eprintid: 25017 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/17 datestamp: 2023-07-10 09:02:37 lastmod: 2023-07-10 09:02:37 status_changed: 2023-07-10 09:02:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Yasmin, Pramita creators_name: Murwitaningsih, Susanti creators_id: murwitaningsih@uhamka.ac.id title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MASA PANDEMI DI SMPN 2 TANGERANG SE ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Revolusi industri 4.0 sangat mempengaruhi pendidikan Indonesia saat ini. Salah satu ciri pendidikan 4.0 adalah pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran dan penyesuaian kurikulum baru sesuai dengan situasi saat ini. Indonesia tengah menghadapi pandemi Covid-19, oleh karena itu pemerintah menetapkan peraturan implementasi work from home guna mencegahan penyebaran Covid-19. Google Classroom merupakan salah satu media untuk pembelajaran jarak jauh terutama pada mata pelajaran IPA, hal tersebut perlu adanya pengukuran guna mengetahui efektivitas pembelajaran pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tangerang Selatan sebanyak 100 siswa yang ditentukan dengan Quota Sampling. Instrumen yang digunakan adalah (1) angket tentang efektivitas pembelajaran IPA dengan Google Classroom dengan pilihan jawaban berdegrasi skala likert dan telah divalidasi ahli (2) wawancara. Pada Uji validitas dengan menggunakan rumus Pearson sebanyak 41 pernyataan dengan 35 soal pernyataan valid dan 6 soal pernyataan tidak valid. Sedangkan pada uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach memperoleh rhitung = 0,897 > rtabel = 0,6, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Berdasarkan uji prosentase hasil penelitian terhadap pembelajaran IPA yang dilakukan dengan Google Classroom dalam masa pandemi di SMPN 2 Tangerang Selatan efektif dilihat dari beberapa indikator (1) kualitas pembelajaran 76.05%, (2) Kesesuaian Tingkat Pembelajaran 81.25%, (3)Insentif 68.36%, (4) Waktu 77.15%. date: 2021-07-31 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66. Andini, N. F. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Academia.Edu, 2020. http://www.academia.edu/download/64093382/DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI MAHASISWA MASA PANDEMI COVID-19.pdf Anggraeni, D. A., Thohari, I., & Anggraheni, I. (2020). Penerapan Google Classroom untuk Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X C Multimedia SMK 03 Kota Batu. Pendidikan Islam, 5(1), 1–5. Covid-, P., & Handayani, N. A. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033 Deadman, M. (2017). Google Classroom As a New Technology in The Classroom. 161–179. Dewi, S. (2 C.E.). Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Tik Kelas XI Di SMAN Negeri 1 Depok. Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku. Prosiding Seminar Nasionel Keperawatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 73–79. Fauzan, F., & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on 83 the Students’ Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Department. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 271. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.5149 Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348. Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginantara, S. R., Agnes, M. M., & Sudarso, A. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID 19. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 66). Harefa, A. (2009). Penilaian Dan Hasil Belajar. 3(1), 31–15. Harjanto, A. S., & Sumarni, S. (2019). Teacher’s Experiences on The Use of Google Classroom. 3rd English Language and Literature International Conference (ELLiC), 3, 172–178. Hidayat, H. S. (2008). Learning Motivation on Achievement in Natural Science. Sosiohumaniora, 10(1), 82–98. Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019 Hulse, R. (2019). The Use and Implementation of Google Classroom in a Japanese University. 84 K.Y.S. Putri, W. H. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.639 Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendampingan Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar : Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pendahuluan. 04(2), 142–150. Latip, A. (2020). 4 Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0. https://www.kompasiana.com/altip/5bfcab25aeebe161c772f98f/4-kompetensi-guru-di-era-revolusi-industri-4-0?page=all M Azis, F. A. R., Butar, B. B. B., & Hariyanto, M. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Sman 95 Jakarta Barat. Jurnal Inovasi Informatika, 6(1), 11–17. https://doi.org/10.51170/jii.v6i1.151 Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan Google Classroom sebagai Pengembangan Kelas Virtual dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173 Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk 85 Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. Nasution Masnidar, L. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF. Jurnal Hikmah, 14. Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461 Priyatma, B., Sikumbang, D., & Marpaung, R. R. (2019). Analisis Kendala–Kendala Pendidik Ipa Terhadap Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp Swasta Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik, 7(5). http://digilib.unila.ac.id/56830/ Putri, I. S., Juliani, R., & L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3043/pdf&ved=2ahUKEwjHr9-W6IriAhXFgeYKHZolBawQFjAAegQIBhAB&usg=AOvVaw3QwkvA6NHorvNza5df6RLv&cshid=1557280068337 Raharjo, S. (2020). Efektifitas Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dukuhwaru Tahun Pelajaran 2019/2020. Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2020). Sarana Dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi 86 Manajemen Pendidikan, 9(1), 186–199. Rahmadani, A. F., & Widyastuti, R. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa. 14(5), 2669–2676. Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(November), 119–135. Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. e-mail: paud.ppsunj@gmail.com%0AAbstract: Sari, D. R., & Amrozi, F. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Di Politeknik Penerbangan Surabaya (Studi Kasus Saat Terjadi Wabah Covid-19). Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya, 5(2), 1–10. Sari, L. (2021). Implementasi Aplikasi Google Classroom Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pewarisan Sifat Mahkluk Hidup. 2(1), 36–43. https://doi.org/10.34007/jonas.v2i1.53 Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqh Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192. https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887 Shampa, I. (2016). Google Classroom: What works and how? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12–18. Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama 87 Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 99–105. Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Daring, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/ Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969 Surahman, F., Oktaviana, R., & Dewi, T. M. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDS 018 Plus Avicena Tahun Ajaran 2020/2021. 2(2), 76–80. Suryani. (2020). Memadukan Home Visit Pembelajaran Daring dan Luring. http://p3gtk.kemdikbud.go.id/konten/memadukan-home-visit-pembelajaran-daring-dan-luring-bdleb7df#:~:text=Kombinasi Daring dan Luring&text=PJJ luring diharapkan selalu didampingi,PJJ daring dilakukan setiap hari. Theffidy, S. G. A. (2020). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 di Tengah Covid-19. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19 Wahyudin, D., Karim, A., & Saepurrohman, A. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh : Kajian Dasar Hukum dan Respon Mahasiswa. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 1–11. http://digilib.uinsgd.ac.id/30652/ Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar 88 Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410 Yulianto, D., & Nugraheni, S. A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 33–42. Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100 citation: Yasmin, Pramita dan Murwitaningsih, Susanti (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MASA PANDEMI DI SMPN 2 TANGERANG SE. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25017/1/Pramita%20Yasmin.pdf