TY - THES M1 - bachelor ID - repository25016 A1 - Rofiyati, Nur A1 - Akbar, Budhi PB - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan responden sebanyak 51 siswa melalui teknik Cluster Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan soal tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, kuesioner, dokumentasi, dan wawancara guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase (NP). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi diperoleh sebesar 32,74% (kurang baik), dengan masing masing indikator menganalisis (C4) sebesar 30,6% (kurang baik), mengevaluasi (C5) sebesar 35,9% (kurang baik), dan mencipta (C6) sebesar 35,9% (kurang baik). Faktor pendukung dari faktor eksternal dan internal berupa metode pembelajaran diskusi, inkuiri dan PjBL, media pembelajaran power point dan literatur online (internet), lingkungan kelas, lingkungan bimbingan belajar, dan lingkungan teman sebaya. Faktor penghambat dari faktor eksternal dan internal berupa minat siswa dan media pembelajaran gambar dan grafik. Kesimpulannya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA pada mata pelajaran biologi semester ganjil termasuk ke dalam kategori kurang baik. Y1 - 2021/08/11/ AV - public TI - ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI PELAJARAN BIOLOGI SEMESTER GANJIL UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25016/ ER -