni, S. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Matematics Pedagogic, 5(1), 27–35. Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Astuti, P., & Febrian, F. (2019). Blended Learning Syarah: Bagaimana Penerapan dan Persepsi Mahasiswa. Jurnal Gantang, 4(2), 111–119. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1560 Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689 Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838 Handayani, T., Khasanah, H. N., & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 107. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3209 Irmayanti, I., Hasruddin, H., & Kartika, K. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hormon Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Matauli Pandan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 12(1), 1–6. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpms/article/viewFile/8998/7847 Karthikeyan, D. (2020). Assessing the effectiveness of Microsoft Teams during COVID-19 for online learning : A students ’ perceptive Divyapriya , Research Scholar. November. Kunto, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Maria, D., & Peniati, E. (2021). Prosiding Semnas Biologi ke-9 Tahun 2021 FMIPA Universitas Negeri Semarang 118. 118–126. Martini, J. (2015). Deskripsi Kesulitan Belajar; Perspektif, Asesmen dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurnal 49 Petik, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869 Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 7–11. Nurjan, S. (2015). Psikologi Belajar. Pusvyta Sari. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015), 20–35. http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531 Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149 Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431 Sadikin, A., Johari, A., & Suryani, L. (2020). Pengembangan multimedia interaktif biologi berbasis website dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 18–28. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.644 Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal MAPPESONA, 1, 12. Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80 Sianturi, S., & Gultom, T. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Dan Hubungannya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/ 2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 170–178. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/article/view/3694 Siswanti, K. L., Safwatun Nida, & Sugiyanto. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Materi Zat Aditif Dan Zat Adiktif Untuk Siswa Smp/Mts Kelas Viii. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Ipa Ke-2. http://ipa.fmipa.um.ac.id/ Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/ Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar. Magistra, 73, 33–47. 50 Vecky, M., & Ghofur, M. A. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Pengaruh Tingkat Pendidikan , Pendapatan Orang Tua , Semangat Belajar , dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. 3(5), 2501–2512. Wijayanto, A., Yunis, S., Ari, B., Kurniawan, W., Rahadian, A., Amiq, F., Ika, A., Joan, N., Andrianto, R., & Baun, A. (n.d.). eBook B Strategi Pembelajaran PJKR selama Covid19. Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142 citation: Nuraini, Rizki dan Astuti, Yuni (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19 pada Materi Biologi Kelas XI Semester Genap. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25021/1/Rizki%20Nuraini.pdf