eprintid: 25016 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/50/16 datestamp: 2023-07-10 09:02:35 lastmod: 2023-07-10 09:02:35 status_changed: 2023-07-10 09:02:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rofiyati, Nur creators_name: Akbar, Budhi creators_id: budhi.akbar@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0003-0279-6252 title: ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 51 siswa melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase (NP). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh sebesar 32,74% (kurang baik), dengan masing masing indikator menganalisis (C4) sebesar 30,6% (kurang baik), mengevaluasi (C5) sebesar 35,9% (kurang baik), dan mencipta (C6) sebesar 35,9% (kurang baik). Faktor pendukung dari faktor eksternal dan internal berupa metode pembelajaran diskusi, inkuiri dan PjBL, media pembelajaran power point dan literatur online (internet), lingkungan kelas, lingkungan bimbingan belajar, dan lingkungan teman sebaya. Faktor penghambat dari faktor eksternal dan internal berupa minat siswa dan media pembelajaran gambar dan grafik. Kesimpulannya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil termasuk ke dalam kategori kurang baik. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472 Andi Thahir, B. H. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal, 1(2), 55–66. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseling Anderson dan Krathwohl. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Angraini, G., Sriyati, S., Jurusan, D., Biologi, P., & Indonesia, U. P. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMAN Kelas X Di Kota Solok Pada Konten Biologi. Journal of Education Informatic Technology and Science (JeITS), 1, 114–124. Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Ariyana, Y., et al. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorieantasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. 1–2. Berlina, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Konsep Sistem Peredaran Darah. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51164 Fitriningtyas, N. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fotosintesis dan Gerak pada Tumbuhan IPA SMP dengan Pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/80757 Frasidik, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Hypermedia untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Materi Alat Optik SMA. Skripsi, 290. Helmawati. 2019. Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: Rosdakarya Irnaningtyas. 2019. Biologi SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga Istianah, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif 58 Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 54. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i1.23 Kartikawati, E., Cahyani, A. F., & Amirullah, G. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(4), 22. https://doi.org/10.36418/syntaxliterate. v5i4.1065 Marfuah, S., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Powerpoint Disertai Visual Basic for Application Materi Jarak Pada Bangun Ruang Kelas X. Jurnal Gantang, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.5 Mursid, R., Saragih, A. H., & Simbolon, N. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis TIK Dan Sikap Inovasi Terhadap Hasil Belajar Perencanaan Pembelajaran Dengan HOTS. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 179–187. https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8765 Nisa, N. C., Nadiroh, N., & Siswono, E. (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Tentang Lingkungan Berdasarkan Latar Belakang Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 19(02), 1– 14. https://doi.org/10.21009/plpb.192.01 Niswara, R., Muhajir, & Fita, M. A. U. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. Nungky, R. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Ekskresi pada Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Talang Ubi. Pamungkas, N. A. R. (2019). Penerapan Higher Order Thinking Skills (Hots) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sma. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.246 Permendikbud, 2016. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. 4(1), 64–75. Purwanto, Ngalim. 2019. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya Sanjaya, Wina. 2017. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana 59 Sastrawati, E., Rusdi, M., & Syamsurizal. (2011). Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Tekno-Pedagogi, 1(2), 1–14. Slameto. 2020. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Sriyono, H., & Wahyudin, W. (2016). Peran Tingkat Intelegensi Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi di SMA Negeri Gugus 01 Kabupaten Tangerang. Research and Development Journal of Education, 3(1), 52–69. https://doi.org/10.30998/rdje.v3i1.1449 Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Susan M. Brookhart. (2010). Assess Higher Order Thinking Skill In Your Classroom. In Journal of Education. https://doi.org/10.1177/002205741808801819 Susiati, A., Miarsyah, M., & Adisyahputra. (2018). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Kemampuan Literasi Sains Guru Biologi SMA. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi (BIOSPERJPB), 11(1), 1–12. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/biosfer/article/download/5363/4714 Widyaningsih, S. W., Komariah, N., Mujasam, M., & Yusuf, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pbl Berbantuan Media Google Classroom Terhadap Hots, Motivasi Dan Minat Peserta Didik. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(2), 102–113. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.788 Yani, Ahmad. 2019. Cara mudah menulis soal HOTS. Bandung: Refika Aditama Yonata, D. W. A. dan B. (2018). Melatihkan High Order Thinking Skills Peserta Didik Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Journal of Chemistry Education, 7(3), 333–339. Yulianis, Maharani, A. D., & Susanti, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh Siswa Kelas XI SMA. Bioconcetta : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 5(2), 105–112. citation: Rofiyati, Nur dan Akbar, Budhi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25016/1/Nur%20Rofiyati.pdf