eprintid: 25018 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/18 datestamp: 2023-07-10 09:02:39 lastmod: 2023-07-10 09:02:39 status_changed: 2023-07-10 09:02:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aini, Regita Qurrota creators_name: Amirullah, Gufron creators_id: gufron_amirullah@uhamka.ac.id title: PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Sustainable Development Goals (SDGs) bersifat universal sehingga dalam pelaksanaannya harus ada kerja sama antara semua pihak sesuai dengan salah satu prinsipnya, yaitu Partnership. Dalam upaya untuk berpartisipasi dalam implementasi SDGs, akan dilakukan penelitian dan pengembangan SDGs komik digital. Tema yang akan digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pelestarian ekosistem laut. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap manusia berhak atas lingkungan yang sehat dengan melestarikan SDA di lautan sesuai dengan prinsip-prinsip SDGs lainnya yaitu People, dan Planet. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang memiliki lima tahap yaitu: analisis (analyze), desain (design), pengembangan (develop), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi dan mahasiswa Pendidikan Matematika sebanyak 86 orang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil: Hasil validasi materi diperoleh nilai rata-rata 3,82 “Sangat Layak” dan validasi media diperoleh nilai rata-rata 3,17 “Layak” dengan catatan revisi sesuai saran yang diberikan. Kemudian hasil dari uji coba kelompok kecil dengan 6 mahasiswa diperoleh hasil positif berjumlah 85,42% dan uji coba kelompok besar dengan 80 mahasiswa diperoleh hasil positif sebesar 78,58%. Kesimpulan: media komik digital SDGs tema Pelestarian Ekosistem Laut yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE layak dan mendapatkan respon positif (respon baik) dari peserta didik. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aini, F. F. N. (2020). PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII [Universitas Muhammadiyah Malang]. http://eprints.umm.ac.id/60012/ Alfa, A. (2019). Analisis Keselarasan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (TPB/SDGs) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2016-2021. Selodang Mayang, 5(1), 23–32. https://ojs.selodangmayang.com/index.php/bappeda/article/view/118 Alisjahbana, A. S., & Murniningtyas, E. (2018). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia: Vol. III (Megananda & A. Maulana (eds.); 2nd ed., Issue 2). Unpad Press. Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK EFEKTIFITAS DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19–28. https://doi.org/10.1108/eb034372 Aqhninna, F. (2018). SEKREKOM: Media Pembelajaran Komik Online Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan Smk Batik 2 Surakarta. In C. H. A. Dirgatama & A. W. Wirawan (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) 2018 (pp. 83–87). Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/download/27864/21424 Ardianto, D., & Hamong, S. (2017). Peraturan Presiden 59 / 2017 : Apresiasi dan Beberapa Catatan. 1–10. Astuti, P., JS, N. H., Aziza, A. N., Alwan, N., & Fahira. (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN TENTANG PERWUJUDAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) 2030 DI INONESIA. Jurnal Abdi, 2(1), 40–47. Bainus, A., & Rachman, J. B. (2018). Sustainable development goals. Journal of International Studies, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.24198/intermestic.v3n1.1 Basir, M. A., Hazira, K. V. A., & Kusmaryono, I. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA ISLAMIC MATH COMICS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KARAKTER SISWA. AKSIOMA, 84 9(3), 842–850. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2539 Bizimungu, J. (2020, May 15). Comic book on Sustainable Development Goals launched. Www.Newtimes.Co.Rw. https://www.newtimes.co.rw/news/comic-book-sustainable-development-goals-launched Budiana, A., Muladi, & Putranto, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Antena Berbasis React Pada Mata Pelajaran Penerapan Sistem Radio Dan Televisi Kelas Xi Teknik Audio Video Di Smk Negeri 2 Singosari. Jurnal Edukasi Elektro, 3(1), 22–29. https://doi.org/http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/ Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. In M. I. Asy Syauqi, A. Averoez, & R. Desain (Eds.), Laksita Indonesia (1st ed.). Penerbit Laksita Indonesia. https://doi.org/https://www.researchgate.net/publication/335135645 PENGEMBANGAN Clarke, R. (2019). Comic – The Planet and the 17 Goals. Www.Uneducation.Nz. http://uneducation.nz/comic-the-planet-and-the-17-goals/ CLIP STUDIO PAINT. (2020). The artist’s software for drawing and painting CLIP STUDIO PAINT. Www.Clipstudio.Net. Cook, D., Malinauskaite, L., Roman, J., Davíðsdóttir, B., & Ögmundardóttir, H. (2019). Whale sanctuaries – An analysis of their contribution to marine ecosystem-based management. Ocean and Coastal Management, 182(March 2019), 11. