%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada siswa kelas XI di MAN 6 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment sebanyak 10 soal essay dengan 7 soal valid dan 3 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus alpha croncbach memperoleh rhitung = 0,47 › rtabel 0,33, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji chi kuadrat diperoleh Xhitung = 8,7 < Xtabel = 9,21 maka dapat disimpulkan bahwa data bersitribusi normal, sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher dan didapatkan Fhitung = 0,52 < Ftabel = 2,31, maka dapat disimpulkan bahwa data variansi kelompok bersitribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung = 3,46 dengan ttabel = 2,65 pada α = 0,01 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran e-learning pada keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MAN 6 Jakarta. %A Nadzriati Iswah %A Eka Kartikawati %L repository25007 %D 2021 %T PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI %I Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka