@phdthesis{repository25015, year = {2021}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka}, title = {HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI}, month = {September}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kemandirian dengan hasil belajar biologi. Kemandirian belajar merupakan suatu proses belajar dimana setiap individu dapat mengambil inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, dalam hal menentukan kegiatan belajarnya seperti merumuskan tujuan belajar, sumber belajar (baik berupa orang ataupun bahan), mendiagnosa kebutuhan belajar dan mengontrol sendiri proses pembelajarannya (Sundayana, 2016). Hasil belajar yaitu perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa baik menyangkut aspek kognitif ( pengetahuan), Afektif ( sikap), dan psikomotorik sebagai hasil dari kegiatan belajar. Secara sederhana yang dimaksud dengan hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan perilaku yang lebih menetap ( Sari, 2020) Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI SMAN Wijaya Kusuma pada semester ganjil 2020/2021. Sampel diambil secara langsung dari responden dengan responden sebanyak 28 siswa. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan berupa angket Kemandirian dan nilai Ulangan Harian Biologi sebanyak dua kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhit {\ensuremath{>}} rtab (0,381 {\ensuremath{>}} 0,350) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara Kemandirian dengan hasil belajar biologi dan memiliki hubungan yang tergolong kategori cukup.}, author = {Dhinta, Nur Mulia and Safahi, Luthpi and Astuti, Yuni}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/25015/} }