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2019.104987 Creswell, J. (2015). RISET PENDIDIKAN Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (H. P. Soetjipto & Amaryllis Graphic House (eds.); 5th ed.). PUSTAKA PELAJAR. Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK. Engineering And Technology International Journal, XIII(2), 8. Echendu, A. J. (2020). The impact of flooding on Nigeria’s sustainable development goals (SDGs). Ecosystem Health and Sustainability, 6(1). https://doi.org/10.1080/20964129.2020.1791735 Fadly, A. (2019). Perancangan Infografis Tutorial COMIC PREPARATION untuk komikus pemula. JADECS (Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 4(1), 17–25. https://doi.org/10.17977/um037v4i1p18-25 Fauzi, H. N., & Rosliyah, Y. (2020). Persepsi Pembelajar Terhadap Media Kamus 85 Tematik Berbasis Web Bagi Pembelajar Kosakata Bahasa Jepang Tingkat Dasar. Chi’e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 8(1), 26–32. https://doi.org/10.15294/chie.v8i1.35752 Haas, B., Fleming, A., McGee, J., & Haward, M. (2020). Regional fisheries organizations and sustainable development goals 13 and 14: Insights from stakeholders. Fisheries Research, 226(February). https://doi.org/10.1016/j.fishres.2020.105529 Hakim, A. F. (2018). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 204–212. Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed., Issue March). Pustaka Ilmu. Harismawan, W. (2020). Penggunaan Komik Berbasis Web pada Pelajaran Sejarah Siswa SMA. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2, 40–50. https://doi.org/www.journal.univetbantara.ac.id/index.php/ijimm Heer, M. De. (2015). The Global Goals of Sustainable Development. Www.Margreetdeheer.Com. http://margreetdeheer.com/eng/globalgoals.html Hidayat, N., Rostikawati, R. T., & Marris, M. H. A.-A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK WEBTOON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS XI. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS IV, 4, 318–324. Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI, 12(1), 135–141. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642 Katoppo, M. L., Irwandi, E., Ng, A. H., & Lie, S. (2020). Building environmental awareness for future generation through educational comic: The story of 4th-grade students Darussalam elementary school, Panongan, Tangerang. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 452(1), 8. https://doi.org/10.1088/1755-1315/452/1/012067 Kementrian Kelautan dan Perikanan. (n.d.). SAMPAH LAUT (MARINE DEBRIS). Www.Kkp.Go.Id. Retrieved October 15, 2020, from https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/1994-sampah-laut-marine-debris Koalisi Perempuan Indonesia. (2018). KAMPUNG BERKAH Tujuan 86 Pembangunan Berkelanjutan (B. Sustiwi, G. Sabrina, I. Oktaviani, R. Yulianti, S. W. Kono, Linarti, Y. Aisyah, M. Inggrid, R. K. Bentus, I. B. K, B. Natasha, & D. Kartikasari (eds.); 1st ed.). Koalisi Perempuan Indonesia. https://www.koalisiperempuan.or.id/tag/komik-tujuan-pembangunan-berkelanjutan/ Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN Konsep &Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Maysarakat (I. Fahmi & Ria (eds.); Pertama). KENCANA. Lambonan, J. E. (2020). PENANGGULANGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN LAUT MENURUT UNDANG- UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2014 TENTANG KELAUTAN. Lex Et Societatis, 8(2), 1–43. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8 Lanti, E. (2017). Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar (Fachrussyah (ed.)). Athra Samudra. Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). LINE WEBTOON SEBAGAI INDUSTRI KOMIK DIGITAL. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 134–148. http://180.250.41.45/jsource/article/view/1609/1726 Marlina, A., & Amirullah, G. (2020). Relationship of Community Understanding about Environmental Sanitation with Community Attitudes towards Skin Factory Waste. