eprintid: 24998 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/02/49/98 datestamp: 2023-07-10 08:52:39 lastmod: 2023-07-10 08:52:39 status_changed: 2023-07-10 08:52:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rahmadani, Muthia creators_name: Elvianasti, Mega creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 subjects: QH301 divisions: sch_bio abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan TPACK yang dimiliki oleh calon guru biologi pada pembelajaran jarak jauh melalui tiga aspek utama yaitu Technological Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui lembar observasi TK, CK, dan PK, video pembelajaran jarak jauh calon guru biologi, lembar penilaian RPP, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan TK calon guru biologi berada pada kriteria baik dengan persentase 80%, kemampuan PK calon guru biologi berada pada kriteria baik dengan persentase 77,27%, dan kemampuan CK calon guru berada pada kriteria baik dengan persentase 80,94%. Sehingga, dapat disimpulkan ketiga aspek TPACK calon guru biologi berada pada kriteria baik, dimana interpretasi paling tinggi yaitu pada kemampuan TK, dan interpretasi paling rendah yaitu pada kemampuan PK. date: 2021-08-11 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Anggara, R. F. (2018). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Biologi SMAN di Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Cresswell, J. W. (2018). 30 Keterampilan Esensial Untuk Peneliti Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Penyelengaraan Model Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh di Perguruan Tinggi. 1–19. www.luk.staff.ogm.ac.id. Diakses pada 7 Desember 2020 Elvianasti, M. (2014). Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi pada Materi Generika dan Ekologi. Tesis. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Format Instrumen Supervisi Penilaian RPP 1 Lembar. (2020). Websiteedukasi.Com. https://websiteedukasi.com/instrumen-supervisi-penilaian-rpp-1lembar.html. Diakses pada 1 Februari 2021 Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1, 21–22. Irdalisa, & Amirullah, G. (2020). Pelatihan Kemampuan TPACK Pasca Pandemi Covid 19 Bagi Guru Biologi SMA Muhammadiyah se-DKI Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 1(2), 118–126. Izzuddin, A. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 di Lembaga Pendidikan Dasar. Junral Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 45–63. Kemdikbud. (2020a). Panduan: Pembelajaran Jarak Jauh – Bagi GURU selama 56 Sekolah Tutup dan Pandemi Covid-19 dengan semangat Merdeka Belajar. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 4. https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/panduan-pembelajaran-jarak-jauh/ diakses pada 15 Desember 2020 Kemdikbud. (2020b). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Pusdiklat Kemdikbud. https://pusdiklat.kemendikbud.go.id/ diakses pada 25 Juli 2021 Khoiri, N., Huda, C., & Susilawati. (2017). Deskripsi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303 Kristanto, Y. D. (2020). Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh. Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional, 1–12. https://creativecommons.org/Licenses/By/4.0/ Kunandar. (2009). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada. Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Sundermann : Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18 Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. Journal of Biology Education, 2(2), 162–171. 57 Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(3), 450–457. https://doi.org/10.1002/bjs.7342 Mishra, P., Koehler, M. J., & Henriksen, D. (2011). The Seven Trans-Disciplinary Habits of Mind: Extending the TPACK Framework Towards 21 st Century learning. Educational Technology, 11(2), 22–28. Mishra, P., & Kohler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge : A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1018. Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kaulitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya (Ed.)). Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Alfabeta, CV. www.cvalfabeta.com. Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Media Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709 Pahlevi, M. R., Ridwan, I., & Kamil, A. B. (2021). Pelatihan TPACK ( Technological , Pedagogical , Content Knowledge ) Bagi Guru Bahasa Inggris di Kabupaten Karawang Jawa Barat. Jurnal Pengabdi, 4(April), 34–43. Pradana, S. P. (2017). Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru IPA Kelas IX SMP Muhammadiyah Se-Kota Surakarta Berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pulungtana, J. R., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Kinerja Mengajar Guru IPS Dalam Mengimplementasikan TPACK. Jurnal Ilmu Sosial Dan 58 Humaniora, 9(1), 146. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v9i1.24672 Purwaningsih, W., Rustaman, y. nuryani, & Redjeki, S. (2006). Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 15, 87–94. Purwanti, L., Widyaningrum, R., & Melinda, S. A. (2020). Analisis Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Animalia Kelas VIII. Journal of Biology Education, 3(2). Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Bandung: Rosda Karya (Ed.)). Rachmawati, T. (n.d.). Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Katolik Parahyangan, 1, 1–29. Riadi, A. (2020). Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah. SMP Negeri 4 Tanasitolo. Sa’adah, S., & Kariadinata, R. (2018). Profil Tecnological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186 Salfia, W. (2020). Interpretasi dan Pelaporan dalam Penelitian Kualitatif. Program Pascasarjana Universitas Hasanudin. https://www.coursehero.com/file Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. L-Mutharahah : Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138 Schmidt, D. A., Thompson, A. D., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice 59 Teachers. Journal of Research on Technology in Education, 42(2), 123–149. Siyoto, S., & Sodik, M. ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Bandung : IKAPI (Ed.)). Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pada Mata Kuliah PP Bio. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 58–64. Supriyadi, Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. JIP, 8(2), 1–9. Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 94–95. Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46–57. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381 Wahidmurni. (2020). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran : RPP 1 Lembar. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–11. Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535. 60 Winarno. (2014). Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. citation: Rahmadani, Muthia dan Elvianasti, Mega (2021) ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) CALON GURU BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/24998/1/Muthia%20Rahmadani.pdf