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development, 10(3), 5801–5810. https://doi.org/10.24247/ijmperdjun2020551 Maharsi, I. (2011). Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku. Nasution, A. E., & Hidayah, M. W. (2019). E-KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. Jurnal IQRA`, 13(1), 105. https://doi.org/10.30829/iqra.v13i1.4365 Nazar, R., Chaudhry, I. S., Ali, S., & Faheem, M. (2018). Role of Quality Education for Sustainable Development Goals (Sdgs). PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 4(2), 486–501. https://doi.org/10.20319/pijss.2018.42.486501 Nguyen, N. Van, Rigaud, C., & Burie, J. C. (2018). Digital comics image indexing based on deep learning. Journal of Imaging, 4(7), 1–34. 87 https://doi.org/10.3390/jimaging4070089 Ningrat, H. C., & Mayasari, L. (2019). The effectiveness of using Webtoons to develop students’ speaking performance on recount. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 472–476. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7369 Putra, I. P. (2020). Kemampuan Literasi Indonesia Mandek Selama 18 tahun. Medcom.Id. https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/lKYx6Ljk-kemampuan-literasi-indonesia-mandek-selama-18-tahun Putri, D. M., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Media Sosial Line Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. Jom Fisip, 5(1), 1–15. Raneza, F., & Widowati, H. (2020). Analisis Urgensi Pengembangan Komik Digital Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman. BIOLOVA, 1(1), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/biolova.v1i1.28 Rismika, T., & Purnomo, E. P. (2019). Kebijakan Pengelolaan Ekosistem Laut Akibat Pertambangan Timah di Provinsi Bangka Belitung. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 4(1), 63–80. https://doi.org/http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jkpp Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL PELESTARIAN LINGKUNGAN BERBASIS NILAI KARAKTER RELIGI UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 09(02), 100–109. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213 Sari, S. I. (2019). PENGEMBAGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK DIGITAL PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS PERENCANAAN PRODUK KELAS X BDP DI SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(03), 593–596. https://doi.org/https://jurnaldev.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/31458/0 Sariani, N. W. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM GLS DI SMP NEGERI 1 KUTA SELATAN DALAM UPAYA MENUMBUHKEMBANGKAN MINAT BACA SISWA. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 117–123. https://doi.org/https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP Steven, & Tanujaya, A. T. (2019). Artikel Penyegar: TARI LATIN UNTUK MANTANMU (SEDOTAN DARI GELATIN SOLUSI PENYELAMATAN PENYU). B I M F I, 6(1), 1–7. 88 Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2006), 135–141. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113 Theresia. (2018). ANALISIS PENERAPAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) PADA BEBERAPA ANGGOTA INDONESIA GLOBAL COMPACT NETWORK (IGCN). National Conference of Creative Industry, 1–15. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1307 United Cities and Local Government. (2017). Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. United Cities and Local Government, 12–14. http://sdgsindonesia.or.id/index.php/sdgs/item/178-tujuan-pembangunan-berkelanjutan Wijayanto, X. A., & Nurhajati, L. (2019). Framing Media Online atas Pemberitaan Isu Lingkungan Hidup Dalam Upaya Pencapaian Keberhasilan SDGs Indonesia. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.409 Witanta, V. A., Baiduri, & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematikapada Materi Perbandingan Kelas VII Smp. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565 Yulandari, Z. D., & Soedarsono, D. K. (2019). Pengaruh LINE Webtoon Terhadap Minat Membaca Komik Digital. E-Proceeding of Management, 6(2), 15–16. https://doi.org/https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/153156/jurnal_eproc/pengaruh-line-webtoon-terhadap-minat-membaca-komik-digital.pdf citation: Aini, Regita Qurrota dan Amirullah, Gufron (2021) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25018/1/Regita%20Qurrota%20Aini.pdf